Memandikan Bayi Ternyata Dapat Menstimulasi Otak, Lho!

Tuesday, 31 July 2018

Memandikan Bayi Ternyata Dapat Menstimulasi Otak

Memandikan Bayi Ternyata Dapat Menstimulasi Otak - Saya yakin bahwa sebagian besar ibu-ibu di dunia ini bahkan termasuk saya ada yang masih belum memahami pentingnya memandikan bayi sendiri ketimbang menyuruh orang lain. Memandikan bayi oleh orang tuanya sendiri ternyata dapat menstimulasi otak, lho! Percaya?

Sebagian besar orang tua masih menganggap remeh yang namanya memandikan bayi. Penelitian menunjukkan stimulus multisensorik berperan penting pada tumbuh kembang sang buah hati, yakni pada awal kehidupan bayi di bawah umur tiga tahun. Stimulus multisensorik tersebut salah satunya dialami bayi saat mandi. (Sumber: https://www.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20150302094538-255-35952/cara-benar-memandikan-bayi-agar-si-kecil-semakin-pintar)

Sebenarnya tidak perlu repot-repot menyiapkan segala perlengkapan mandi yang mahal ataupun mainan ini itu untuk mandi. Cukup dengan membuat bayi merasa senang dan riang saat mandi itu sudah dapat memberi stimulus multisensorik. Karena percaya deh, manfaat memandikan bayi tersebut tidak hanya sekedar membersihkan tubuh tetapi juga bisa turut menentukan masa depan si anak. Percaya ataupun tidak, saya telah membuktikannya sendiri.

Lalu, bagaimana caranya? Berikut adalah cara memandikan bayi supaya dapat merangsang kecerdasan si anak dimasa depan:

1| Ciptakan Suasana Mandi Yang Nyaman Supaya Bayi Merasa Senang
Memberikan kenyamanan pada bayi saat mandi diantaranya dengan memberikan aroma yang wangi untuk bayi. Misalkan, aroma sabun ataupun shampo yang wangi dapat memberikan rasa nyaman dan menyenangkan untuk bayi.

Gak usah jauh-jauh deh, kita saja yang orang dewasa kalau mandi menggunakan sabun yang wangi itu rasanya jadi nyaman dan senang, kan? Nah, begitupun yang dirasakan bayi. Bayi menjadi lebih aktif dan lebih banyak mengajak berinteraksi dengan kita.

Nah, aroma ini juga berdampak pada perilaku bayi sebelum tidur. Biasanya bayi yang dimandikan dengan sabun yang beraroma wangi bisa lebih tenang pada saat akan tidur, bahkan bisa menghabiskan waktu 25% lebih sedikit untuk menangis sebelum tidur.

Bicara soal wangi, saya punya rekomendasi toiletries baby termasuk sabun, shampo dan lotion yang wanginya enak banget. Nanti ya saya share di bawah. Sekarang baca dulu tulisan manfaat memandikan bayi ini ya. 😘

2| Dengan Mandi Dapat Membantu Tumbuh Kembang Bayi
Salah satunya dapat dilakukan dengan sentuhan dan pijatan rutin pada saat mandi ataupun setelah mandi. Sebagaimana yang kita tahu bahwa memijit bayi itu banyaaaaak sekali manfaatnya, bukan? Selain memang memberikan efek positif terhadap tubuh bayi juga dapat membantu meningkatkan kinerja kognitif otak alias kecerdasan serta kewaspadaan dan perhatian si anak.

Manfaat pijat bayi, diantaranya:
  • Membuat bayi tidur lebih nyenyak,
  • Menguatkan otot bayi,
  • Meningkatkan frekuensi menyusu,
  • Membangun bonding dengan ibu,
  • Membantu bayi lebih rileks,
  • Melatih kepekaan saraf dan indra peraba,
  • Mendukung pertumbuhan otak bayi,
  • dll.

Bayi yang rutin diberi sentuhan dan pijatan oleh ibunya memiliki kemungkinan 50% lebih besar dalam melakukan kontak mata dengan ibunya. Nah, kontak mata merupakan salah satu bentuk komunikasi awal yang baik antara bayi dan ibunya. Selain itu juga bayi dapat lebih besar kemungkinannya untuk berekspresi secara positif.

Selain aroma yang wangi, permainan seperti cipratan air pun dapat membantu menstimulasi otak bayi. Permainan seperti ini membantu bayi mengembangkan koordinasi antara tangan dan mata.

3| Dengan Mandi Bayi Banyak Belajar
Salah satu aktifitas yang paling mudah dan dapat dilakukan oleh orang tua saat memandikan bayi adalah dengan mengajaknya berbicara. Menurut penelitian, bayi yang lebih banyak diajak bicara pada saat mandi dapat memiliki kosakata yang lebih banyak pada saat menginjak usia dua tahun. Jumlah kata yang didengar anak hingga usia tiga tahun konon memiliki korelasi dengan keberhasilan akademis mereka nantinya.

Kalau saya sih percaya bahwa beda anak itu beda pintar, beda pula cara didik orang tuanya. Tapi, untuk mendukung perkembangan si buah hati, kenapa tidak untuk melakukan hal-hal baik yang dapat mempercepat tumbuh kembangnya, toh? Yang perlu diingat adalah kalau menurut saya tidak ada suatu keharusan dalam ilmu parenting, sesuaikan saja segala sesuatunya dengan situasi dan kondisi masing-masing, betul? 😘

Dan menyoal mengajak bicara bayi pada saat mandi saya membuktikannya sendiri. Anak pertama saya, Abimanyu, pada usia 12  bulan sudah bisa mengucapkan mama, papah, bude, pakde. Dan pada usianya yang 14 bulan sudah bisa berbicasa satu sampai dua kata. Dan sekarang pada usianya yang 23 bulan saat ini sudah lancar berbicara, sudah bisa mengekspresikan kemauannya melalui kata-kata, bahkan sudah mengerti saat saya mintai bantuan. Ini mah emaknya aja yang seneng nyuruh-nyuruh HAHAHA.

***

Nah, untuk melengkapi itu semua saya mau sharing tentang toiletries baby dari Watson yang wangi banget nih. Karena wanginya ini cocok buat mandi si kecil supaya ceria sekaligus sebagai media yang dapat membantu menstimulasi otak bayi.

Jadi, akhir-akhir ini saya lagi mencoba beberapa produk toiletries baby dari Watson yaitu sabun mandi, shampo, body lotion, baby oil dan hand wash. Dan semuanya wangiiiiii banget, wangi bayi tapi seger dan manis gitu, pokoknya laaaff banget deh sama wanginya ini. Dan yang paling penting telah teruji secara dermatologi.

Review Toiletries Baby Watson


Saya ceritakan satu-satu ya.

Watson Gentle Baby Bath
Kemasannya cukup besar yaitu 500ml, biasanya saya bisa pakai sampai satu bulan. Kalau dilihat dari kemasannya, watson gentle baby bath ini tidak mengandung Alcohol, Soap, Paraben, Silicone, Mineral Oil, Phenoxyethanol dan Sodium Lauryl Sulfate (SLS). Watson gentle baby bath ini mengandung juga Vitamin E.

Review Toiletries Baby Watson


Aromanya harum sekali, wangi bayi dan menyegarkan gitu. Dan yang terpenting berbusa, entahlah saya lebih senang sabun yang berbusa karena lebih terasa bersihnya dibanding yang tanpa busa serasa gak mandi lengket. πŸ˜„Tapi, satu yang disayangkan kalau kena mata pedeees buibu, Abimanyu sering kena mata dan langsung minta disiram. πŸ˜…

Watson Gentle Baby Shampoo
Sama halnya dengan sabun, baby shampoo pun cukup besar kemasannya yaitu 500ml. Mengandung Olive Oil dan Wheat Germ Extract.

Review Toiletries Baby Watson


Aromanya juga harum, kalau dilihat dari kemasannya baby shampoo ini tidak mengandung Alcohol, Soap, Paraben, Silicone, Phenoxyethanol, Mineral Oil dan Sodium Lauryl Sulfate (SLS).

Watson Moisturising Baby Oil
Mengandung Vitamin E dan Non-Greasy formula, baby oil dengan kemasan 250ml ini biasa saya gunakan untuk memijat tubuh anak-anak. Supaya kulit tetap lembab dan wangi agar tidurnya nyenyak.

Review Toiletries Baby Watson

Kalau dibaca dari how to use-nya sih dipakai pada saat kulit masih basah sebelum dilap handuk, biar kulit terasa lembabnya. Ini juga saya coba, dan emang setelah dilap handuk lembab banget kulitnya kenyal gitu.

Watson Moisturising Baby Oil ini tidak megandung Alcohol, Paraben, Colorant, Phenoxyethanol dan Isothiazolinone (MIT, CMIT, BIT).

Watson Gentle Baby Lotion
Baby lotion ini mengandung Vitamin A dan E, saya gunakan setiap habis mandi. Pokoknya favorit soalnya wanginya enak dan yang jelas lembut dan gak lengket di kulit.

Review Toiletries Baby Watson


Ke-empat produk Watson di atas kalau menurut saya mempunyai keharuman yang mirip-mirip gitu ya, tapi yang jelas harum dan menyegarkan kalau buat bayi.

Watson Rose & Orchid Scented Gel Hand Soap
Intinya ini adalah sabun cuci tangan ya, dan Alhamdulillah kepake banget buat kami sekeluarga terutama Abimanyu yang doyan ngemutin tangan karena dia sehari ada kali cuci tangan lebih dari 20 kali HAHAHA.

Jadi, sedikit cerita nih. Abimanyu dari kecil suka ngemutin kedua jari tangannya (telunjuk dan jari tengah) kalau pengin minum susu dan mau tidur. Nah, karena sekarang anaknya lagi aktif banget jadi dia senang mainan tanah dan pegang benda apaaaa aja termasuk benda-benda kotor berdebu disekitarnya lalu tiba-tiba tidur dikasur dan ngenyotin tangan. Kumaaan dong dengan mudah masuk ke mulutnya, maka dari itu kalau habis mainan saya selalu mengajaknya ke kamar mandi dan cuci tangan. Dan dia suka pakai sabun biar wangi.

Review Sabun Cuci Tangan Watson


Nah, gel hand soap Watson ini jadi salah satu favoritnya. Soalnya wangiiiiii. πŸ˜™

Jadi, begitu ya buibu banyaaak sekali manfaat mandi dengan wangi-wangian yang menyegarkan terutama untuk tumbuh kembang si kecil.

Pokoknya yang penasaran dengan wanginya langsung aja cus beli di Watson, atau kalau pun males beli ke store-nya langsung bisa banget beli secara online di Watson Online. Tinggal download aja aplikasinya di Google Play ataupun Apple Store.

Justru kalau beli online itu gampang banget kita bisa tahu yang masih/ sudah sold out stock-nya. Sama halnya seperti store offliene-nya Watson Online ini juga lengkap kategori produknya dari mulai cosmetic, skin care, health, baby, personal care, dll. Selain itu kelebihan lainnya adalah Watson Online ini sudah menjangkau 10 area yaitu: Jawa, Bali, Medan, Palembang, Bandar Lampung, Pontianak, Balikkpapan, Samarinda dan Makassar. Produknya original, pengiriman cepat, Aplikasi yang mudah digunakan, banyak promo menarik, ada promo khusus member.

Pengalaman berbelanja di Watson Online


Bicara soal promo kamu bisa mendapatkan diskon 20%  tanpa minimum pembelian dengan menggunakan kode voucher SUPER20 dan khusus untuk member dan membeli produk-produk Watsons akan mendapatkan 2x point, point akan terakumulasi dan dapat di redeem. Tinggal masukkan saja kode SUPER20 pada saat checkout dan langsung deh kepotong, doubel-double dah diskonnya. 😍

Diskon kemerdekaan Watson


Tuhkan, mayan banget pokoknya. 😍Hayooo, yang penasaran cus aja langsung download aplikasinya, register dulu ya jangan lupa dan belanja belanji yang dimau. Ini toiletries baby lagi banyak diskon, mayan yang isinya gede-gede banyak diskonnya dan gak habis dua bulan kalau dipakai. πŸ˜‚

Oiya, lagi ada program kemerdekaan tuh 1-8 Agustus 2018 ada diskon up to 88% tapi produk tertentu ya. Ada free totebag & pouch juga untuk 250 customer pertama di tanggal 8 Agustus 2018, kemudian ada buy 8 pay 4 special bundling khusus tanggal 8 Agustus 2018 beli 8 Face Mask Own Brand Watson hanya bayar 4 produk, free member card untuk 200 untuk pembeli pertama. Dan ada top spender program dengan berbelanja sebanyak-banyaknya di Watson Online dan berkesempatan memenangkan hadiah kamera Fujifilm XA-10, Smartphone Vivo V9 dan Oppo F7. Informasi lebih lengkapnya bisa kunjungi : http://bit.ly/88_shopathon.

Yasuda, segitu dulu deh sharing-nya ya. Mau mandiin bayi-bayi dulu nih, air angetnya sudah siap. πŸ˜‡



12 comments:

  1. Aku juga seneng mandiin anak kalau perlengkapannya wangi, jadi sambil mandi bisa sambil main-main

    ReplyDelete
  2. Aku mah salfok; terpesona senyumnya Abim. Hihihi

    ReplyDelete
  3. Halo Abim ganteng, seger banget mandinya ya. Wah onty jg mau kasih tau Piki buat pakai Watsons juga, makasih sharingnya ya ..

    ReplyDelete
  4. Hmm watson yaaa. ... :( ada pengalaman jelek ama toko onlinenya. Tapi toko offlinenya masih oke laaaa :). Jd aku lbh seneng beli lgs ke tokonya.. Kdg memang dpt hrg lbh baguuus drpd toko sebelah kyk guardian ato century. Anak2ku juga seneeeng banget kalo udh mandi mba. Apalagi yg bungsu suka maen air.. Dulu pas bayi slalu dipijit. Skrpun dia msh seneng dipijit sebelum mandi dan sebelum tidur :)

    ReplyDelete
  5. Saya yakin kegiatan sederhana sekalipun bisa jadi bonding time dan stimulasi anak kalau dilakukan dengan tulus. Apalagi kalau pakai sabun yang lembut dan harum, bikin waktu mandi tambah seru :D

    ReplyDelete
  6. Jaman Raya awal2 ke daycare, aku selalu mandiin Raya subuh2 hahahaha biar bondingnya tetep kejaga. Tapi lama2 kok kesian ya, mandi subuh2.. akhirnya merelakan dimandiin di daycare aja.... Sesi mandi kalau masih kecil gitu emang seru, bisa sambil maen2 asal jangan kelamaan bisi kabulusan :D
    Btw itu kok unyu banget kemasannya hahahah, yg doyan emaknya ini mah.. abis lucu gambar binatang2 :D

    ReplyDelete
  7. woww watson ada produk baby care nya juga ya? ko aku baru tau.. hihihi.. tfs mbaak

    ReplyDelete
  8. Salah satu momen yang saya suka saat anak-anak masih kecil. Memandikan mereka. Kayaknya mereka happy banget saat mandi termasuk ketika masih bayi

    ReplyDelete
  9. Lengkap ya produknya, duuh ini mah bisa buat betah mandi abim, nanti gak mau selesai mandinya.

    ReplyDelete
  10. ga ada produk trialnya ya, biar free gitu, kalo cocok pake, hahahahahahahangarep ����

    ReplyDelete

Terimakasih sudah berkomentar yang sopan dan membangun. Jangan bosan untuk berkunjung lagi ya. :)