Panduan Anti Bingung Untuk Kamu Yang Baru Pertama Kali Naik Pesawat

Saturday, 22 December 2018


Panduan Anti Bingung Untuk Kamu Yang Baru Pertama Kali Naik Pesawat - Bagi saya di Tahun 2012 yang lalu, naik pesawat adalah hal yang sangat luar biasa. Ya, karena itu adalah pengalaman pertama kali saya naik pesawat. Maklum naik pesawat terbang tentu saja rasanya berbeda dengan naik mobil ataupun kereta api, kan? Terbang di awang-awang tanpa tahu arah jalan pulang. *malah nyanyi* 😆Dengan segala prosedurnya, dengan keriuhan bandaranya dan tentu saja dengan pesawatnya.

Jujur waktu itu kalau berangkat sendiri bakalan bingung banget saya, ya karena prosedur naik pesawat kan gak segampang naik bus tinggal selonong ya HAHAHA. Untungnya perjalanan pertama saya dengan pesawat waktu itu adalah bagian dari perjalanan dinas kerja saya, jadi saya dan dua orang teman senior yang berangkat.

Nah, mumpung masih inget nih siapa tahu ada diantara kamu juga yang bingung naik pesawat karena baru pertama kalinya, kan? Sesekali bikin postingan yang gak curhatlah ya ini HEHE. Berikut panduan anti bingung untuk kamu yang baru pertama kali naik pesawat:

1| Beli tiket jauh-jauh hari untuk mendapatkan harga yang lebih murah
Banyaknya situs booking tiket online mempermudah kita untuk membeli tiket jauh-jauh hari dengan menyesuaikan budget yang kita punya. Karena kita bisa survei dan membandingan terlebih dahulu harga tiket maskapai satu dengan yang lainnya. Dan sebaiknya kamu membeli tiket jauh-jauh hari sebelum tanggal keberangkatan.

Nah, setelah kamu menentukan untuk naik maskapai yang mana. Kemudian segeralah isi formulir pemesanan lalu membayarnya. Setelah konfirmasi selesai biasanya tiket akan dikirimkan melalui email berikut dengan kode booking-nya. Kode booking ini gunanya untuk mencetak boarding pass saat kamu check-in di bandara ataupun check-in online di website maskapai. Karena beberapa maskapai ada yang bisa check-in online. Jadi, kita bisa menentukan dan memilih tempat duduk kita sendiri. Kelebihan check-in online ini diantaranya adalah biar kita gak perlu antri check-in di bandara, tapi perlu diingat untuk kamu yang tidak punya barang bawaan yang akan masuk bagasi loh ya. Kalau punya, ya harus antri check-in.

2| Gunakan Airport Transfers untuk mempermudah transportasi ketempat tujuan setelah sampai di bandara
Karena kamu baru pertama kali naik pesawat dan baru pertama kali juga berkunjung ke kota/ negara tujuan dan tidak mau direpotkan dan khawatir dengan urusan taxi ataupun mobil penjemputan, maka bisa loh ternyata memesan mobil antar jemput bandara jauh-jauh hari. Ini kalau menurut saya memudahkan banget, jadi pas sampai bandara tujuan gak bingung kayak orang ilang. Karena pas waktunya sampai pasti sudah ada yang standby menjemput.

Sebenarnya ini cocok banget buat kamu yang sedang dalam perjalanan bisnis dan tidak ada waktu untuk menunggu antrian taxi ataupun menunggu datangnya taxi online yang sampai saat ini juga belum diperbolehkan untuk masuk ke area bandara (kalau di Indonesia).

Namanya Airport Transfers, kita dapat memesan jauh-jauh hari armada untuk penjemputan kita di kota/ negara tujuan. Yang saya tahu sih Traveloka menyediakan ini juga, jadi kamu bisa memesan secara online. Kalau mau tahu caranya bisa dilihat di sini: https://www.traveloka.com/en/airport-transfers. Samalah caranya seperti kalau kita memesan tiket di Traveloka.


Ada beberapa mitra dari airport transfers ini, salah satunya adalah Conxxe. Conxxe (dibaca conn-ex-e) ini adalah layanan transportasi bandara yang cukup terkemuka dan luas yang berpusat di Brighton, Inggris. Conxxe Transfers ini juga bekerjasama dengan puluhan mitra global mulai dari maskapai penerbangan, hotel, dan agen perjalanan konvensional ataupun online travel agencies (OTA).

Kelebihan dari Conxxe Airport Transfer, diantaranya:
  • International coverage area, untuk pelanggan yang bepergian ke luar negeri yang bisa digunakan dibeberapa negara tujuan, seperti Singapura, Australia, Jepang, Korea Selatan, Arab Saudi dan masih banyak lagi negara yang masuk ke dalam area layanan Conxxe,
  • Layanan 24 jam, dengan waktu penjemputan yang fleksibel,
  • Pengemudi yang siap siaga sebelum waktu penjemputan, bahkan saat penerbangan kita delay sekalipun pengemudi akan menunggu. Kemudian jika kita pergi ke luar negeri tidak perlu khawatir, karena Conxxe pasti akan menawarkan layanan yang mencakup kru yang bisa berbahasa Inggris,
  • Tidak ada antrian di bandara yang bikin galau, nyita waktu dan biasanya bikin emosi juga, 😅
  • Titik penjemputan yang aman dan nyaman,
  • Door-to-door service, dari depan pintu ke bandara, atau dari bandara ke tempat tujuan,
  • All-inclusive price, yang mencakup tol dan parkir, kita juga tidak perlu khawatir dengan biaya tambahan lainnya.

Buat kamu yang gak mau bingung dan khawatir tentang armada penjemputan, Conxxe Airport Transfers ini merupakan alternatif terbaik untuk melakukan antar-jemput bandara. Ini sih menolong banget ya. Anti bingung dan anti ngantri dan yang penting gak bikin emosi hihihi. 😁

Jadi, buat kamu yang mau menggunakan Conxxe Airport Transfers ini silakan bisa langsung kepoin webnya Traveloka. 👌

3| Ketahui kebijakan maskapai tentang kuota bagasi gratis
Penting banget mengetahui kuota bagasi dari maskapai yang akan kita gunakan. Terutama buat kamu yang mau travelling jauh dan membawa oleh-oleh ataupun membeli barang-barang di kota/ negara tujuan. Dengan mengetahui kebijakan maskapai tentang kuota bagasi gratis ini kita bisa menghindari over bagasi ya, karena kan kalau bayar lagi untuk bagasi biasanya dikenakan harga yang lebih mahal. Kalau saya sih sayang aja gitu uangnya. 😁

4| Satu jam sebelum waktu keberangkatan harus sudah ada di bandara
Karena ada beberapa hal yang perlu diurus terlebih dahulu sebelum kita masuk ke pesawat, maka usahakan datanglah lebih awal satu jam sebelum waktu keberangkatan yang tertera ditiket. Informasi tentang kode booking, waktu, gate, dan terminal biasanya akan ada di print out tiket elektronik yang kita dapatkan.

Jangan lupa juga untuk membawa print out elektronik yang dikirimkan ke email kita, kadang saya suka lupa untuk ngeprint. Tapi, bisa juga sih menunjukkan file print out yang kita terima melalui email tersebut dari HP kita ke petugas bandaranya.

Selain itu juga akan ada pemeriksaan metal detector terhadap barang bawaan yang kita bawa, maka dari itu usahakan jangan bawa benda tajam lagi berbahaya ya. Kadang potongan kuku aja disita loh.

5| Jangan lupa antri check-in di loket sesuai dengan maskapai yang digunakan
Check-in merupakan prosedur resmi yang wajib dipatuhi oleh setiap penumpang, guna mencatat setiap penumpang yang ada dalam pesawat. Jangan lupa untuk tunjukan kode booking yang ada pada e-ticket atau print out tiket elektronik dan identitas diri seperti KTP dan paspor (untuk yang melakukan perjalanan ke luar negeri).

Pada proses check-in barang yang kamu bawa juga akan ditimbang untuk masuk ke bagasi pesawat. Nah, tapi jika kamu tidak membawa barang yang tidak akan dimasukkan ke bagasi pesawat, maka check-in online bisa menjadi solusi yang tepat dan cepat.


Dalam proses check-in, kita akan menerima boarding pass yang berisi informasi mengenai nomor penerbangan, nomor kursi di pesawat, termasuk nomor gate (pintu) keberangkatan sebagai tanda masuk ke dalam pesawat.

Setelah proses check-in selesai, maka kita akan diminta untuk membayar airport tax sesuai dengan tarif yang berlaku. Setelah itu baru masuk ke boarding room.

6| Tetap waspada dan dengarkan setiap pengumuman mengenai status penerbangan pesawat
Ruang tunggu untuk masuk ke pesawat biasanya dipisahkan berdasarkan gate. Sebelum memasuki ruang keberangkatan, biasanya kita harus melalui proses pengecekan barang dengan metal detector terhadap barang bawaan. (lagi)

Pastikan kamu mendengarkan setiap pengumuman mengenai status penerbanga pesawat, supaya pesawatmu tidak terlewat. Nah, ketika mendengar pengumuman untuk masuk pesawat maka bangun dan bergegaslah mengantri di depan pintu boarding yang telah ditentukan. Jangan lupa mematikan ponsel, siapkan KTP dan boarding pass.

Dan tibalah saatnya kamu naik pesawat. Saat masuk ke dalam pesawat pastikan kamu harus rileks, setelah duduk pakailah sabuk pengaman dan jangan panik. Awak pesawat akan selalu siap siaga dan memberikan petunjuk keselamatan penerbangan.


Setelah landing, bersiap-siaplah untuk mengambil barang bawaan ditempat pengambilan bagasi kalau kamu memang memasukkan barangmu ke bagasi pesawat. 

Nah, itulah beberapa panduan anti bingung untuk kamu yang baru pertama kali naik pesawat. Intinya jangan takut dan selalu bertanya kepada petugas bandara jika menemukan kesulitan.

Selamat terbang! ✈



43 comments:

  1. Dulu-dulu kalo baru landing suka bingung, apalagi kalo bandara tujuan adalah daerah yang baru kita kunjungi. Yang bikin bingung adalah serbuan para driver taksi gelap yang menawarkan jasa antar dari bandara ke lokasi tujuan. Tapi sekarang ada kemudahan ya mba, bisa pesan online jauh-jauh hari sebelumnya. Bisa disesuaikan dengan jumlah orang. Eh ternyata bisa reschedule juga kalo terjadi perubahan jadwal pesawat, misalnya. Jadi gak bingung-bingung lagi deh!

    ReplyDelete
  2. walopun bisa dibilang aku naik pesawat udah dari bayi, tetep aja, naik pesawat itu selaluuu bikin aku excited :). pergi ke bandara, walo hanya nganter ato jemput sodara, itu aja udh bikin happy mba. saking cintanya aku traveling dgn pesawat terbang kali yaaa. makanya pilihan transportasi favoritku, sebisa mungkin ya pesawat.lebih menghemat waktu juga, lbh aman juga sebenernya

    ReplyDelete
  3. Asik naik pesawat pertama kali. Ada sensasi berbeda dan menyenangkan.

    ReplyDelete
  4. Aku dari kecil udah naik pesawat krn ayahku kerja di maskapai penerbangan jadi waktu dulu suka dapat tiket gratis

    ReplyDelete
  5. Aku juga mau ah cerita di blogku pengalaman pertama bawa bayi naik pesawat

    ReplyDelete
  6. Waaaoo baru tau saya dengan Conexxe ini. Membantu banget mah si Conexxe ini :)
    Saya juga baru pertama kali naik pesawat setelah gede hahaha, pertama kali bawa bayi juga saat bayi masih 9 bulan.
    Deg-degan banget karena terbangnya pakai pesawat kecil yang ada baling-balingnya gitu hahaha

    ReplyDelete
  7. baru tahu airport transfer dan utamanya yang conexxe memudahkan banget ini ya mba apalagi bisa ordernya di traveloka makin seneng travelling deh

    ReplyDelete
  8. Naik pesawat, kadang yang bikin deg-degan kalau sampai di atas ternyata cuaca berubah buruk, takut banget, ahahaha
    Conexxe baru dengar nih aku, bagus ya, jadi memudakan

    ReplyDelete
  9. wah asyik juga ya gak usah antri nunggu taksi yang suka lama apalagi kalau musim liburan smeua orang mau naik taksi

    ReplyDelete
  10. pertama kali naik pesawat beli sampe 2 minggu sebelumnya dan belinya di loketnya langsung nggak online dapet 800 ribuan gitu dah tujuan semarang-bengkulu. nggak beli online takutnya salah hihihi

    ReplyDelete
  11. Ini berguna banget buat yang pertama kali ke Soekarno Hatta ya Mbak. Pesannya mudah pula.

    ReplyDelete
  12. Bermanfaat bangeeet.. Saya orangnya bingungan soalnya. Jadi pas mau flight pasrah srah sama suami, hehe.

    Thanks for sharing, salam kenal ��

    Nabila

    ReplyDelete
  13. auto follow blognya mbak, karena sama-sama tentang travelling hehe.
    Dulu waktu Ujame pertama-tama travelling juga bingung setelah keluar bandara mau kemana, kalau yang suka bolang sih woles aja ya, tapi kalau yang takut kesasar apalagi bawa keluarga, pesan armada itu penting banget sih :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wow terimakasih :)
      Tapi ini blognya campur-campur sih hihihi...

      Iya kalau yang suka bolang mah woles aja, soalnya kan niatnya explore. Kalau yang lagi buru-buru atau takut nyasar, bisa tuh jadi alternatif hihi

      Delete
  14. Boleh tuh pake fasilitas traveloka,jd g perlu antri taksi lg di bandara

    ReplyDelete
  15. Infonya bermanfaat banget ini untuk aku yang belum pernah naik pesawat terbang. Kalau di kampung saya, kebanyakan yang pergi naik pesawat itu para TKI yang akan bekerja di luar negeri.

    ReplyDelete
  16. Inget banget tahun 2016 pertama kali aku naik pesawat dan itu nanya-nanya terus sebelum keberangkatan haha.

    ReplyDelete
  17. keren juga nih, perjalanan pertama ku naik pesawat di tahun ini gegara iseng ikut tes pegawai. rasanya menegangkan tapi ku tulis juga di blog pribadi

    ReplyDelete
  18. Pertama kali naik pesawat kelas 6 SD dan nama airlinenya Simpati Air, belum pernah denger kan?

    ReplyDelete
  19. Aku sering nunggu lama di bandara krn ga pernah pergi utk urusan bisnis..selalu nyantai aja sih hehe..jd ga pernah pesen airport transfwr. Mingkin suati saat nanti perlu ya...makasih infonya..

    ReplyDelete
  20. Informasi yang bermanfaat bagi yang belm pernah terbang naik pesawat nih. Apalagi bagian mendengarkan informasi mengenai penerbangan kita. Jangan sampe ketinggalan pesawat deh :)

    ReplyDelete
  21. Walaupun udah beberapa kali naik pesawat, saya masih suka bingung kalau mau naik pesawat karena mungkin naik pesawat terhitung jarang, nggak setahun sekali juga

    ReplyDelete
  22. Aku juga suka pesen taksi dr bandara langsung mb
    Serasa lebih resmi

    ReplyDelete
  23. Pesawaaatkuuu~
    Terbang ke bulaan...

    Gitu kata mba Memes.

    Dan aku pernah mengalami kejadian yang bikin jantung mau copot saking teledornya.
    Karena enggan berpisah dengan Ibu dan mas di Surabaya, jadi aku sengaja mengulur waktu. Ternyata pas check-in, mbak nya gak mau ngelayanin aku. Karena katanya, pesawatku uda siap terbang.

    Alhamdulillahnya,
    ada orang dalem yang bantu.

    Subhanallah~

    ReplyDelete
  24. Makasih sharingmya mba. Memang kalau jarang berpergian jangankan naik pesawat, naik bis aja deg degan ya hehehe

    ReplyDelete
  25. Baru tahu dengan Conxxe ini. Biasanya saya pake taksi biasa aja. Bisa di kota mana pun ini? Kudu ngecek di Traveloka dulu kayaknya ya. Noted!

    ReplyDelete
  26. Memang it takes a while to enjoy your flight hehehe.. yang penting know your trip, pay attention and manage your time

    ReplyDelete
  27. Jadi inget pertama kali naik pesawat sendirian Jogja-Jakarta pas masih SMU. Nyampe di soekarno-hatta yg luas banget mau nangis, bingung kudu kemana akunyaa hahhaaa

    ReplyDelete
  28. Sama kayak mba Fanny.
    Sampai detik ini juga kalau nai pesawat masih saja super excited.
    Karena banyak sekali momen yang tak terduga menunggu di depan sana.
    Kalau aku, sudah gak sabar aja pengen melihat formasi awan, HAHAHA.
    ... dan berdoa semoga cuaca cerah.
    Soalnya sudah 'gatal' pengen jepret :)

    ReplyDelete
  29. Buat yang udah sering naik pesawat... dateng ngepres2 ga masalah ya mba wkwk saya pernah hampir telat dan untuuung aja ternyata delay ��

    ReplyDelete
  30. Aku jadi ingat awal naik pesawat tuh agak kagok mba. Soalnya pertama kali trus perjalanan Ambon Surabaya. Sampe nggak tahu cara pasang sabuk pengaman di pesawat. Tapi heheh setidaknya sudah melewati masa itu . Makasih tipsnya mba :)

    ReplyDelete
  31. Ini postingannya manfaat banget kak, soalnya kadang org suka malu untuk bilang belum pernah naek pesawat sebelumnya, jadi baca ini pas banget deh

    ReplyDelete
  32. Aku kemaren pas di bandara langsung nanya ke satpam mbak. Nanya segala.macam kisamya ruangan bording pass dll

    ReplyDelete
  33. Paling malas tuh kalo antri ngambil bagasi. Kadang barangnya nggak ngumpul jadi satu terutama kardus oleh-oleh suka terpisah

    ReplyDelete
  34. Aku kok belum pernah ya pakai airport transfer tadi Han, penasaran nih pengin nyobain.
    Dan yang paling males adalah nungguin bagasi keluar, selalu harap-harap cemas saat kopor tak muncul-muncul :)) Makanya sekarang kalau pergi ga lama-lama amat, bawa koper yang masuk kabin ajah ;)

    ReplyDelete
  35. Belakangan ini aku kalo beli tiket justru seringnya dadakan, maklum ide ngetripnya juga suka datang tiba-tiba, hehehe..

    Btw, ini tipsnya helpful banget, Hand.

    ReplyDelete
  36. Wah ini bakalan aku baca ulang kalau aku mau bepergian naik pesawat lagi. Tfs Mak.

    ReplyDelete
  37. Aku dulu ya gak ngerti apa-apa saat pertama kali naik pesawat. Ngintil suami aja, hihihi. Padahal suami juga pertama kali naik pesawat waktu itu 😄
    Btw TFS, Mbak.

    ReplyDelete
  38. Aku udah lumayan sering sih naik pesawat. Tetap aja exciting tiap kali mau naik lagi hehehe...

    ReplyDelete
  39. Bermanfaat sekali ulasannya. Iya, kadang kalau baru pertama kali datang ke satu bandara suka bingung sendiri. Lewat mana mau keluar, gimana pesan taxi, dll.

    ReplyDelete
  40. nomer 5 ini temanku pernah kelewat. Dia udah antre ruang tunggu barulah sadar belum check-in. Untung aja enggak ketinggalan pesawat.

    ReplyDelete
  41. aku baru tau informasi tentang airport transfer ini. Thank you mba buat tipsnya.

    ReplyDelete

Terimakasih sudah berkomentar yang sopan dan membangun. Jangan bosan untuk berkunjung lagi ya. :)