Friday, 13 March 2015

7 SEO Basics Untuk Bloggers

SEO Basics Untuk Bloggers!
Wew, judulnya serasa gimanaa gitu ya? Dalam beberapa postingan saya sebelumnya saya pernah menyebut-nyebut soal SEO, sebenarnya bukan dalam kapasitas saya untuk menjelaskan lebih detail soal SEO ini. Kenapa? Karena saya juga masih dalam tahap belajar (newbie). Tapi dari beberapa yang saya tangkap, saya pahami secara basics menurut saya ada 7 poin penting tentang SEO basics untuk kita para bloggers. Mulai dari dasarnya ajalah ya, kalau tiba-tiba membahas soal yang pro saya juga belum bisa. Yaitu tadi masih belajar hehe...

7 SEO Basics Untuk Bloggers_Image Source stokpic.com

S to the E to the O, SEO! Apa itu SEO? SEO adalah akronim dari Search Engine Optimization. Sudah pernah dengan ini sebelumnya? Bagi dunia bloggers dan website owners sebenarnya hal ini cukup penting. Kenapa? Singkatnya ini berkaitan dengan bagaimana orang bisa dengan mudah menemukan blog atau website kamu di search engine (ex: google, bing, dll). Search engine traffic berkontribusi besar dalam menaikan pamor blog kamu.

Setelah membaca kesana kemari berbagai artikel terkait SEO dan mengamati, juga dibantu oleh seorang teman yang setia menjelaskan mengenai SEO. Saya menyimpulkan 7 SEO Basics Untuk Bloggers yang wajib kamu ketahui, supaya blog atau websitemu search engine friendly:

1. Perhatikan Judul Postingan
Perhatikan setiap kali kamu akan membuat judul postingan, pikirkan tentang apa yang akan kamu cari di google jika kamu akan mencari artikel tentang suatu topik. Atau pikirkan bagaimana orang lain menyusun kalimat jika akan mencari artikel tentang suatu topik tertentu. Oiya, menurut saya gak perlu juga sih setiap kali kamu posting judulnya harus SEO friendly. Tetapi pastikan jika memang postinganmu penting untuk orang lain ketahui dan temukan dengan mudah di search engine, maka teknik ini sangat penting.
Contohnya:
1. Rambutku Cantik (not search engine friendly),
2. 5 Tips Merawat Rambut Supaya Terlihat Cantik (search engine friendly),

2. Ulangi Keyword Judul Dalam Postingan
Nah ini, jangan lupa untuk mengulangi keyword judulmu dalam postingan. Mungkin kalau kamu yang suka membaca postingan saya sebelumnya sering melihat, bahwa terkadang saya mengulang-ngulang keyword judul atau bahkan judul postingan saya di dalam postingan. Yap, itu sengaja saya lakukan selama itu sesuai dengan susunan kalimat yang kamu buat, why not?

3. Stop Membuat Label Yang Berlebihan
Terkadang saya menemukan beberapa bloggers yang membuat label artikel sangat random dan banyak sekali. Padahal label/ tag untuk setiap postingan itu hanya untuk mempermudah visitors melakukan pencarian di blog/ website kita saja. Bahkan jika kamu over dalam membuat label/ tag google bisa melihat itu sebagai spam. Kamu tahukan gimana nasib akhirnya spam? Go to trash hehe...

4. Image Search Friendly
Selain melalui judul postingan, image/ foto yang kamu sertakan di postingan kamu juga bisa search engine friendly lho. Jika kamu menyertakan image/ foto di postingan kamu jangan lupa selalu kasih judul yang relevan dengan postingan ya. Saya sering melihat teman-teman yang fotonya sering namanya masih default kamera "IMG_001.jpg", alangkah baiknya jika di ubah misal menjadi "seo-basics-untuk-bloggers.jpg". Jadi ketika orang lain mencari hal mengenai seo pada bagian gambar di google, gambar/ fotomu akan terindex juga.

5. Share Your Link in Social Media
Jangan lupa share postingan kamu di sosial media atau sosial bookmarking ya, ini akan menambah poin plus buat blogmu. Karena google akan melihat situsmu sebagai situs yang penting untuk di bicarakan. Dan teman-teman kamu juga orang lain juga bisa mengetahui eksistensi blog/ website kamu.

6. Link Past Post (Internal Link)
Trik yang lainnya adalah dengan cara menyertakan link postingan kamu yang sebelumnya dalam postingan terbaru kamu. Ini akan mempermudah readers mengetahui postingan kamu yang lain. Tentunya selama masih relevan dengan kontennya lho ya. Contoh:
Baca Juga: Blogging Tips : 3 Alasan Pentingnya Sebuah Foto/ Gambar di dalam Postingan Blog

7. Buat Blogmu Selalu Terlihat Bersih
Banyaknya banner, gambar acak, ataupun iklan yang tampil akan membuat situsmu terlihat sangat kacau. Tampilkanlah yang sekiranya perlu ditampilkan. Maka, orang lain pun akan terlihat nyaman saat mengunjungi situs kamu.

Rasanya cukup 7 dulu saja yang bisa saya tuliskan disini, semoga postingan kali ini bermanfaat ya. Kalau ada mastah-mastah yang mau nambahin monggo loh, silakan sharing di kolom komentar?

Let me know if you enjoy this post ya! :)

12 comments:

  1. Nahhh karena postnya dari hape mulu,,,ya ga sempat lah edit2 judul foto. Hahaha...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yaudah sii, kan masih ada 6 dasar SEO yang lainya mbak yg bisa lewat HP hahaha...

      Delete
  2. Tag berlebih itu seperti apa ya mbak?
    Btw makasih tipsnya ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama :)

      Dari yang aku baca sih pemberian/ penggunanaan tag (di wordpress)/ label (di blogspot) yang berlebihan penggunaannya konon katanya bisa dianggap sebagai spam..

      Misal, dalam suatu postingan tag/ labelnya ada belasan bahkan puluhan...kurang lebih seperti itu :)

      Delete
  3. Situs sosial bookmark contohnya apa aja mba?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Banyak banget mba contohnya hehe...
      Diantaranya reddit.com, stumbleupon.com, lintas.me, infogue.com, dll.
      Ke sosmed juga bisa mba, spt FB, twitter, G+, dll.

      Delete
  4. Saya suka saya suka. Makasih tips2nya mbak e. Keren2 pisan

    ReplyDelete
  5. Saya suka saya suka. Makasih tips2nya mbak e. Keren2 pisan

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama-sama mbaknya, semoga bisa membantu ya. happy blogging! :)

      Delete
  6. Baru tahu kalau tag banyak itu nggak diperbolehkan. Biasanya aku pakai hanya 5 atau 7 saja. Itu pun udah kebanyakan sebenernya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jadi ini lebih mengarah ke meta tag gitu kali ya mba...Kan biasanya kl meta tag gitu ada ngisi keyword atau label gitu...Nah, ketika kita ngisi label/ tag berlebihan apalagi tidak sesuai dengan tema blog kita itu bs dianggap sebagai spam...Kurang lebih begitu mba ila...cmiiw ya :)

      Delete
  7. Terima kasih mbak, sudah mengingatkan lagi hal hal kecil yg udah saya lewatin. Jujur aja sih, salah satu hal yang udah saya tinggalkan sejak lama ya silahturahmi sesama blogger. Artikel panjang dan orisinil lebih mudah di index sama google ya, tp mempertahankan artikel untuk jangka waktu lama butuh usaha, apalagi mempertahankan ratting situs

    ReplyDelete

Terimakasih sudah berkomentar yang sopan dan membangun. Jangan bosan untuk berkunjung lagi ya. :)