Wednesday, 3 June 2015

5 Manfaat Penggunaan Konten Visual Untuk Blog + Infographic


5 Manfaat Penggunaan Konten Visual Untuk Blog. Dipostingan yang sebelumnya saya pernah menyinggung tentang bagaimana cara menggunakan free stock photos dibawah naungan Creative Common dan bagaimana cara aman menggunakan gambar dari google image. Nah, postingan kali ini masih menyambung postingan yang sebelumnya terkait pentingnya penggunaan konten visual pada postingan blog beserta infographic-nya. Ingin tahu lebih detail? Yuk disimak pembahasan dibawah ini.

Seiring dengan berkembangnya teknologi digital penggunaan konten visual dalam sebuah artikel merupakan senjata ampuh untuk mendapatkan more traffic. Postingan blog pun juga demikian, postingan yang didominasi dengan konten visual akan lebih eye catching, fresh dan mudah bagi pembaca untuk men-sharing ke berbagai sosial media yang diinginkan. Oleh karena itulah kenapa konten visual merupakan salah satu senjata yang ampuh untuk disajikan dalam postingan blog.

Tidak hanya itu bahkan dalam strategi marketing pun konten visual memberikan efek yang signifikan. Karena apa? Karena 90% informasi yang disampaikan ke otak adalah visual dan konten visual akan diproses 60.000x lebih cepat di otak dibandingkan dengan teks. Informasi ini dipaparkan oleh James Scherer seorang konten marketer dari Wishpond.

Hal  ini juga yang sedang saya bangun di blog ini, dengan menyajikan gambar yang unik yang menarik pada setiap postingan blog, saya harap ini bisa membangun branding blog saya. Kalian akan dengan senang hati men-share apa yang saya tuliskan, karena selain menarik dari segi gambar juga menarik dari segi konten. Tidak hanya itu bahkan saya ingin setiap pengunjung blog saya bisa merasakan perbedaan blog saya dari blog-blog lain, misal "itu loh blog yang gambarnya eye catching, saya jadi terinspirasi dari sana" atau "itu lho blog yang isinya tentang blogging tips yang bisa membantu buat kita blogger newb". *please saya jangan ditampol sendal jepit ya karena saya nulisnya kepedean wkwk :D*

Berikut adalah 5 Manfaat Penggunaan Konten Visual Untuk Blog:

1| Dengan konten visual dapat menarik lebih banyak pengunjung
Kenapa visual konten dapat menarik lebih banyak pengunjung untuk blog? Karena 65% pembaca adalah visual learners, 93% orang berkomunikasi secara non-verbal, dan 90% informasi yang disampaikan ke otak adalah visual. Oleh karena itu, postingan blog yang menyajikan konten visual didalamnya kemungkinannya lebih besar untuk dapat menarik lebih banyak pengunjung.

2| Visual konten membuat blog lebih memorable
Dengan visual konten dapat membuat blog lebih memorable di ingatan pengunjung, karena kita mempunyai ciri khas sendiri yang belum tentu sama dengan blog lain. Dan pembaca lebih cenderung mengingat informasi dalam bentuk visual daripada verbal. Nah, ini juga lebih cocok buat kamu yang sering membuat tutorial. Daripada cuma menulis tulisan, lebih baik sertakan gambar step by step nya. Ini juga menjadi bahan pembelajaran bagi saya next time jika membuat tutorial untuk lebih banyak menyertakan gambar supaya membuat pembaca lebih mengerti dan mudah memahami.

http://neomam.com/blog/13reasons/

3| Dengan konten visual dapat merangsang ide lebih cepat
Salah satu hal yang diinginkan pembaca adalah mengerti dengan cepat apa yang disampaikan, dengan konten visual yang tepat dapat memberikan kemudahan bagi pembaca untuk lebih cepat mengerti terhadap apa yang disampaikan sehingga dapat merangsang ide lebih cepat.

4| Konten visual adalah social media ready dan social media friendly
Konten visual yang di sharing ke social media akan lebih mudah get engagement daripada link atau text saja. Karena pembaca cenderung melihat gambarnya daripada judulnya. Nah, dari sinilah artikel yang menyajikan konten visual mendapatkan kesempatan lebih besar untuk di sharing oleh berbagai pihak ke berbagai social media. Termasuk saya, saya jarang sekali melihat judulnya dulu tapi lebih ke gambarnya dulu baru kemudian melihat judulnya.

5| Konten visual dapat membangun sebuah kepercayaan
Dengan konten visual orang lebih cenderung untuk percaya terhadap apa yang kita sampaikan. Lebih cenderung untuk cepat mengerti dan memahami, sehingga kita tidak perlu terlalu panjang lebar membangun sebuah kepercayaan dengan kata-kata manis yang panjang.

Untuk lebih jelasnya silakan lihat infographic dari hubspot di bawah ini:









Mungkin memang untuk konten visual lebih cocok ke artikel yang berisi ajakan ataupun how to (tutorial), tapi yang ingin saya tekankan disini bahwa tidak ada salahnya kok kita menggunakan gambar yang cukup eye cathcing untuk menarik hati pembaca. Kan akan sangat sayang sekali jika apa yang kita sampaikan lewat tulisan sudah sangat bagus tapi kurang memikat hati pembaca. Nah, lewat gambar yang kita sertakanlah salah satu cara yang bisa kita lakukan untuk menarik hati siapa saja yang melihat apa yang kita publish untuk kemudian tertarik membacanya lagi dan lagi.

Source: Infographic via Hubspot, Neomam Studio
Image Source: via Pexels with graphics added by handdriati

Let me know if you enjoy this post ya! :)

61 comments:

  1. aku juga lebih suka lihat postingan yang ada fotonya, apalagi kalo foto makanan hehehe :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya bikin ngiler emang kalau foto makanan itu, apalagi kalau fotonya kereeeen kayak para food blogger itu :D

      Delete
  2. iya sih mba, pake gambar lebih kena apalagi yg matanya mulai siwer kaya saya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. walah, siwer knp mba? sudah diperiksain?

      Delete
  3. Blog saya hampir 80% gambar sisanya tulisan :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. kurang gmn gitu ya kalau gak pake gambar? :D

      Delete
  4. Suka banget dengan foto-foto dalam postingan Mak Handdriati :) Saya jadi terinspirasi *kalau nggak mau dibilang nyontek :D *

    mak, itu edit fotonya biar buram sebelah gimana sih? :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahahaiii...makasih sudah terinspirasi mak wulan :D
      aku ngedit pake photoshop mak, tinggal di brush aja sebelah hehe...

      Delete
  5. aku bangetlah. Apa artinya postingan tanpa gambar. Kayak makan lalapan tanpa sambel dan asin.. mwahaha lapar ini mah :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. wahahaha...itu mau posting apa mau makan mbak?
      iya ya, kalau posting tanpa gambar berasa bagai sayur kurang garam #eh :D

      Delete
  6. Iya, saya juga suka liat blog yang ada foto-fotonya. apalagi kalau fotonya keren dan ngambil sendiri bukan dari google.

    Soal ide, cerita diblogku rata-rata bersumber dari gambar yang aku lihat.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, blogmu temanya anime2 gitu ya hehe...

      Delete
  7. untuk photo kadang punya photo bagus *pede..* kadang jelek banget photonya terpaksa ambil dari google dan sebutkan sumber..
    tapi photo2 yg kamu lampirin di tiap blogpost itu diedit lagi ya? apa photo sendiri terus di edit. tapi jadi ciri khas kamu banget...
    winda - yang lagi cari jati diri :p

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyalah blognya mba winda kan food blog gitu harus pake foto sendirilah kan banyak review tempat makannya tuh hehe...aku suka mendadak laper kalau jalan2 ke blogmu haha...

      ada yang poto sendiri ada juga yang ngambil mba tergantung temanya, kalau lagi review makeup or makanan foto sendiri tapi kalau soal blogging tips ngambil dari pexels, dkk. :D

      Delete
  8. Aku lemah di visual. Ngedit 1 foto aja lama banget. Heheee.... Thanks sharingnya.

    ReplyDelete
  9. makasih sharingnya, bermanfaat banget

    ReplyDelete
  10. nah yang komen di atas saya kebanyakan blognya manis-manis dengan gambar yang menarik hati.
    saya sih senang banget kalau lihat gambar atau grafis yang pakai bahasa indonesia. gimana ya, saya kan nulisnya pakai bahasa Indonesia nah kalau gambar pendukungnya pake bahasa Inggris kan lucu. cari yang bahasa Indonesia ga ada. bikin sendiri ga bisa. haha...
    oya selain bahasa, saya juga senang lihat gambar yang orangnya orang kita. kalau cari di situs penyedia gambar/foto kan kebanyakan dari barat. atau saya yang kuper ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah, berarti itu harus kitanya yang sedikit berusaha untuk take gambar sendiri mba. Biar sesuai dengan apa yang kita konsepkan. Tapi sepertinya banyak juga kok yang pakai orang indo, uda coba nyari di flickr?

      Delete
  11. Teeknik seperti ini memang oke banget, dan saya sering beberapa akli mencoba dan membuat perbandingan dengan yang asli dan naturlal, namun hasilnya memang mungkin dasar robot ya ? dia bisa tahu dan memberikan hasil yang asli dan natural dari pada yang sudah ada namun diedit gambarnya jadinya gambar yang editan jarang banget bisa mengimbangi yang asli dan natural di hasil mesin pencarian. he, he, he,

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mas, entah gimana tekniknya biar bisa ngimbangi yang asli sama yang sudah editan di mesin pencarian saya juga masih belum ngerti hahha...

      Delete
  12. aku masih tergolong baru buat gambar2 yg bagus hehhee... lebih banyak foto narsis nya aku :P

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahha...tooosss kalau gitu mba ke...aku juga sama.

      Delete
  13. Nah nyiapin foto sendiri itu yang PR banget haha

    ReplyDelete
    Replies
    1. mba noni mah banyak foto kecenyaaa... :D

      Delete
  14. jika ada yang bertanya hal seperti ini:
    >> jika kamu membuka sebuah blog yang Loadingnya Berat, bahkan harus menunggu sampai 15menit baru bisa terbuka, apakah kamu akan tetap menunggu blog itu terbuka secara sempurna atau menutupnya.?

    menanggapi hal seperti diatas, tujuannya sih harusnya demikian, menuliskan sesuatu yang mudah dipahami pembaca, apalagi jika diterangkan dengan gambar, tetapi apakah menjamin kalau halaman cepat terbuka, atau sebaliknya.

    survey membuktikan 80% pengguna lebih menyukai situs dengan fast loading dan 20% diantara mau menunggu sampai halaman yang mereka kunjungi terbuka sempurna.

    Novel 325 halaman banyak yang suka membaca, dan itu tanpa gambar, jadi intinya, orang akan paham apa yang akan Anda tuliskan sekalipun dengan mata tertutup jika dijelaskan dengan tepat dan akurat, bukan dipraktekkan dengan gambar yang hanya akan membuat loading blog semakin berat.

    Ini sih hanya pilihan..!!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hhhhmmm...bener sih mba kembali ke pilihan masing-masing blogger ya kalau soal itu...
      Dan tergantung juga sama apa yang ditulisnya sama si blogger, misal seperti food blogger, fashion blogger dan travel blogger menurut saya penting banget tuh konten visual dalam hal ini foto...
      Kalau soal novel atau cerpen ya itu pilihan ya, coz kan emang tujuannya lebih menitik beratkan ke alur ceritanya...
      Saya sih menekankan di atas sebagai pemikat hasrat orang untuk pengen baca saja dg paling tidak menyertakan satu foto saja sebagai pemikat, gak usah size besar juga sih, mungkin 50kb masih ditolerir...
      Tapi kalau sudah bicara soal loading atau koneksi ya itu tadi balik lagi sih ya kepilihannya masing-masing blogger mau pilih yang mana tetap mempertahankan konten visual yang diusungnya atau memikirkan loading page dari sisi pembaca...

      Thanks atas sharingnya mbak devy, happy blogging! :)

      Delete
  15. Iya sih, content visual lbh menarik sebenernya, suka saluut yg rajin bikin content visual original. Soalnya aku kalo udh sampe bagian edit foto rasane whoaa nguras energi, kudu sabaaar :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihi....bener mba kudu sabar terutama kalau untuk nyari ide yang pas ya hehe...

      Delete
  16. nic info mba terimakasih sharingnya sangat bermanfaat :)

    ReplyDelete
  17. hallo mbak, blog nya sangat inspiratif, saya paling suka dengan blog yang ada konten visual kreatif macam mbak ni, lagi belajar utak atik photoshop dan corel nih buat mendukung tapi masih belum lancar hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. makasih mba :)
      sama saya juga masih belajar kok mba evrina hehe...

      Delete
  18. mbak han, makasih ya infonyaa... sangat bermanfaat.. nyambi liat komen2nya jadi mikir, blog saya berat nggak ya buat pengunjung? kalau tambah banyak gambar kira2 gimana ya? saya owner sih sabar aja nunggu loding. hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahha...nah itu kurang tahu deh mbak...kalau dari tempat saya mah cepet2 aja sih mba blognya mba yanet...yaitu tadi seberapa kuat koneksi masing2 pengunjung kan tidak semua koneksi pengunjung leletkan ya hehe...*halah :D

      Delete
  19. enak banget kalau bisa menggambar y mbak, gambar sketch itu biasanya lebih menarik... saya sendiri nggak pandai menggambar...

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama saya juga kurang pandai skecth mas :D

      Delete
  20. visual punya nilai lebih tersendiri. namun juga hrs diperhatikan daya loading, agar tujuan tercapai tanpa ditinggalkan pembaca krn loading yg lambat.

    Utk hal2 tertentu, gambar justru lebih 'bercerita', mudah ditangkap shg deskripsi akan sampai lbh tepat.

    aku mau diajarin utakatik gambar mba, menarik :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehe...iya mba tergantung apa yang disampaikan sebetulnya... :)
      hihi...saya juga masih belajar otak atik gambar mba, yuk belajar bareng :D

      Delete
  21. Lebih suka pakai foto sih, karena kalau gambar sering kepentok copyright. Eh, tapi baca di sini kmrn ada yang free kan ya? Bisa deh kalau pakai gambar sekarang hahaha :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mba mayya ada kok yang free hehe...

      Delete
  22. Gambar/foto yang dirimu pake itu lhooo, sip sip bangeeeeuuuud.
    Aku mah cuman pake foto-foto biasa aja. :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihi...makasih mba uwien... :)
      gapapa biasa juga mba yang penting hasilnya luar biasa hehe...happy blogging! :)

      Delete
  23. Biasanya kalau nulis di blog memang aku usahain ada fotonya atau sekedar ilustrasi yg aku buat sendiri. Soalnya memang jadi lebih enak dilihat

    ReplyDelete
    Replies
    1. setuju banget mba enny, aku juga lebih suka lihat artikel yang ada gambarnya hehe...lebih menarik spertinya.

      Delete
  24. Perlu membenahi blog saya nih kalau begitu.

    ReplyDelete
  25. Setujuu maak. Aku suka banget baca blog yang ada animasi or infografisnya :)

    www.liza-fathia.com

    ReplyDelete
  26. kayaknya memang perlu ya konten visual, minimal satu saja...
    tapi org beda-beda juga sih tipenya, bak.
    yg tipenya visual akan menfokuskan pada pada gambarnya, begitupun sebaliknya.

    kalau aku tergantung kondisi...pas waktu nyari tutorial paling senang dpt artikel yg lengkap dg gambarnya, nyari ttg makanan, jalan-jalan itu juga paling srek dg yg nyertain gambar. tapi beda kalo nyari ttg contoh karya2 fiksi yg pernah dimuat dimedia, ini lebih menghayati ceritanya *loh kok malah curhat ini* maafkan ya, bak ;)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya gak papa mbak...Iya setuju mbak aku juga tergantung konten yg disajikan sih...lucu aja kl lihat fashion blogger atau food blogger cuma cerita tulisan kan mereka identik dengan foto2 juga hehe...Kalau cerita novel nah baru tulisan saja...jadi tergantung kontennya hehe...

      Delete
    2. btw...gara2 sering mampir di mari, aku keranjingan masukin gambar juga di postingan...yaaach meskipun belum sebagus punya mbak handriati =D

      Delete
    3. Gak papa mba nanti juga lama2 bagus, kan sambil belajar hehe...

      Delete
  27. Mbak mau tanya, tentang literature yang bilang tentang penelitian human brain process visual, itu literaturnya apa ya? soalnya saya cari tapi ga ketemu, mohon bantuannya ya mbak terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau literature soal penelitiannya saya kurang tau mba, tapi informasi diatas saya dapat dari whispond sama hubspot...Sumbernya saya cantumkan juga di artikel kok mba.

      Delete
  28. Benerrr.. emang lebih enak baca postingan yang ada konten visualnyaaa :)

    ReplyDelete
  29. mbak, tutorial buat infografisnya ditunggu yaa...

    ReplyDelete

Terimakasih sudah berkomentar yang sopan dan membangun. Jangan bosan untuk berkunjung lagi ya. :)