Tuesday, 8 December 2015

Review Asus Zenfone Selfie ZD551KL : The Art of Selfie!



Review ASUS Zenfone Selfie

Review Asus Zenfone Selfie : The Art of Selfie – Jadi, sudah hampir 2 minggu saya menggunakan ASUS Zenfone Selfie. Selama mencoba smartphone yang satu ini banyak keunikan tersendiri bagi saya ketika mencobanya, karena smartphone ini tergolong sangat memuaskan kalau buat selfie.

Kenapa saya bilang memuaskan? Ya! Karena sesuai namanya ASUS Zenfone Selfie, smartphone ini mengunggulkan kamera depannya yang terbilang luar biasa yaitu 13 MP bahkan sepertinya baru ASUS ini yang mempunyai kamera depan smartphone dengan ukuran sebesar itu *cmiiw*. Jadi, bagi kamu-kamu yang doyan selfie seperti saya *ahaaayy XD* bakal seru banget memakai ASUS Zenfone Selfie ini.

Yuk akh tanpa intro yang berpanjang lebar, simak pengalaman saya selama menggunakan ASUS Zenfone Selfie saja yuk!

Review ASUS Zenfone Selfie : The Art of Selfie!


1| Spesifikasi
Sumber : http://www.gsmarena.com/asus_zenfone_selfie_zd551kl-7261.php

2| Paket penjualan

Kelengkapan Box ASUS Zenfone Selfie

Paket penjualan ASUS Zenfone Selfie terdiri dari:
-          Smartphone ASUS Zenfone Selfie,
-          Adapter,
-          Kabel USB,
-          Buku Panduan,
-          Kartu Garansi.

Tapi, saya bingungnya kok gak ada earphone-nya ya hehehe...Begitupun dengan Fonepad 7 yang sebelumnya pernah saya review. Tapi, gak masalah sih sebenarnya karena kita tetap bisa membeli earphone original ASUS tersebut harganya juga lumayan terjangkau kisaran Rp 75.000,-. No problemo lah ya cuma earphone doang mah hihihi....

3| Desain dan Body Yang Berkesan Mewah
ASUS Zenfone Selfie mempunyai layar berukuran 5,5 inch dengan desain body hampir sama seperti pendahulunya. Tapi yang menarik disini adalah bagian belakangnya, sisi belakangnya melengkung menyesuaikan dengan kontur telapak tangan kita dan mempunyai tebal 3,9mm. Nyaman sih untuk digenggam, tapi masih nyaman digenggam sama kamu kok *gagal fokus* XD.

Design Body Belakang ASUS Zenfone Selfie

Kemudian, yang membuatnya unik nih tombol volume yang biasanya diletakkan di sisi kanan kiri pada Zenfone Selfie berada di bagian belakang, agak aneh sih ya bagi yang belum terbiasa. Tapi it’s OK-lah karena ini tiada lain tiada bukan memang untuk mempermudah penggunaan si penggunanya. Yang saya rasakan sih iya banget, jadi ketika saya telepon misalnya saya tidak perlu menjauhkan smartphone tersebut dari telinga saya hanya untuk memperkecil/ memperbesar volume. Karena tombol volume berada dibagian belakang jadi lebih praktis untuk menjangkaunya. Oiya, tombol volume ini juga berfungsi sebagai shutter foto.

Detail Bagian Belakang ASUS Zenfone Selfie

Untuk tombol power sendiri terletak di bagian atas, berdampingan dengan port jack audio. Untuk tombol power ini sendiri sih yang saya alami rada sulit ya untuk dijangkau dengan layar 5,5 inch ini, karena tangan saya kan unyu-unyu kakak hahhaa...Tapi, tidak perlu khawatir karena ASUS telah melengkapi Zenfone Selfie ini dengan yang namanya fitur ZenMotion.

Apa itu ZenMotion? Singkat kata Zen Motion itu fitur yang memungkinkan kita si pengguna cukup mengetuk atau melukiskan kode kuruf untuk membuka kunci atau aplikasi. Untuk menyalakan layar yang mati kita hanya tinggal mengetuk layar sebanyak dua kali maka secara otomatis layar akan menyala. Jadi, lebih mudahkan tidak mesti menggunakan tombol power?

Kemudian juga ZenMotion ini memungkinkan kita untuk melukiskan 6 huruf (W, S, e, C, Z dan V) dilayar untuk menjalankan perintah cepat (membuka aplikasi) tanpa harus repot-repot mengaktifkan layar atau menggunakan tombol power.

Keterangan:
-          W            : Untuk membuka Browser,
-          S              : Untuk membuka Kamera Depan,
-          e             : Untuk membuka Email,
-          C             : Untuk membuka Camera (Belakang),
-          Z             : Untuk menjalankan ASUS Boost,
-          V             : Untuk membuka Phone.

ZenMotion

Kemudian, untuk bagian depan sendiri tidak ada embel-embel logo ASUS. Bagian depan dilengkapi dengan Kamera Selfie yang super kuerrrren *harus lebay* dan tombol navigasi. Oiya, kemana gerangan logo ASUS? Noh, ada dibagian belakang coba deh lihat gambar yang sebelumnya.

Tampilan Kamera Depan ASUS Zenfone Selfie
Port USB ASUS Zenfone Selfie

Kemudian untuk port USB sendiri terletak dibagian bawah, ini sih samalah ya dengan smartphone kebanyakan.

4| Layar Yang Jernih Dengan dilengkapi Gorilla Glass 4
Jadi, layar Zenfone Selfie ini sangat jernih kalau menurut saya. Konon katanya layar yang super bright ini dilengkapi dengan IPS HD 1920 x 1080 pixel dengan 178 derajat wide view angle dan 403 ppi. Kemudian dilapisi juga dengan Corning Gorilla Glass 4 yang dapat menahan benturan karena jatuh apalagi kalau dibikin untuk talenan ih bisa banget ahhaha...Tapi saya sih sayang akh...

Oiya, pada kondisi remang-remang sekalipun juga masih OK lho buat selfie, apalagi diilengkapi dengan mode kamera low light yang dapat membuatnya lebih terang. OK soal kamera kita bahas setelah ini ya. Makanya ayo baca terus sampai habis hihihi...

Seperti smartphone pendahulunya ASUS Zenfone Selfie ini pun dilengkapi dengan layar splendid yang berfungsi untuk mengatur kecerahan layar sesuai dengan kebutuhan.

5| Performa Yang Memuaskan
Dipersenjatai dengan prosesor Qualcomm 64 bit Octa Core Snapdragon 615 (seri MSM8939) sudah barang tentu Zenfone Selfie ini tidak hanya digunakan untuk Selfie saja dong, untuk aktivitas mobile yang lainnya pun oke.  Mulai dari multitasking sampai koneksi jaringan. Lancaaarrrr! Buka tutup aplikasi, atau pindah dari satu aplikasi ke aplikasi yang lainnya pun mulus tanpa delay. Ditambah lagi Zenfone Selfie ini menyediakan 2 slot SIM Card, yang memungkinkan hidup standby bersamaan.

Ngomong-ngomong soal multitasking, saya membuka beberapa aplikasi sekaligus masih aman-aman saja sih sejauh ini. Panas atau tidak? Sejauh ini sih tidak terlalu panas, kalau hangat sih wajarlah ya sehangat cintaku padamu *lagi-lagi gagal fokus XD*. Tapi saya belum pernah coba untuk main game sih, karena saya gak suka nge-game hahha...Jadi, sorry untuk hal ini saya gak bisa kasih review.

Tapi kalau hanya dipakai untuk bersosial media, online, foto, menulis note ataupun menjalankan aktivitas mobile yang lainnya secara bersamaan sih recommeded-lah. Ditambah lagi dengan pilihan RAM 2GB/ 3GB dan Storage 16GB/ 32GB kebetulan punya saya yang 3GB RAM dan 32 GB Storage. Jadi, kalau cuma buat nyimpen file, foto dan install aplikasi multimedia sih saya tidak terlalu khawatir ya. Karena dengan storage yang segitu cukuplah. Harga untuk yang RAM 3GB dan storage 32GB update terakhir saya lihat di lazada februari 2016 kisaran 3jutaan.

6| Pengalaman Kamera Selfie Yang Luar Biasa
Ya! Zenfone Selfie merupakan smartphone keluaran ASUS yang memang spesialisasi selfie. Maka tidak heran kan seperti yang saya bilang di awal bahwa dengan teknologi Pixel Master yang dipunyai ASUS dan dilengkapi dengan kamera depan dan belakang sebesar 13MP dan mempunyai dual flash (depan belakang), serta autofocus otomatis super cepat yang hanya membutuhkan waktu 0,03 detik maka pengalaman selfie dan mengabadikan momen bisa menjadi istimewa dan luar biasa.

Beneran loh, terutama yang membuat saya terkagum-kagum adalah kamera depannya. 13 MP bok! Ditambah lagi dengan berbagai mode yang dapat digunakan sesuai kebutuhan, seperti mode beautification yang secara default sudah aktif ketika kita membuka kamera depan ini ditambah lagi didukung dengan lensa bukaan lebar (f/2.2) dan sudut pandang lebih luas dapat membuat pengalaman selfie/ groufie-mu luara biasa.

Banyak yang tanya sama saya bagaimana kamera depan dalam kondisi gelap?  Sejauh yang saya coba dalam kondisi gelap kamera depan pun masih tetap OK kok asal gelapnya itu bukan gelap mati lampu se-RT ya XD, ditambah lagi ada flash yang kalau mati lampu pun masih tetap kelihatanlah muka kita dikamera XD.

Hasil Kamera ASUS Zenfone Selfie dengan Kondisi Pencahayaan Kurang (Gelap)
Oiya, berikut contoh pemakaian untuk kamera depan ya. Karena smartphone ini dikhususkan selfie maka harus banget kan nyertain hasil selfie disini hahaha...


Kece badai kan? Gak perlu make up tebel-tebel juga uda jadi kinclong sendiri cyiiint.... XD

Kamera utamanya pun sangat menarik, sangat jelas dan jernih hasilnya. Pengalaman saya selama menggunakan Kamera utama dari Zenfone Selfie ini sangat memuaskan.  Dilengkapi juga dengan berbagai mode yang dapat kita pilih sesuka hati.

“Oiya, untuk melihat hasil bidikan saya dengan ASUS Zenfone Selfie silakan kunjungi Instagram saya @handdriati ataupun kamu bisa melihatnya hanya dengan mencari hashtag #HanddriatiWITHAsus – di Instagram“

Kebetulan saya suka dengan fotografi macro ya, jadi kamera belakang kebanyakan saya pakai untuk foto-foto ala macro gitu. Untuk mode kamera belakangnya pun lengkap, malah ada mode manual yang bisa disetting ala ala kamera DSLR gitu.

Pilihan Mode Kamera ASUS Zenfone Selfie

Oiya, nih saya kasih lihat beberapa hasil bidikan saya dengan menggunakan mode depth of field.

Mode Depth of Field

Mode Depth of Field

Mode Depth of Field

7| Baterai
Kapasitas baterainya sendiri yaitu 3000 mAh baterainya gak unibodi kok jadi masih bisa dicopot-copotlah. Untuk daya tahan baterainya sendiri setelah saya mencoba lumayanlah dalam artian masih sama seperti smartphone saya yang sebelumnya, pagi di charge kemudian sore/ malam hari di charge lagi. Dengan pemakaian social media, chatting, browsing, dual SIM standby dan terkadang nonton video di youtube. Tapi kalau untuk menonton video di youtube memang agak boros sih. Mungkin tergantung pemakaian kali ya.

Gimana? Worth it kan? Bagi kamu penyuka selfie cocok banget nih. Kalaupun gak suka selfie juga masih tetep stand out kok kamera belakangnya cakep kayak saya tuh bisa foto ala-ala macro gitu hahaha...

Dan berikut ASUS Zenfone Selfie setelah saya lengkapi dengan View Flip Cover.

View Flip Cover ASUS Zenfone Selfie

Nah, dicukupkan segitu dulu ya cerita pengalaman saya selama menggunakan ASUS Zenfone Selfie ini. Oiya, tidak bosan-bosannya saya mengingatkan update terus foto-foto terbaru saya dengan gadget ASUS di Instagram @handdriati dengan hashtag #HanddriatiWITHAsus. Semoga bisa mencerahkan bagi kamu-kamu yang sedang mencari smartphone kekinian hihihi....

Sampai jumpa di review smartphone yang lainnya! Bye!


73 comments:

  1. kalau saya sih masih tetap sehati sama S**Y.. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. kemarin juga saya masih setia sama S**Y selama 3 tahun gak ganti2 mas hahha...Dan akhirnya aku selingkuh dengan yang ini sekarang... :D

      Delete
  2. Dulu mau beli asus tapi bukan tipe ini, cuma berhubung aku selalu ilpil ama dual sim (gak tau kenapa) gak jadi deh XD

    BTW kamera depan segede itu, entah kenapa aku malah gak cocok, aku lebih cocok sama yang MP nya kecil, lebih kelihatan imut XDDD

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahhaa...lebih kinclong tau mba mer kalau MPnya lebih gede hahahhaa...

      Delete
  3. Kue cucurnya jadinkelihatan jelas,..nyum

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, jadi kelihatan enak ya KAYAKNYA :D

      Delete
  4. uwaaa...bagus mbak hasilnya,jadi pingin hp asus...^^

    ReplyDelete
  5. Kemarin nyoba foto pake Asus zenfone 2. Keceee emang mba, jernih. Tapi giliran aku kirim ke iphone, kok jadi biasa aja. Jadi kesimpulanku..display Asus OK

    ReplyDelete
    Replies
    1. Selain display yang OK, itu hasil fotoku yg di atas kece gak menurut mba nurul setelah masuk PC? :D
      Mba nurul buka pk PC apa iphone nih blogku?

      Delete
    2. Aku waktu ityu poto selfie pake ASUS di zenfestival trus blutut ke HP samsungku, tetep tajem. Tapi bener juga sih, mungkin beda HP, beda display.

      Delete
    3. aku bukanya pake PC, suwer beningg *takjubb

      Delete
    4. pc ku Asus juga sih mbak..jadi bueeningg hahaha. iphone displaynya elek lah

      Delete
    5. Ayoooo pindah pindah... Mau bkin galau mba nurul aaahhh hahaha...

      Delete
  6. Mbaknya pinter pake mode DOF, akumah gak bakat pake mode itu :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. masa? gampang kok mas, tinggal foto aja tapi harus pinter milih objek sihh coz gak smw bisa pk DOF hihihi...

      Delete
  7. Entah kenapa untuk saat ini saya masih ngebet sama LE***O, Tapi kalo spek nya emang lebih bagus yang ini, bisa jadi pindah juga si :D
    Makasih udah share :D

    ReplyDelete
  8. Aku juga pengguna S**Y. Besok mau nyobain Asus, ups kalau dah dateng.

    ReplyDelete
  9. Bagus duh hapenya, kan jadi pengen ganti kan.. *usap-usap dompet*

    ReplyDelete
  10. Han..pngen gratis Hp nya lah...

    ReplyDelete
  11. Perasaan baru kemaren katanya blom riviu, eh ud tayang aja. Kece pula review nya....
    Ahhhh kereeeen.
    Ayolah kita selpie!!! XD

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, kmaren minggu moto2...kmaren malem dapet paragraf pembuka...semalem babat habeeees wkwkwk...
      ayo, besok kita selfie ya mba kl ketemu XD

      Delete
  12. cantiiik semuanya, orangnya, hasil fotonya, handphonenya jg kereen

    ReplyDelete
  13. Kalau dibulatkan 3 juta gitu lah ya harganya. Ih, bikin mupeng saja.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mba kayla, dipasaran sekitar 3jt.

      Delete
  14. Eh itu beli flip cover nya dimana? Aku juga pengen beli

    ReplyDelete
  15. Ini udah pengumuman kayanya. Hehehe, tapi aku gak sempat nulis.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pengumuman apa mba anisa? Ini bukan lomba lho... Pure review aku aja selama make ini zenfone hehehe...

      Delete
  16. Keren mba reviewnya. Hhasil fotonya kece badai nih. Jadi tambah sip buat meminangnya juga :D
    Btw itu belinya dimana?

    ReplyDelete
    Replies
    1. silakan cari di konter/ dealer asus terdekat mas hehhee...

      Delete
    2. Yah si emba. Kirain beli online gitu hehe

      Delete
    3. hahha...gak mas...lha iya kok nyari aja di konter atau dealer terdekat kalau gak coba ke lazada atau online shopping mall lainnya siapa tahu sudah ada... :D

      Delete
  17. Keren kameranya, review nya manteb, mba

    ReplyDelete
  18. Yesssss .. Setujuuu pake bangetttt,saya baru seminggu pake zenfone selfie nii .. Puassss bgt, btw cari flip cover nya dmn ? Saya cari muter2 gak dpt, n kisaran harga brp flip cover nya ? Makasiiii ..

    ReplyDelete
  19. Keren euuui kameranya. Gak usah ribed pake DSLR ya, dan lagi susah mau selfie pake DSLR. Asli nih...ngilerrr

    ReplyDelete
  20. Mbak mau tanya, punya saya kok setelah posisi sleep yang agak lama, kemudian HP dinyalakan (wake), selalu terjadi lag, namun setelah beberapa detik hilang. Apakah punya anda seperti itu? Atau apa ada pembaca yang mengalami hal yang sama? Ataukah HP saya yang bermasalah? Ada solusinya? Trims...

    ReplyDelete
    Replies
    1. hmmm...punya saya aman-aman saja sih...tidak pernah terjadi hal seperti itu...coba ditanyakan ke centernya saja...atau ke tempat mas beli hpnya...

      Delete
    2. Problem solved... Setelah wipe cache partition dan wipe data lewat recovery mode, gejala ngelag hilang... Atau belum muncul lagi? Hahaha... Btw, nice review...

      Delete
    3. mudah2an hilang selamanya ya ngelagnya hihihi...

      Delete
  21. Desember 2015 kemarin udah datang ke toko cari asus zenfone selfie, eeeh sama tokonya dibanding-bandingkan sama V*vo, merek entah dan spesifikasinya lbh unggul dari asus zenselfie. Dari pada ragu mending pulang dulu cari-cari referensi. Nahh setelah baca ini makin mantaplah mau beli, kebetulan saya penyuka foto-foto. Thx ya mba akhirnya ada yang nulis juga.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama2 mba mulyati, semoga membantu ya :)

      Delete
    2. Ada slot untuk external memorynya ngak sih mbak, kok punya saya ngak ada walaupun bawaan hpnya memorynya besar 16/32GB

      Delete
    3. Ada mba, satu slot dg SIM 1...bagian atasnya persis SIM 1 ada slot buat memory card...

      Delete
    4. kak .... hrap bvlas nih :)
      apakah kalau kita memakai 2 sim maka micro sd gk bsa dipakai ?? jadi kalau mkai micro sd maka cm bsa 1 sim ???

      Delete
    5. gak kok, punya saya pakai 2 sim micro sd tetep bisa dipakai.

      Delete
  22. mau nanya kameran depan zenfone selfie ada videonya ato ga mab

    terima kasih........

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ada mas, ada time lapse ma slow motion juga untuk kamera depan belakang...

      Delete
  23. mba kalo mau akftifin flipcover biar lock otomatis gmana ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hmm...punya saya langsung muncul tuh pasa dipakein flip cover gak perlu setting2...

      Delete
  24. Mba..asus selfienya diisi simcard apa? Kok sy bermasalah ya disimpatinya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. simpati sama indosat, tapi sekarang simpati sama xl...baik2 aja semuanya...

      Delete
  25. Mbak. Active Flipcovernya infonya broros baterai ya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gak, juga sih...ya kalau boros sih memang karena saya sering dipakai online sama tethering, tapi kalau lagi pemakaian standar chatting doang mah biasa kok gak begitu boros.

      Delete
  26. Mba, trims reviewnya, itu bneran harga segitu yg ram 3gb/ storage 32 y? saya baru aja beli di erafone karawaci, harganya 2,999jt ram 2g/16, plus garansi tambahan 130rb, kok lebih mahal ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mba, kalau saya lihat di lazada harganya sekitar segitu...tapi kalau dipasaran emang mungkin aja lebih mahal, coz kakak saya beli yg 3gb/ 32gb itu sekitar 3,1 jadi mungkin yg 2gb/ 16gb 2,9 bisa aja...tergantung beli dimananya sih mba...kan biasanya memang kalau di erafone lebih mahal beberapa ratus ribu daripada beli di toko biasa...

      Delete
  27. Kak, output chargernya berapa Ampere ?

    ReplyDelete
  28. susah dpt slot microsd ny, nyari di atas sim 1 spot nya longgar . terus gk tau knp asus ny boros bngt ya hak kayak so*y aku . soalny baru move on dari si xpe itu setelah tiha tahun , aku charge ny kira kira kl smpai full itu misalnya di charge jam 6-8pm , battery ny bertahan hanya sampai jam 1.30am lalu di charge lg deh . bisa 3x sehari charge full ny . dngn pemakaian online shoppin, pket data hrus nyala trs krn orderan cus dll .

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yes, memang kalau dipakai untuk online non stop misal chatting atau sosmed memang boros... Saya juga kadang sehari 3x...apa lagi kalau dibuat nonton film yg durasi 1 jam...

      Delete
  29. sekarang masih pake asus zendone selfienya ga teh? tipe di dusnya apa ya? trus kamera depan denger-denger ga bisa buat rekam video ya teh?
    mohon reply.. thankx

    ReplyDelete

Terimakasih sudah berkomentar yang sopan dan membangun. Jangan bosan untuk berkunjung lagi ya. :)