Liburan Naik Kereta Memang Anti Ribet

Saturday, 14 December 2019


Akhirnya naik kereta lagi setelah sekian lama. Jadi, kemarin saya, suami dan anak-anak ke Jakarta naik kereta. Uda sempet mikir ribet banget nih pasti naik kereta bawa anak-anak.

Kemarin suami beli tiket kereta secara online di Traveloka, disana lengkap kalau mau lihat info tiket kereta. Kita naik ekonomi, karena dari tempat saya ke Jakarta cuma kereta ekonomi Serayu yang gak pakai transit. Sisanya harus transit di Bandung, dengan rentang waktu keberangkatan antara jam 12 malam sampai jam 5 pagi. Belum sanggup aja sih bawa anak-anak kalau malam. 😰

Gak bosen-bosen sih saya nulis soal kereta api, karena ya memang nyaman, memudahkan dan anti ribet-ribet club. 😅

Karena ya bawaannya banyak banget. Satu koper besar, dua tas ransel isi mainan dan baju ganti di jalan dan satu tas jinjing besar isi makanan.

Pokoknya udah kayak mau pindahan aja ini. Sebagian besar hampir 70% barangnya anak-anak. Memang ya bawa anak itu rempong bawaannya. 😒

Dari berbagai opsi yang ada, akhirnya dipilihlah naik kereta yang gak ribet. Karena bisa tiduran, gak nyetir sendiri dan bisa jalan-jalan kalau capek duduk. Madalah barang bawaan? Tenang aja, kan ada porter yang bawain naik turun. 😁

Btw, ada yang suka bingung gak sih kalau buka aplikasi Traveloka? Nih sedikit tips dari saya, siapa tahu mencerahkan hihi...

🚅 Sebelum melakukan perjalanan tentu saja kita harus menentukan lokasi yang tepat untuk menghabiskan waktu bersama keluarga.
🚅 Langkah berikutnya yang harus  dilakukan adalah menentukan transportasi yang akan digunakan (kali ini adalah kereta). Kemudian membuka aplikasi Traveloka yang telah terinstall di smartphone. Setelah berhasil masuk, pilihlah bagian transportasi, kemudian pilih kereta. Pada menu berikutnya, kita harus mengisi stasiun terdekat dengan rumah dan stasiun tempat tujuan. Kita juga harus mengisikan tanggal keberangkatan untuk mengetahui jadwal kereta dan bangku yang kosong. Kita juga bisa melihat jadwal tiket kereta berangkat dan pulang kemudian memesannya dalam satu waktu.
🚅 Setelah selesai mengisi keseluruhan, kita akan masuk pada menu yang berikutnya, yaitu informasi mengenai tiket kereta. Kita bisa mendapatkan informasi mengenai jam berangkat, jam tiba, nama kereta, kelas kereta, durasi perjalanan, dan harga tiket kereta per orang. Jika kita telah mengetahui informasi mengenai kereta yang akan membawa kita ke tujuan, kita bisa langsung memesan tiket. Sebelum memesan, Anda harus pastikan jumlah orang yang akan ikut bersama kita menghabiskan libur panjang di kota lain.
🚅 Step selanjutnya adalah pengisian data diri. Data diri yang harus diisi meliputi data pemesan seperti nama, email, dan nomor telepon. Setelah itu kita juga harus mengisi data diri penumpang meliputi nama, jenis kelamin (tuan/nyonya), identitas yang digunakan, dan nomor identitas.
🚅 Langkah berikutnya, kita bisa memilih gerbong dan kursi yang ingin ditempati untuk berangkat dan pulang. 
🚅 Jika semua sudah benar, kita bisa melanjutkan ke tahap berikutnya yaitu pembayaran. Kita bisa membayar melalui kartu debit, kartu kredit, atau melalui Alfamart. 
🚅 Kemudian tunggu sistem untuk mengecek data kita untuk mendapatkan e-tiket. Tiket elektronik ini akan dikirim ke email yang sudah diinputkan saat pengisian data.

Mudah bukan? Kini tidak perlu repot lagi ketika ingin melakukan perjalanan. Kita hanya perlu menyiapkan biaya, barang bawaan dan tubuh yang fit untuk melakukan perjalanan.

Selmat liburan akhir tahun. 👍



No comments:

Post a Comment

Terimakasih sudah berkomentar yang sopan dan membangun. Jangan bosan untuk berkunjung lagi ya. :)