Monday, 5 January 2015

Trend Teknologi 2015 : The Internet of Things (IoT). Siap-siap barang-barang pribadimu terkoneksi dengan internet!

The Internet of Things?

courtesy www.google.com

The Internet of Things?
Hmmm...apaan sih? Mungkin bagi sebagian orang ada yang masih belum mengerti maksud dari istilah tersebut. Bahkan aku pun tidak begitu paham akan istilah itu.

Berawal dari iseng-iseng googling dengan keyword "trend 2015" yang membawaku kepada blog yang membahas tentang trend-trend teknologi yang akan booming di 2015 ini. Dalam salah satu poin trend tersebutlah Internet of Things. Penasaran dong gue hahaa...Akhirnya aku googling soal Internet of Things ini. Belum banyak sih yang ngebahas soal Internet of Things secara detail, sampai akhirnya menemukan artikel yang dapat dicerna oleh otakku ini haha...

Well, apa sih Internet of Things (IoT)?
Singkatnya Internet of Things ini bisa juga diartikan sensor/ teknologi yang membuat berbagai perangkat saling berhubungan. Dapat terhubung lewat apa? Tentunya lewat internet. Yang dapat tersambung juga ke PC, tablet dan smartphone.

Wow...Canggih bukan?

Aku sebenernya gak ngerti-ngerti amat sih soal IoT ini, tapiiiiiii................

Siap-siap barang-barang pribadimu terkoneksi dengan internet!

Bisa dibayangkan ketika kulkas kamu kamu memiliki kartu SIM sendiri, sehingga bisa mengirimkan SMS ke smartphone kamu yang berbunyi "Tuan/ Nyonya, stock sayuran hijau Anda telah habis. Segera lakukan isi ulang". Isi ulang? Emang galooooonnn keleeess hahhaa...Atau stock minuman kaleng kamu yang berada dikulkas akan segera expired kemudian si kulkas mengirimkan SMS "Stock susu Anda akan expired pada tanggal xx/xx/xxxx". Nah, kebayangkan betapa canggihnya hahhaa...

IoT bisa berasal dari bidang apa saja, diantaranya peternakan, pertanian, jam tangan, mesin cuci, kulkas, perabot rumah tangga, rumah, bahkan gedung, dll. Contoh paling gampang kita bisa lihat pada gelang Fitbit, yang mencatat aktifitas fisik penggunanya. Semua informasi yang terkumpul akan dikirimkan ke smartphone untuk kemudian disimpan dan diproses.

Nah, kebayang bukan betapa canggihnya dunia ini beberapa tahun kedepan. Bahkan mungkin uang sebagai alat tukar pun akan musnah dan di ganti dengan E-money.

Wah, manusia bahkan semakin dimanjakan aja ini ya hahaha...Semoga informasi kali ini bermanfaat, cmiiw ya kakak.

No comments:

Post a Comment

Terimakasih sudah berkomentar yang sopan dan membangun. Jangan bosan untuk berkunjung lagi ya. :)