Thursday, 11 August 2016

Berapa Tarif Iklan Dalam Satu Adegan Drama Korea Terbaik Dengan Rating Tinggi?

Gambar: http://images.en.yibada.com/data/thumbs/full/91112/685/0/0/0/red-ginseng-tonic.jpg

Berapa Tarif Iklan Dalam Satu Adegan Drama Korea Terbaik Dengan Rating Tinggi? - Yang penggemar drakor, mari merapat! Suka penasaran gak sih sama biaya yang dikeluarkan sama brand buat ngiklanin produk mereka supaya tampil dalam drama korea? Saya sih iya banget, kalau soal fashion pastilah ya mereka kan sesuai ma harganya. Tapi bisa kamu bayangkan gak gimana kalau makanan? Cuma makanan yang harganya tidak seberapa itu bisa masuk ke dalam adegan drama korea? Saya juga mau atulah ngiklanin risoles goreng bikinan mamah saya dalam drama korea yang bisa dimakan sama song song couple HAHAHA... *ngimpi

Jadi, drama korea yang memiliki rating tinggi biasanya menjadi tempat para produsen produk-produk makanan dan minuman untuk promosi dan menayangkan iklan. Berbeda dengan jenis iklan atau promosi langsung, iklan produk makanan yang ditayangkan di dalam satu adegan drama korea terbaik ternyata memiliki tarif yang fantastis loh.
Jadi gini biasanya kalau saya perhatikan di dalam satu adegan drama ada sekitar 3 sampai 4 produk makanan yang bisa dipromosikan. Misalnya, ketika sang aktor atau aktris sedang membeli produk makanan di supermarket atau mengonsumsi produk makanan tersebut. Setelah ditayangkan dalam sebuah adegan dalam drama korea, para penggemar akan merasa tertarik untuk mencoba produk tersebut dan akan membelinya. Padahal, tarif untuk mendapatkan persetujuan dan ditayangkan dalam satu adegan drama bagi produsen makanan atau minuman harus mengeluarkan kocek yang tidak sedikit. 

Setelah googling kesana kemari ternyata laporan tentang jumlah berapa biaya tarif iklan produk makanan yang muncul dalam satu adegan drama korea terpopuler pernah disebutkan dalam acara ‘Channel A Heard It Through the Grapevine’. Dan itu memang benar harganya sangat fantastis.

Hanya untuk iklan produk makanan kecil seperti roti lapis sandwich bisa sampai mengeluarkan uang sejumlah Rp 114 juta atau sekitar 8.600 dolar AS. Sedangkan, untuk satu teguk minuman kemasan sekitar 20 juta mata uang Korea. Dan, satu ginseng bertarif rata-rata 20-25 juta mata uang Korea. *daebak (kemudian melongo)

Menurut seorang narasumber yang dirilis di halaman soompi, hanya untuk iklan roti lapis sandwich saja konon katanya harganya 8.600 USD, apabila mereka hanya memesan dan apabila para bintang drama korea tersebut sampai memakannya 17.350 USD. Terus juga untuk menayangkan ginseng sekitar 20-25 juta Won. Ada lagi hanya untuk satu teguk air minum dalam kemasan mereka harus membayar 20 juta Won. Bisa kebayang bukan kalau si artis minumnya berteguk-teguk apalagi sampai habis? HAHAHA...

Eits, tapi jangan salah. Ternyata harga fantastis yang dikeluarkan oleh para produsen makanan dan minuman di dalam satu adegan dalam drama korea itu sepadan dengan peningkatan hasil penjualannya. Contohnya saja untuk produk ginseng yang di minum oppa Joong Ki dalam drama Descendants of The Sun yang lalu, produk asli dan khas dari Korea tersebut menjadi laris manis di pasaran karena para penggemar ingin ikut-ikutan juga untuk mencoba seperti para aktor dan aktris idola mereka dalam drama. 

Dan kabarnya penjualan ginseng tersebut meningkat dong sampai 176%. Bahkan ada yang mengatakan “Sekarang sulit untuk bisa mendapatkan ginseng karena selalu sold out. Penjualan ginseng bertambah 176% dan hal yang sama berlaku untuk roti lapis sandwich”. Yuk, jualan sandwich ke Korea! HAHAHA...

Bagi para produsen makanan dan minuman yang beriklan dalam adegan drama korea, menayangkan produk mereka adalah sebuah keuntungan besar. Namun, beda halnya bagi para penikmat drama korea. Terkadang mereka tidak terlalu suka akan banyaknya iklan produk makanan atau minuman yang diselipkan ke dalam adegan. Sama sih seperti saya, kebanyakan iklan kan jadinya aneh ya?

Berapa Tarif Iklan Dalam Satu Adegan Drama Korea Terbaik Dengan Rating Tinggi?
Gambar: http://bestcars66.com/wp-content/uploads/2015/12/2017-Hyundai-Elantra-colors-Quartz-White-Pearl.jpg

Salah satunya seperti yang pernah terjadi dalam film drama Korea terbaru 2016 yang hits banget kemaren, siapa yang tidak tahu drama “Descendant of the Sun”? Konon katanya ada salah satu adegan drama dengan produk yang tidak natural. Iya sih, sebagai penikmat DoTS kelas berat saya juga merasakannya. Bahkan beberapa komentar di sosmed pun banyak yang bilang aneh. Ada yang tahu apa itu?

Iya, adegan oppa Jin Goo mau kissing uni Ji won dalam mobil itu loh pas nganterin pulang HAHAHA... Perlu saya jelasin lagi ga? Perlu lah ya, jadi kronologi ceritanya begini. Jin Goo sedang menyetir mobil bermerek Hyundai, kemudian dia mengalihkan kemudi menjadi otomatis supaya dia bisa mencium Kim Ji-won. Nah, ini dia adegan yang banyak menuai komentar pemirsa sekalian. Padahal katanya, jika kemudi dialihkan selama lebih dari 20 detik, sistem akan berhenti. Jadi, keknya kurang tepat sasaran ya adegannya hoho... Karena itulah adegan ini banyak penonton yang mengeluh. Tapi, no problemo lah ya. Nyatanya banyak juga yang baper karena adegan ini. Ya kan, kamu juga kan?

Meskipun banyak penonton yang mengeluh kurang sesuai, tapi nih ya kalau dari segi bisnis penjualan mobil Hyundai tidak mengalami masalah tuh. Justru semakin banyak orang yang membicarakan produk itu maka semakin tinggi tingkat popularitas produk mobil Hyundai. Kemudian juga dari persepsi bisnis, perdebatan adalah hal yang wajar. Bisnis malah diuntungkan. Betul? Sama aja kayak kamu, makin sering digosipin malah makin tenar. *eeaaa  Sekeras apapun usaha para sutradara menyulap adegan iklan drama korea agar terlihat natural, masih kalah sama penonton yang jelinya bukan kepalang HAHAHA...

Jadi, saya mah gak terlalu dipermasalahin lah soal iklan yang gini yang gitu. Yang penting mah ceritanya bagus, oppa-oppanya bisa bikin hati deg deg seeerrrrr. Ya kan? Ya dong?

Udah gih, buruan ke Korea dan ngiklan produk daganganmu disana. Lumayan kan sis bisa mendulang hasil yang fantastis, ya tentunya budgetnya harus fantastis juga ya :P.


14 comments:

  1. Wah mahalnya karena bintangnya nih...tetapi kayaknya yang paling mengena sasaran itu karena alurnya...iklan di thailand contohnya...kalau di indonesia yang kreatif yang mengena kayak dulu ada buka lapak, olx, jarum si jin..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mba, kl di indonesia iklan yg bgus iklan rokok keren2... Tp aq jrang menemukan korelasi antara iklannya dan rokok... Mksnde opo hahaha... Ah yasutralah...

      Delete
  2. gpp mahal, yang penting barangnya dijamin laku mbak!

    ReplyDelete
  3. samak, aku mah nikmatin ceritanya aja sama rupa2 mereka yg aduhai, gk sempet dah merhatiin iklan, hahayyy

    ReplyDelete
    Replies
    1. Apalagi kl yg main joong ki, iklan mah lewat ya XD.

      Delete
  4. aihhh.. kamu emang jago Han, pinter banget pake pajang foto oppa joong ki, kan ane jadi gagal fokus karena baper. hihihi..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wkwkwk... Justru itu biar pd baper mba mer :P

      Delete
  5. Ingat mobil biru di Uruk, sepupu saya sampai bilang kapan bisa naik mobil itu. Saya jawab, "Harganya 1 m!" Hahaha

    ReplyDelete
  6. Itu ponsel-ponsel yang dipakai juga suka bikin aku penasaran :( pengin beli juga

    ReplyDelete
  7. Tarifnya mengikuti durasi tayang juga kali ya.. Aduuhh ada oppa kesayangan di foto pertama itu.

    ReplyDelete
  8. jor-joran kalo di Korea mah ya, tp harus jeli juga lihat drama mana yg ratingnya bakal tinggi :"D

    ReplyDelete
  9. sempat membatin dalam hati waktu menyaksikan adegan kissing di mobil itu "udah gak ada tempat yang pas yah buat ciuman?" hehe :)

    ReplyDelete

Terimakasih sudah berkomentar yang sopan dan membangun. Jangan bosan untuk berkunjung lagi ya. :)