Friday, 12 June 2015

PIN Verifikasi Google AdSense Akhirnya Datang


Cara Mendapatkan PIN Verifikasi Google AdSense
PIN Verifikasi Google AdSense Akhirnya Datang. Merupakan suatu kebanggan dan kepuasan tersendiri ketika kita diterima menjadi publisher AdSense. Betul? Karena apa? Karena konon katanya tidak mudah loh jalan yang harus dilalui untuk menjadi publisher AdSense itu. Nah, kali ini saya akan mencoba menuliskan pengalaman saya terkait PIN Verifikasi Google AdSense ini. Walaupun sudah banyak yang menulis soal ini, tapi mungkin ada yang belum tahu apa sih PIN Verifikasi Google AdSense? Bagi yang belum tahu dan mau tahu yuk disimak tulisan saya ini sampai habis. Ini ada hubungannya soal pencairan penghasilan AdSense lho.


Pada postingan yang lalu saya ada menuliskan soal gimana sih cara monetize blog atau cara menghasilkan uang dari blog, nah salah satunya adalah dengan Google AdSense ini. Tentang apa dan bagaimana cara daftar Google AdSense saya pernah membahasnya dipostingan sebelumnya bisa dibaca DISINI. 

Cara Mendapatkan PIN Verifikasi Google AdSense


|| Apa Sih PIN Verifikasi Google AdSense?
PIN Verifikasi Google AdSense adalah kode 6 digit (punya saya angka semua) yang di generate oleh pihak Google, yang akan dikirimkan ke alamat rumah kita dan ini bertujuan untuk keamanan (verifikasi). Google memastikan bahwa alamat rumah yang kita inputkan di akun Google AdSense adalah benar.

|| Kapan Kita Menerima PIN Verifikasi Google AdSense?
PIN Verifikasi Google AdSense ini konon katanya akan di generate jika pendapatan AdSense kita sudah mencapai $10 atau jika dalam 3 bulan belum mencapai $10 dolar maka pin tersebut akan tetap di generate. Nah, PIN tersebut akan dikirimkan pihak Google di selembar kertas mirip post card 3-5 hari setelah PIN di generate. Dan baru akan sampai ke alamat kurang lebih 3-4 minggu. (lihat gambar diatas)

|| Kemana PIN Verifikasi Google AdSense Dikirim?
PIN Verifikasi tersebut tentunya dikirim ke alamat yang kita inputkan di akun AdSense. Banyak orang yang menyarankan bahwa pengisian data sebaiknya sesuai dengan KTP. Tetapi jika timbul pertanyaan : "Alamat saya tinggal beda dengan KTP saya bagaimana?", nah ini yang bikin jadi galau ya. Tapi setelah saya baca-baca kesana kemari ada beberapa yang bilang tidak apa-apa mengisi alamat sesuai dengan tempat tinggal kita sekarang (tidak sesuai KTP), karena pada saat pencairan dana alamat di KTP tidak begitu dilihat. Iya gak sih? Tapi saya tidak tahu pasti bagaimana karena saya juga belum pernah payout ya, masih newbie juga di AdSense hihi...Tapi ya kalau saya sih amannya sesuai dengan KTP sajalah. Yang sering payout ayo share pengalamannya! :D

|| Bagaimana Cara Memasukkan PIN Verifikasi Google AdSense
Coba lihat gambar di atas, didalamnya akan ada PIN 6 digit. Itulah PIN Verifikasi Google AdSense yang akan kita masukkan. Caranya adalah sebagai berikut:

1. Jika penghasilan kamu sudah mencapai ambang verifikasi pasti akan ada notifikasi merah dipojok kanan atas pada icon lonceng, bunyi notifikasinya kurang lebih seperti ini "Pembayaran Anda saat ini ditangguhkan karena Anda belum memverifikasi alamat".

2. Nah, ketika notifikasi tersebut di klik, kemudian akan tertampil halaman input PIN seperti gambar di bawah ini.
Cara Memasukkan PIN Verifikasi Google AdSense


3. Masukkan PIN kemudian tekan tombol Submit PIN. Sampai sini artinya sudah berhasil.

Nah, jika sudah sampai sini maka PIN Verifikasi sudah berhasil kita masukkan dan tinggal tungu saja penghasilan kita mencapai batas minimal payout (katanya $100).

|| PIN Verifikasi Google AdSense Tidak Kunjung Datang
Lalu gimana jika PIN Verifikasi tersebut tidak kunjung datang? Karena saya sadar diri jika rumah saya di desa dan alamat sesuai KTP itu rada sulit dimengerti hahha...Pada minggu ke 2 saya mendatangi kantor pos kecamatan saya, saya bilang begini "Pak, jika nanti ada surat atas nama saya dari Google dengan alamat bla bla bla tolong dikirim ke sini ya (sambil menyodorkan denah lokasi rumah), kalau gak bisa telpon saya di nomor xxxx". Kurang lebih seperti itu. Karena sudah masuk minggu ke-4 tapi surat tersebut belum sampai dirumah, maka saya memutuskan untuk kembali lagi ke kantor pos. Setelah sedikit bertanya dan dicarikan dilemari surat dan alhasil taraaaaaa...si bapaknya bilang "Nih teh ada" sambil ngacungin itu surat cinta hihihi...Intinya jemput saja ke kantor pos jika ragu.

Tapi, kalau tetap tidak ada atau surat tersebut tidak sampai? Tenang, kita dapat mengajukan permintaan PIN baru sebanyak 3 kali. Lalu kalau setelah 3 kali tetap belum sampai? Derita lo hahha...*peace* Tenang-tenang! Konon katanya nanti pihak Google sendiri yang akan menginputkan PIN Verifikasi tersebut, dan kita diminta mengirimkan scan kartu identitas KTP/ SIM/ Passpor ke pihak Google. Yang sudah pengalaman di AdSense mungkin bisa cerita soal ini hihi...Share dong! :D

Ada yang punya pengalaman dengan PIN Verifikasi Google AdSense seperti ini? Share dong! :)

35 comments:

  1. Selamat ya.....semoga bisa menambah semangat bloggingnya....

    ReplyDelete
    Replies
    1. xixi...makasih mas wahab...kemana saja kok saya gak lihat update-annya akhir2 ini?

      Delete
  2. Hand.. ini apa Hand, aku nggak paham hahahaa...
    Kurang gaul nih aku hhmmm..

    Yang pasti tetep semangat mengumpulkan pundi2 rejeki via blogging yah Hand :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. itu pin verifikasi dari adsense mba ke...
      iya mba keke, makasih ya...wish me luck hihi...

      Delete
  3. belum datang nih, soalnya kayanya belum mencapai ambang batas pengahailan :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihi...iya mba kania...ditunggu saja :)

      Delete
  4. aq mah alamat KTP, yang di Bandung, Lah sekarang tinggal di Bogor. Alamatnya juga diisi sama anak yg ngekost, yyaaahhh.

    ReplyDelete
    Replies
    1. sebelum di generate pin nya bisa kok mba dirubah...dicoba aja :D

      Delete
  5. Cara supaya dikirimin PIN gimana? Apa otomatid terkirim?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau sudah mencapai ambang batas minimal lgsung digenerate sendiri kok mba dona sama gugel...

      Delete
  6. Keren Hand :) Semangat ya ngeblog nya hehehe.
    Btw, kamera di foto pertama itu apa? *jauh banget dari konteks nanyanya hihihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. makasih mba lia xixi...itu canon ps sx120 is mba...semacam poket gt lah... :D

      Delete
  7. wah selamat ya mbak, semoga semakin sukses :D salam kenal

    ReplyDelete
    Replies
    1. makasih mas ibrahim, salam kenal salam sukses :)

      Delete
  8. kereen mak :-) selamat ya.Good Luck :-)

    ReplyDelete
  9. Aku belum ngurus hahahaaa... Aku nggak paham optimasi, aku pikir percuma juga ntar kosong mulu $nya. Ntar lah kalau ada yg bikinin applicationnya, faktor U, lemot kalau disuruh apply2, masih di jalur job review aja :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihi...semangat mbak lusi...optimasinya biasa aja kok aku rajin bewe ma update sosmed hahha...mbak lusi juga seringlah itu hehe...

      Delete
  10. Aku malah belum di upprove sama adsense nya. Kontennya kurang. wkwkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. ayoooo diperbanyak mba uwin, semangat semangat :D

      Delete
  11. Enaknya yang udah punya PIN dari google. Jadi gak sabar pengen ikut google adsense juga.

    ReplyDelete
    Replies
    1. ayoooo om daftar adsense...semangat! :D

      Delete
  12. selamat ya, semoga cepat mencapai 100$

    sepertinya kamu bukan blogger biasa, blognya tertata rapih, content nya menarik, fotonya kualitas HD, ngerti content visual, infographic, hak cipta foto dan kayanya udah ada strategi sendiri nih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. makasih mas antaresa, wiiihhh...bukan blogger biasa? beraaaat euy mas haha...tapi amiiiinlah semoga kedepannya bisa lebih baik...dan bisa makin sering berbagi...mohon do'anya :)

      Delete
  13. Seperti pengalaman saya juga Mbak, bahkan saya dapet 2 kode PIN karena mengajukan pengiriman kode lagi setelah 4 minggu PIN belum sampai rumah

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama saya juga hampir request PIN baru, tapi untung ke kantor pos dulu...eh alhamdulillah sudah ada hehe...tapi ini kudu berjuang lg nih buat di approve di domain non hosted ini huhuhu...untung ada pelangi blog yang mencerahkan xixixi....

      Delete
  14. Hhmm aku udah dafyar, tapi sepertinya ribet ya makk.. Soalnya sejak daftar itu, aku anggurin karena gak tw mw diapain dan ngapain sih adsense ini? :P Apa perlu aku sign ini lagi begitu ya??

    Http://beautyasti1.blogspot.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya coba sign in lagi, biasanya dapet email dr adsense diterima apa gaknya...hihi...semangka :D

      Delete
  15. Waaaaah, kece bangeet nih. Jadi semangat ngeblogging deh, saya nya :)
    Terimakasih banyak mbaaaa Haddriati infonya. Salam kenaal.

    ReplyDelete

Terimakasih sudah berkomentar yang sopan dan membangun. Jangan bosan untuk berkunjung lagi ya. :)