Setelah Update, WhatsApp Kini Banyak Fitur Tambahan Yang Berfaedah. Kamu Sudah Coba Belum?

Saturday, 4 November 2017


Setelah Update, WhatsApp Kini Banyak Fitur Tambahan Yang Berfaedah. Kamu Sudah Coba Belum? - Jadi, beberapa waktu yang lalu WhatsApp di smartphone saya terupdate otomatis. Dan pas saya cek kok banyak fitur baru ya. Yang berfaedah maupun yang tidak berfaedah bahahaha... Tapi serius, jadi seru. Jadi banyak yang tiba-tiba chat dan nulis-nulis gak jelas lalu bilangnya lagi ngetes fitur terbaru di WhatsApp. Termasuk suami saya 😂.

Lalu, apa saja fitur tambahan yang disematkan tersebut? Bentar, sebelum lanjut baca. Pastikan kamu adalah pengguna WhatsApp dan jangan lupa update aplikasi-nya dulu ya.

1| Berkirim foto sekarang bisa langsung menambahkan filter seperti di Instagram
Memang ya, sekarang kalau terkait foto dikit-dikit instagram ingetnya hahaha... Iya, saya mah anaknya kecanduan IG banget. Makannya follow dong IG saya @handdriati 😄. Setelah bertebarannya aplikasi edit foto yang menyediakan berbagai fitur filter yang cantik dan menarik demi instagram jaman now. Sekarang WhatsApp juga punya filter saat mau berkirim foto.


Saya sendiri kurang tahu sih ini faedahnya apa, tapi ya mungkin seru-seruan aja kali ya biar kelihatan kayak aplikasi jaman now gitu. Apa dah sekarang apa-apa bilangnya "jaman now" 😂😂😂.

2| Fitur hapus pesan yang telah terlanjur terkirim
Ini fitur beberapa waktu lalu sempat booming di salah satu WA Grup saya, jadi pada kirim-kiriman pesan terus tiba-tiba dihapus. Ih kalau Bahasa Jerman-nya mah "eweuh gawe" 😆.

Tapi, tetep aja sih kalau ada temen yang gercep gitu dan keburu di screenshoot atau di reply gak guna juga tuh hapus pesan. Sama aja kan ketahuan hahaha... Jadi, kalau mau hapus pesan kudu gercep juga kitanya 😋. Atau lebih efisien untuk chat perorangan ya, kalau grup kurang deh menurut saya. Yaitu tadi takut kalah gercep ma yang lain hahaha...

3| Fitur live location
Ini fitur sebenernya bermanfaat banget buat kita-kita yang lagi tersesat dan tak tahu arah jalan pulang, aku tanpamu butiran debu. Lha malah nyanyi 😂. 



4| Bisa kirim foto tanpa mengurangi kualitas
Ini sebenarnya sudah agak lama sih ada, tapi bermanfaat banget terutama buat kita yang suka berkirim foto lewat WhatsApp tapi gak mau hasilnya ke resize.


Caranya kirimkan saja foto melalui lampiran dokumen. Klik icon Attachment/ Lampiran di samping icon camera lalu pilih document, setelah itu pilih deh foto/ gambar apa yang mau kamu kirimkan. Kalau yang ini berfaedah banget, kan? 😁

5| Pin Chat, buat kamu yang sok sibuk
Bahahha... Minta ditabok ini sub judul nomor 5. Tapi bener deh, dan saya baru tahu pas ngoprek WhatsApp pas lagi mau nulis ini. Ternyata kita bisa pin obrolan penting biar gak tenggelam atau tertumpuk dengan chat-chat yang lainnya.



Jadi, gak perlu lah repot-repot nyekrolin chattingan ke bawah kalau lagi chat sama orang penting. Yeee, kan? Caranya klik dan tahan agak lama chat yang ingin kamu pin, kemudian akan muncul beberapa menu seperti gambar di atas, nah icon seperti paku yang paling kiri itulah fitur pin.

6| Menyembunyikan fitur "Read" dan "Last Seen"
Saya sebenernya gak ngerti juga sih kenapa fitur ini dimunculkan sama WhatsApp, tapi yang jelas bagi beberapa orang menyembunyikan fitur "Read" dan "Last Seen" nampaknya berguna banget. Tapi biar apa? Coba jelaskan sih sama saya! 😋



Caranya menuju ke Setting > Account > Privacy. Mudah, kan? Coba jelaskan sama saya alasan kalian yang menyembunyikan fitur "Read" dan "Last Seen". Keukeuh, saya kepo anaknya 😅.

7| Emoji di WhatsApp semakin hidup
Ada yang merhatiin gak sih kalau emoji di WhatsApp sekarang semakin hidup dan dinamis, gak kaku lagi gitu. Dan ada beberapa juga emoji-emoji yang berubah, misal fitur emoji ketawa yang mengeluarkan air mata yang tadinya miring kiri sekarang jadi miring kanan.


Dan masih banyak lagi emoji yang makin cantik, juga keyboardnya pun makin cantik gitu tampilannya.

Nah, kurang lebih itulah beberapa update terkini WhatsApp terkair fitur tambahannya yang berfaedah maupun tidak berfaedah hahaha... Kamu sudah coba belum?

Tapi, sebenarnya masiiiiiiih banyak sekali fitur-fitur WhatsApp yang lain yang bermanfaat termasuk membuat schedull chat gitu. Tapi ini membutuhkan app tambahan sepertinya. Oiya, yang terbaru juga katanya ada WhatsApp for business gitu buat kamu yang mempunyai online shop. Mungkin mirip-mirip Line for business gitu kali ya?

Yasudahlah, segitu saja tulisan saya yang diharapkan bisa berfaedah ini. Ayo, yang mau share soal WhatsApp, monggo tulis di kolom komentar ya! 😘


Source Gambar: www.pexels.com




16 comments:

  1. Waah saya belum update, baru tau kalo nambah fiturre
    langsung meluncur update :-d

    ReplyDelete
  2. Ada fitur ganti font jadi bold dan italic juga kan mbaakk

    ReplyDelete
  3. 3,4,5,6,7 udah semua dari dulu sih... uda ada setahunan lebih...
    Yanh bener-bener baru yang 1. Filter, sama 2, hapus pesan yang lawan juga kehapus.

    ReplyDelete
  4. Yang foto tanpa ngurangin kualitas Keknya berguna banget buat aku

    ReplyDelete
  5. Aku nyoba yang hapus pesan setelah telanjur kekirim..kok blm bisa ya mba.. gimana to caranya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. ditahan pesannya agak lama nanti pasti muncul popup kayak yang digambar itu mba... trus ada menu pilihannya...

      Delete
  6. wah, aku banyak ketinggalan, hiiiks

    ReplyDelete
  7. Yuhu, udah upgrade juga dong :D

    ReplyDelete
  8. Wah no 2 dan no 6 saya baru tau. Jadi pengen nyoba juga hihihi

    ReplyDelete
  9. Kalau hide privacy itu biasanya buat menghindari orang2 tertentu mbak. Jadi chatnya udah kebaca/belum kan ngga ketauan..

    ReplyDelete
  10. Asyiikk makin jadi favorit nih WhatsApp

    ReplyDelete
  11. Jadi langsung update nih, habis baca artikel ini

    ReplyDelete
  12. Sekarang jadi banyak banget ya fitur di Whatsapp, dan semuanya jadi lebih memudahkan penggunanya. :D

    ReplyDelete
  13. Yang ngehapus itu loh yang b8k8n penasaran..

    ReplyDelete
  14. Eh, iya si emojinya makin hidup. Dan aku malah ketawa sendiri lihat si emoji miring ke kanan. Harus update whatsup nih aku mba.

    ReplyDelete

Terimakasih sudah berkomentar yang sopan dan membangun. Jangan bosan untuk berkunjung lagi ya. :)