Sunday, 31 January 2016

ACER Liquid Z320, Smartphone Yang Aman Digunakan Untuk Anak !

ACER Liquid Z320, Smartphone Yang Aman Digunakan Untuk Anak !

ACER Liquid Z320, Smartphone Yang Aman Digunakan Untuk Anak ! - Zaman sekarang smartphone adalah bagian dari sebuah kebutuhan hidup. Selain dapat membantu aktifitas sehari-hari juga sebagai sarana edukasi. Bicara soal edukasi, bukan hanya kita orang dewasa saja yang dapat memperoleh edukasi dari sebuah perangkat yang namanya smartphone. Tetapi, anak-anak juga bisa mendapatkan edukasi bahkan hiburan dari sebuah smartphone.

"Tante, pinjem HP dong buat tethering!"
"Tante, pinjem HP dong mau main game!"
"Tante, pinjem HP dong...."
bla bla bla


Ya, itulah beberapa ucapan "pinjem HP dong" yang dilontarkan oleh keponakan saya. Keponakan saya masih SD bahkan sudah diberikan smartphone sebagai hadiah atas prestasinya sebagai juara kelas. Dan apakah setelah mendapatkan smartphone yang diinginkannya tersebut keponakan saya turun peringkat? Jawabannya adalah TIDAK. Dia tetap juara kelas, tetap rajin belajar dan tahu waktu kapan harus memainkan smartphone-nya.

Sebenarnya menurut saya pribadi, dampak negatif dari smartphone itu sangat bisa dihindari terutama untuk anak-anak dibawah umur. Contohnya saja keponakan saya itu. Dia tahu waktu kapan harus bermain smartphone, apa yang harus dia buka, apa yang tidak boleh dia buka dan apa yang akan dia mainkan. Dan semua itu tidak lepas dari bimbingan orang tuanya (parenting) yang mengedukasi terhadap anaknya soal gadget khususnya smartphone.

Jika kita mau melihat sisi positifnya, padahal banyak sekali lho manfaat smartphone yang bisa berguna bagi anak-anak. Diantaranya adalah :
  • Pengenalan teknologi sejak dini,
  • Bermain game strategi yang dapat membantu mengembangkan logika anak,
  • Dan juga pengetahuan baru bagi si anak.

Memang sih sebaiknya mengenalkan smartphone terhadap anak ada baiknya di usia yang memang dia sudah sedikit mengerti. Para pakar pendidikan bahkan menyarankan bahwa sebaiknya anak dikenalkan tentang fungsi dan cara menggunakan smartphone pada usia 6 tahun. Karena di usia tersebut perkembangan otak anak meningkat hingga 95% dari otak orang dewasa.

Nah, maka dari itu selayaknya di zaman sekarang ini smartphone harus dilengkapi dengan fitur-fitur yang pro terhadap anak-anak. Yang dapat memproteksi segala macam hal-hal yang memang tidak boleh dikonsumsi oleh anak-anak. Sehingga anak-anak pun bisa bebas berselancar di internet setiap saat tanpa ada yang perlu terlalu dikhawatirkan oleh orang tua.

Lalu bagaimana ciri-ciri smartphone yang aman dan bermanfaat bila digunakan oleh anak-anak?

Jadi, menurut saya smartphone yang aman dan bermanfaat bila digunakan oleh anak-anak adalah yang menyediakan fitur khusus untuk anak yang dapat membatasi secara otomatis aplikasi apa saja yang memang boleh digunakan oleh anak.

Dan rupanya hal itu sangat dimengerti oleh salah satu brand kenamaan pabrikan Taiwan yaitu ACER. Baru-baru ini ACER telah meluncurkan fitur Kids Center pada salah satu smartphone terbarunya yaitu Acer Liquid Z320. Yang dapat membuat anak senang bisa bermain smartphone dan orang tua pun tenang tanpa perlu khawatir anaknya membuka hal-hal yang tidak diinginkan.

APA ITU KIDS CENTER?
Jadi, Kids Center yang terdapat pada Acer Liquid Z320 adalah fitur yang sudah pre-install di dalam smartphone ACER Liquid Z320. Sebuah ekosistem yang dirancang khusus untuk anak yang dapat membatasi aplikasi-aplikasi yang memang boleh digunakan oleh anak.

ACER Liquid Z320, Smartphone Yang Aman Digunakan Untuk Anak !
Sumber gambar : http://yangcanggih.com/2016/01/18/kids-centre-membuat-gadget-lebih-aman-bagi-anak-kecil/

Lalu apa saja keunggulan Kids Center Acer Liquid Z320? Sebelum membaca penjelasan saya lebih lanjut, silakan lihat gambar di bawah ini!

KEUNGGULAN KIDS CENTER

Keunggulan Acer Liquid Z320

Untuk lebih jelasnya silakan baca uraian saya di bawah ini:

1. Dilengkapi dengan parental control untuk memantau aktifitas internet anak sekaligus mengatur keamaanan penggunaan smartphone untuk mencegah anak dari men-download konten dewasa ataupun membeli aplikasi baru tanpa seijin orang tua.

2. Media belajar yang mengasyikan dimana Acer mengisi Kids Center dengan berbagai konten bermanfaat bagi anak-anak, diantaranya:
  • Ada ribuan aplikasi edukasi untuk membantu anak belajar sekaligus mengasah kreatifitasnya.
  • Aplikasi gaming dan video yang dapat dinikmati si kecil sepulang sekolah.
  • Menawarkan beragam konten baru khusus anak-anak setiap harinya yang dapat dinikmati secara gratis ataupun berbayar baik video youtube atapun game. Dengan tersedianya update konten tersebut, anak dapat menikmati konten terbaru sehingga tidak akan bosan dengan aplikasi yang itu-itu saja.

3. Untuk memaksimalkan kreatifitas anak Kids Center ini juga menyediakan aplikasi untuk menggambar, mewarnai dan kamera khusus anak yang dilengkapi dengan berbagai macam pilihan latar belakang dan sticker. Galeri hasil dari kamera Kids Center pun dibuat terpisah dari galeri utama, sehingga foto tidak akan tercampur.

4. Fitur Kids Center tersebut memungkinkan orang tua untuk mengatur situs web apa saja yang boleh dikunjungi dan berapa lama waktu yang dimiliki anak untuk bermain-main dengan smartphone.

5.  Adanya save environment agar anak tidak dapat keluar dari fitur Kids Center tersebut sehingga orang tua pun bisa tenang membiarkan anaknya bermain smartphone.

Selain dari segi aplikasi yang memang pro diperuntukan bagi anak-anak, Acer Liquid Z320 pun dilengkapi dengan desain dan spesifikasi yang memang pro untuk anak-anak juga.

Untuk lebih detail tentang Kids Center Acer Liquid Z320 bisa dilihat dalam video berikut ini:

  video


CARA MENGGUNAKAN KIDS CENTER
Cara menggunakan aplikasi Kids Center pun sangat mudah, untuk lebih jelasnya bisa dilihat gambar di bawah ini.

Cara Menggunakan Kids Center
Sumber gambar : Facebook fan page AcerID


DESAIN ACER LIQUID Z320
Untuk desainnya sendiri, pada bagian belakang Acer Liquid Z320 ini menggunakan desain hairline brush dengan berat 142 gr sehingga dapat digenggam dengan nyaman dan aman apalagi oleh anak-anak.

Desain Acer Liquid Z320


Desain Acer Liquid Z320
Desainnya nyaman untuk digenggam.


SPESIFIKASI ACER LIQUID Z320
Untuk ukuran smartphone dengan harga yang hanya satu jutaan, Acer Liquid Z320 ini mempunyai spesifikasi yang cukup baik. Detail spesifikasi bisa dilihat dari gambar di bawah ini.

Spesifikasi Acer Liquid Z320

Menilik dari apa yang telah saya sampaikan, kalau menurut saya pribadi banyak kok manfaat smartphone yang bisa didapat oleh anak sebagai media edukasi. Asal kita tahu bagaimana cara mengedukasi anak dalam menggunakan smartphone, melakukan pembatasan waktu yang disepakati antara kedua belah pihak yaitu anak dan orang tua serta jadilah teman berinteraksi anak dalam memainkan smartphone.

Jadi Ayah dan Bunda, masih bingung memilih smartphone yang pro terhadap anak? Pilih saja Acer Liquid Z320 yang memiliki fitur Kids Center dengan berbagai keunggulan yang telah saya sebutkan di atas dan harganya juga ramah dikantong hanya sekitar satu jutaan.

"Dengan Acer Liquid Z320, anak senang orang tua pun tenang".

Happy Parenting! :)

Source:
http://www.acerid.com/2016/01/product-review-harga-smartphone-acer-liquid-z320/
www.tabloidpulsa.co.id (gambar acer liquid z320)
www.gsmarena.com (spesifikasi)


29 comments:

  1. Tulisnya menarik dan komplit mbak kereen itu hapenya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. makasih mas priangga, iya emang keren hapenya ya :D

      Delete
  2. Kids center ini bener banget deh ngebantu orang tua Mbak. Keren postingannya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. makasih mas dani :)
      iya ortu gak perlu khawatir lagi anaknya maenan yg aneh2 di hp hihihi

      Delete
  3. Jadi bisa pilah pilih game yang pas buat anak anak ya, ni fitur fiturnya, etapi iji khusus buat hape acerkah?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kayaknya ada juga di smartphone merk lain nita, tapi aku kurang info soal itu.

      Delete
  4. Aman banget buat anak-anak nih. Nabung dulu sambil nunggu launchingnya. ;D

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihihi...ayok nabung mba anisa, semangat! :D

      Delete
  5. Baru tau kalo mbaknya udah tante tante #SalahFokus :p

    ReplyDelete
  6. Iya bener mba. Sekarang rada2 bingung milihin gadget buat si kecil. Kids center ini membantu bgt ya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mba ira, apalagi kalau sudah berhubungan sm youtube, takutnya kebablasan...huhuhu...Kids center ini sudah dibatasi.

      Delete
  7. seneng ada hp yg ramah anak, semoga semakin banyak inovasi seperti ini

    ReplyDelete
  8. oke juga ya featurenya :).. tablet ankku yg skr sih ga ada feature bgitu, tp utk keamanan, yg kita install di dalam cuma games2 dan aplikasi yg berguna utk dia bljr aja sih mba.. browser dan yg berbahaya2, kita block ato di hide :D..Untung juga krn dia msh kecil jd blm ngerti buka blocknya ;p

    ReplyDelete
    Replies
    1. untuk masih kecil ya mba fanny, kl uda ngerti gimana itu? :D

      Delete
  9. infografisnya menarik mak.. saya suka...

    ReplyDelete
  10. Bimbingan orangtua memang sangat berpengaruh besar ya mbak. Mau secanggih dan selengkap apapun fitur yg ada di hp kalau tanpa sentuhan kasih sayang orangtua tetap aja zonk ya mbak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyap, betul banget mba...orang tua juga harus turut andil :)

      Delete
  11. Kifah harus punya ini.. *liat dompet*

    ReplyDelete
  12. Banyak banget yah keunggulan dari Acer Liquid Z320 ini,sukses ya mbak buat reviewnya :)

    kalau ada waktu mampir juga yah ke reviewku :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya banyak banget, siap nanti pasti mampir :)

      Delete
  13. Keren banget mba ulasannya

    Good Luck ya mba ...

    ReplyDelete
  14. Pilih hp anak yang nggak bikin was-was orang tua!

    Acer Liquid z320 dengan fitur Kids Center
    bikin anak senang dan orang tua tenang
    http://alvinatorum.web.unej.ac.id/2016/01/12/acer-liquid-z320-dengan-fitur-kids-center/

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, yg bikin orang tua tenang dan gak was was ya :)

      Delete

Terimakasih sudah berkomentar yang sopan dan membangun. Jangan bosan untuk berkunjung lagi ya. :)