Friday, 30 September 2016

Napak Tilas sambil Menikmati Objek Wisata Bersejarah di Kota Lama Semarang

Napak Tilas sambil Menikmati Objek Wisata Bersejarah di Kota Lama Semarang - Tiba-tiba jadi kangen Semarang, terakhir ke Semarang itu pas jaman kuliah. Ah entah tahun kapan itu hahaha... Salah satu yang bikin kangen dari Semarang adalah banyak objek foto yang unik dan antik salah satunya Kota Lama Semarang. Kalau Jakarta punya Kota Tua, Semarang juga punya kawasan bersejarah peninggalan zaman kolonial. Ya, Kota Lama namanya. Ikon penting kota Semarang yang satu ini memang sudah sangat terkenal di kalangan para wisatawan, baik lokal maupun internasional. Selain nilai sejarahnya yang kental, apa sih yang menarik dari Kota Lama? Nah, kali ini karena saya lagi kangen foto-foto di Kota Lama Semarang yuk kita  menyusuri sejarah dan seluk beluk berdirinya ini.

wisata kota lama di semarang
Sumber : Wikipedia

Kota Lama Semarang sendiri merupakan sebuah kawasan yang pernah menjadi pusat perdagangan pada abad ke 19 sampai 20 silam. Pada masa itu, pihak pemerintah kolonial yang ingin mengamankan warga dan segenap wilayah kekuasaannya membangun sebuah benteng bernama Vijhoek. 

Nah, untuk mempersingkat jalur perhubungan antar ketiga pintu gerbang di benteng itu, maka dibuatlah jalan-jalan penghubung yang jalan utamanya sendiri diberi nama: Heeren Straat (yang sekarang namanya berubah menjadi Jalan Letjen Soeprapto). Salah satu lokasi pintu benteng yang masih asri sampai saat ini adalah Jembatan Berok, yang dulunya disebut De Zuider Por.

Kawasan Kota Lama Semarang yang memiliki luas sekitar 31 hektar ini dulunya disebut Outstadt. Melihat kondisi geografis yang ada di sekitarnya, Kawasan Kota Lama Semarang memang tampak jelas terpisah dengan daerah sekitarnya, layaknya “kota terpisah”. Tidak heran, kawasan Kota Lama Semarang sering dijuluki Little Netherland alias Belanda kecil. Tahu sendiri kan alasannya?

Lebih dari dua abad berjalan, Kota Lama Semarang menjadi saksi bisu perjuangan masyarakat Indonesia di era kolonial. Karenanya, kita bisa dengan mudah menemukan sekitar 50 bangunan kuno bernilai sejarah yang masih berdiri dengan kukuh hingga sekarang.

Bangunan di Kota Lama Semarang
Kekuasaan kolonial pada masa lampau ikut memengaruhi arsitektur bangunan yang ada di kawasan Kota Lama Semarang ini. Jika dilihat sekilas, karakter bangunan di kawasan ini mirip dengan arsitektur Eropa tahun 1700-an.

Hal ini bisa kita buktikan dari detail bangunan yang sangat khas dan dilengkapi dengan ornamen-ornamen yang kental dengan suasana Eropa. Pernah menyaksikan bangunan peninggalan Belanda di Indonesia kan? Ya, ukuran pintu dan jendela yang luar biasa besar, penggunaan kaca-kaca berwarna di sudut ruangan, bentuk atap yang khas, sampai ruang bawah tanah, begitulah kira-kira gambaran bangunan kuno di kawasan Kota Lama Semarang.

wisata kota lama di semarang
Sumber : www.yukpiknik.com

Seperti halnya kota-kota lain di Indonesia yang pernah diduduki Belanda, di Kota Lama Semarang juga terdapat benteng sebagai pusat militer zaman dulu. Benteng ini sendiri dibangun di sisi barat Kota Lama Semarang. Sebagai benteng pertahanan,  benteng ini memiliki satu pintu gerbang di bagian selatan lengkap dengan 5 buah menara (mercusuar) yang masing-masing diberi nama: Zeeland, Amsterdam, Utrecht, Raamsdonk, serta Bunschoten.

Selain benteng bekas pelatihan militer, beberapa bangunan kuno peninggalan kolonial yang terletak di kawasan Kota Lama Semarang dan dibuka untuk umum di antaranya adalah:
  1. Stasiun Kereta Api Tawang
  2. Gereja Blenduk Semarang
  3. Kantor Gabungan Koperasi Batik Indonesia
  4. Bank Export Import Indonesia
  5. Susteran Ordo Fransiskan
  6. Jembatan Mberok
  7. PT Djakarta Lloyd
  8. Pabrik Rokok Praoe Lajar
  9. PT Pelni
  10. PT Perkebunan XV
  11. Polder Air Tawang

Banyak sekali ya objek wisata yang bisa kita kunjungi di Kota Lama Semarang. Jadi tambah kangen Kota Lama Semarang deh, saya pernah foto-foto dari pagi sampai dzuhur keliling Kota Lama sambil jalan kaki dengan teman saya, niat bangetkan kami? HAHA... Dan kalau kamu berencana untuk liburan ke sana, salah satu yang harus diperhatikan adalah tempat penginapan. Kalau misal kamu tidak punya saudara atau kerabat di Semarang, pastinya kamu juga harus pikirkan mau menginap dimana. Tapi sekarang tidak perlu pusing mencari hotel murah yang nyaman di Semarang, cukup telepon customer service atau hubungi WhatsApp AiryRooms, maka kebutuhan penginapanmu (lengkap dengan begitu banyak fasilitas penunjangnya) bisa teratasi. Atau agar bisa lebih leluasa memilih hotel atau penginapan, coba cek langsung di website www.airyrooms.com atau unduh aplikasi Airy Rooms di Android kamu.



Selamat berwisata di Kota Lama Semarang ya. Saya nunggu Abimanyu bisa jalan dulu baru bisa travelling, biar bisa foto-foto sama dia hahaha...



16 comments:

  1. Sudah lama pengen ke Semarang, karena yaini, kota lamanya. Masuk salah satu list tempat yang harus saya sambangi :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haruuusss banget foto-foto ya wulan hahaha

      Delete
  2. Aku belon pernah ke semarang. Jadi pengen kesini. Tapi kalo airyrooms ini bisa dadakan ga pesennya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Keknya bisa mba, coba ceki-ceki webnya langsung saja hihi

      Delete
  3. Aku mau ke Semarang, bangunan lamanya bikin merinding disco

    ReplyDelete
    Replies
    1. Beneeerrr.... Destinasi selanjutnya mud. Rencanakan! :D

      Delete
  4. Semarang banyak ya peninggalan sejarahnya mba..aku belum pernah ke semarang

    ReplyDelete
  5. Iiih, asik nih Airy room udah ada di SMG. Kapan2 mau coba aahhh

    bukanbocahbiasa(dot)com

    ReplyDelete
  6. cocok ini, pengen ke semarang lagi, dulu pas ke semarang belum sempet mampir ke tempat ini

    ReplyDelete
  7. Dan sekarang di kota lama ada museum 3D kayak yang di jogja

    ReplyDelete
  8. Keren ulasannya, jadi pingin ke Semarang juga.

    ReplyDelete
  9. Semarang, udah lama ngga ke semarang
    Pasti banyak spot foto keren yaaa :)

    ReplyDelete
  10. bagunanya tua bgt yaa, harusnya situs seperti ini diperhatikan dan dirawat oleh pemerintah..

    ReplyDelete
  11. Jadi pengen ke Semarang lgi, pasti menarik nih dsna..

    ReplyDelete
  12. belom kesampean mau ke sini nih...

    ReplyDelete
  13. kayaknya asik ya di semarang, sayangnya aku belum ke sana

    ReplyDelete

Terimakasih sudah berkomentar yang sopan dan membangun. Jangan bosan untuk berkunjung lagi ya. :)