Thursday, 5 March 2015

Blogging Tips : Keep Posting with Blogging Editorial Calendars

image courtesy google

Keep Posting with Blogging Editorial Calendars?
Sebenarnya saya bukan orang yang suka membuat plan terkait postingan blog, kadang apa yang terbersit difikiran saya ya itu yang saya tulis. Lalu apa yang terjadi jika kita tiba-tiba mengalami writer's block? Nah, ini kadang yang bikin sebel. "Duh hari ini posting apa ya?"


Apa sih Blogging Editorial Calendars?
Ini lebih ke catatan pribadi kamu terkait plan/ rencana apa yang akan kamu posting di blog day by day. 

Nah, saya mau sedikit berbagi tips nih. Kalau misalnya kamu sering mengalami writer's block dan bingung tiap harinya kira-kira mau posting apa. Alangkah baiknya kamu mencatatnya. Mencatat apa saja sih sebenarnya yang bisa dijadikan bahan tulisan. Tapi terkadang ada saja halangannya, sudah di catat tapi bukunya hilang. Atau sudah di catat tapi filenya ke hapus.

Solusinya:
Manfaatkan akun google kamu. Satu akun google yang bisa dipakai untuk banyak fasilitas google seperti: email, blog, youtube, gdoc, dll. Nah, google punya gdoc alias google doc. Apa salahnya kalau kita manfaatkan untuk menulis catatan ide-ide kita lengkap dengan pritilannya.

Editorial Calendar by Cracker Jack
Mungkin kamu bisa menyusunnya seperti gambar di atas. Untuk mendownloadnya silakan klik disini. Kamu bisa memulai dengan menuliskan hari dan tanggal kemudian judul apa yang akan kamu postingkan tanggal tersebut. Tidak lupa juga kamu bisa menyertakan kira-kira link apa aja yang akan ada dalam postingan kamu, gambar seperti apa saja yang akan melengkapi postinganmu, dan kamu akan share ke mana saja postingan kamu itu. Jadi pas hari H-nya kamu sudah tidak bingung lagi mau ngapain.

Let me resume:
1. Hari,
2. Tanggal,
3. Tema Postingan,
4. Judul (Optional jika sudah menemukan judul yang tepat),
5. Bahan artikel yang harus dikumpulkan,
6. Keyword (ini berkaitan dengan SEO),
7. Gambar,
8. Shared to:......

Sebenarnya file seperti ini bisa kamu buat juga di file excel, tapi karena file hanya sekedar file. Bagaimana kalau tiba-tiba hilang atau ke format ulang. Kamu bisa coba uploadkan file excel blogging editorial calendars kamu ke google doc. Supaya lebih safety.

So, blogging is so much easier if you have your content planned out. Knowing what you will write about and keep posting with blogging editorial calendars it will help you stay on track. Happy Blogging!

Jadi, sudah tahu apa yang mau kamu posting besok belum?

2 comments:

  1. Rasanya saya belum perlu beginian. Karena nulis blog itu kayak ganti dp bbm, kayak ngetwit, bedanya cuma panjang aja. Biasanya unplan dan karena cuma buat numpahin apa yang ada di pikiran dan nggak ngejar SEO

    ReplyDelete
    Replies
    1. Siplah, berarti kamu jiwa penulis dan blogger sejati mba hehe...

      Delete

Terimakasih sudah berkomentar yang sopan dan membangun. Jangan bosan untuk berkunjung lagi ya. :)