Tuesday, 3 May 2016

Review Smartwatch ASUS ZenWatch 2 WI502Q

Review Smartwatch ASUS ZenWatch 2 WI502Q

Review Smartwatch ASUS ZenWatch 2 WI502Q - Smartwatch merupakan perangkat wearable yang dapat berfungsi juga sebagai smart assistant. Ya, smartwatch saat ini merupakan gadget wearable yang lagi kekinian. Namun, disayangkan di Indonesia sendiri belum banyak varian smartwatch yang dapat kita nikmati. Contohnya saja smartwatch besutan ASUS ini dengan nama ZenWatch.

Konon katanya ASUS telah mengeluarkan ZenWatch generasi pertama terlebih dahulu, namun tidak dipasarkan di Indonesia. Dan kabar gembiranya ASUS ZenWatch generasi ke dua kini telah diboyong ASUS untuk dipasarkan secara resmi di Indonesia. Tidak mau kalah dengan smartwatch android wear yang lainnya ASUS ZenWatch 2 memiliki fitur yang hampir sama dan bisa dibilang serupa dengan smartwatch yang lainnya, namun memiliki harga yang cukup terjangkau yaitu kisaran 2,5 jutaan.

Nah, pada postingan kali ini saya akan menuliskan pengalaman saya menggunakan Smartwatch ASUS ZenWatch 2 dengan Seri WI502Q yang elegan tampilannya dan cocok buat kita wanita maupun pria yang ingin bergaya.

Review Smartwatch ASUS ZenWatch 2 WI502Q


ASUS menawarkan ZenWatch 2 ini dalam dua varian, untuk pria  dan wanita. Varian untuk pria memiliki dimensi layar yang lebih besar yaitu 1,63 inch dengan tali leather, sedangkan untuk varian wanita memiliki dimensi layar yang lebih kecil yaitu 1,45 inch dengan tali stainless steel. Pada dasarnya varian laki-laki ini terlihat lebih sporty sehingga bagi wanita yang ingin terlihat lebih sporty pun bisa menggunakan varian untuk pria dengan tali leather dan begitupun sebaliknya varian wanita terlihat lebih elegan dengan tali stainless.

Unboxing ASUS ZenWatch 2 WI502Q
uboxing asus zenwatch 2 wi502q

Paket penjualan untuk ZenWatch 2 ini terdiri dari :
  1. ASUS ZenWatch 2,
  2. Adaptor,
  3. Kabel charging,
  4. Kartu Garansi,
  5. Buku keterangan komponen dan fitur, dan
  6. Buku panduan penggunaan.

uboxing asus zenwatch 2 wi502q

Sejauh ini cukup banyak fitur yang ditanamkan di ZenWatch 2 kali ini, untuk lebih jelasnya yuk simak review saya di bawah ini!.

Spesifikasi ASUS ZenWatch 2
spesifikasi asus zenwatch 2 wi502q
Sumber : http://www.asus.com/id/ZenWatch/ASUS_ZenWatch_2_WI502Q/specifications/

Design ASUS ZenWatch 2
Design ASUS ZenWatch 2 WI502Q ini terbilang stylish dan elegan, ini cocok sekali bagi kamu-kamu baik pria ataupun wanita yang memang ingin terlihat elegan. Memiliki dimensi layar 1,45 inch dengan tali stainless steel.

design asus zenwatch 2 wi502q

Bentuk layarnya pun menurut saya tidak kaku, karena walaupun cenderung kotak namun bagian pinggirnya dibuat melengkung sehingga terlihat lebih bergaya. Untuk tombol powernya sendiri terletak di bagian kanan, bisa dilihat dari gambar di atas ada tombol berwarna hitam itulah tombol power-nya (crown botton).

Layar ZenWatch 2 pun sudah dilengkapi dengan Gorilla Glass 3, jadi tidak perlu takut tergores. Dan ZenWatch 2 ini sudah dilengkapi dengan sertifikasi IP67 yang artinya kalau kita mau cuci tangan atau terkena hujan sekalipun bakal baik-baik saja (water ressistant).

design asus zenwatch 2 wi502q

Nah, strap stainless steel punya saya berwarna silver metal. Tentunya dengan kualitas bahan yang memang berkualitas tinggi, kalau menurut saya terkesan tidak terlihat murahan namun justru elegan.

design asus zenwatch 2 wi502q

Untuk talinya sendiri cukup fleksibel, jadi kalau misalkan pergelangan tangan kita mungil nih kayak saya bisa diatur dengan mudah untuk besar kecilnya lingkaran tali. Oiya, tali ZenWatch ini pun bisa dicopot jikalau sewaktu-waktu nanti kita bosan menggunakan tali metal kita bisa menggantinya mungkin dengan yang leather yang memang dikhususkan untuk ZenWatch 2.

Performa ZenWatch 2
Bicara soal performa ASUS ZenWatch 2 ini dilengkapi dengan Prosesor Qualcom Snapdragon 400, RAM 512 MB dan memory 4GB. Layar sentuhnya yang AMOLED beresolusi 280 x 280 pixel untuk varian wanita dan 320 x 320 untuk varian pria. Sejauh saya coba sih semuanya lancar dan normal saat saya gunakan.


ZENWATCH 2 TERKONEKSI DENGAN SMARTPHONE ANDROID

review asus zenwatch 2 wi502q

ZenWatch 2 dapat digunakan di android maupun iOS dengan menggunakan koneksi bluetooth dan Wi-Fi. Setelah instalasi ZenWatch 2 berhasil maka hal yang harus kita lakukan adalah menginstall aplikasi Android Wear di playstore dan mengaktifkan bluetooth atau Wi-Fi untuk mengkoneksikan antara ZenWatch 2 dan Android yang kita punya.

review asus zenwatch 2 wi502q
Notifikasi social media yang masuk ke Zenfone 2 saya yang bisa langsung dilihat dari ZenWatch 2

Lalu apa saja aplikasi yang dapat dinikmati jika ZenWatch 2 ini terkoneksi dengan smartphone? Diantaranya adalah kita dapat melihat notifikasi baik email ataupun notifikasi social media yang masuk ke smartphone kita. Dan yang paling saya suka adalah kita bisa membalas pesan text melalui fitur speak now, jadi saya hanya tinggal mengucapkan kata-kata apa yang mau saya tulis untuk membalas pesan yang masuk maka otomatis jika pengucapan kita cukup jelas langsung akan tertulis apa yang kita ucapkan tersebut dan otomatis akan terkirim sebagai balasan dari pesan text tersebut.

zenwatch 2 terkoneksi dengan zenfone selfie
ZenWatch 2 terkoneksi dengan Zenfone Selfie

Selain itu, kita juga dapat menerima telepon melalui ZenWatch 2 ini. Namun disayangkan fitur loudspeaker belum mendukung untuk ZenWatch 2 varian wanita ini, tapi tenang saja untuk varian prianya bisa kok untuk loudspeaker sehingga kamu bisa menerima telepon dan berbicara langsung lewat ZenWatch 2.

fitur weather pada zenwatch 2


Kita juga dapat menggunakan fitur maps untuk mengetahui lokasi dimana kita berada dan menemukan tempat-tempat terdekat dari keberadaan kita saat ini. Selain lokasi, kita juga dapat menggunakan fitur weather untuk mengetahui suhu dan cuaca saat ini ditempat kita berada.

Dengan lebih dari 60 face designer kita juga dapat mengganti-ganti interface ZenWatch sesuai dengan yang kita sukai dan kita bisa mendownload aplikasi Face Designer tersebut di playstore. Selain itu juga ZenWatch 2 dibekali dengan aplikasi pendukung seperti ZenWatch Music untuk memutar musik pada perangkat android dan Remote Camera yang bisa digunakan untuk mengontrol shutter kamera di smartphone android yang kita punya.

Nah, bagi kita yang hobi olahraga ataupun bagi kita yang memperhatikan kesehatan dan kebugaran tubuh ZenWatch 2 ini juga bisa menghitung jumlah langkah, kalori dan kualitas tidur kita dengan menggunakan aplikasi Wellness yang dapat kita download di playstore.

Oiya, semua aplikasi yang saya sebutkan di atas bisa didownload di playstore melalui smartphone android kita dan otomatis langsung muncul di ZenWatch 2. Dan masih banyak aplikasi pendukung lainnya yang dapat dengan mudah kita download di playstore melalui smartphone sesuai dengan kebutuhan kita.

Baterai ZenWatch 2
Dengan kapasitas baterai 290 mAh, ZenWatch 2 ini dapat bertahan sekitar 1,5 hari untuk pemakaian normal dalam artian saya hanya menggunakannya untuk melihat notifikasi email ataupun social media yang masuk ke zenfone 2 saya serta membalasnya melalui fitur speak now.

baterai asus zenwawtch 2

Dengan adanya teknologi exclusive HyperCharge dan fitur konektor magnetic, proses pengisian baterainya pun berlangsung singkat hanya sekitar kurang lebih 45 menit sudah terisi 100% dari yang sebelumnya 15%. 

Harga ZenWatch 2
harga asus zenwatch 2 di asus store indonesia
Sumber : http://store.asus.com/id/search?q=zenwatch%202&s_c=1

Harga ZenWatch 2 dibanderol mulai harga 2,5 juta sampai 3 juta rupiah. Sedangkan untuk ZenWatch 2 Wren (WOMAN) Seri WI502Q di ASUS Store Indonesia dibanderol dengan harga Rp 2.999.000,-. Dibandingkan dengan smartwatch merk lainnya, smartwatch besutan ASUS ini terbilang mempunyai harga yang cukup terjangkau dengan fitur yang ditawarkan hampir serupa.

***

Nah, saya sih rekomen sekali untuk ZenWatch 2 ini pertama karena harganya cukup terjangkau dibanding smartwatch yang lainnya yang beredar di Indonesia saat ini dan juga fitur smart assistant yang ditawarkan pun hampir serupa dan cukup memudahkan kita untuk mengontrol segala agenda ataupun notifikasi yang masuk ke smartphone android kita tanpa harus lagi memegang smartphone secara langsung. Gimana? Tertarik juga memiliki ZenWatch 2 seperti saya?

***
Sponsor Post, ditulis berdasarkan pengalaman pribadi.



49 comments:

  1. keren ya mbak, tapi harganya malah hampir setara sama smartphone asusnya. :'))

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mas, tapi kalau dibandingkan dengan smartwatch yang beredar di Indo diatas 3jutaan kayak apple ma samsung. Dan harga asus lebih terjangkau mulai dari 2,5-3jt hihihi...

      Delete
  2. lumayan jg ya harganya, cuman gak mesti pake hp asus juga kan ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya gak mesti mba noni, asal android atau iOS juga bisa...

      Delete
  3. jam tangannya keren dan terlihat elegan:)
    kapan yah bisa punya jam tangan keren seperti ini?

    ReplyDelete
    Replies
    1. ayo semangat nabung buat beli smartwatch :)

      Delete
  4. keren ya..ada notifnya juga

    ReplyDelete
  5. Penampilannya keren. Boleh juga nih (kalo ada yang beri) :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihihi...ayo berdoa biar ada yg beri :D

      Delete
  6. Kereen. Pernah lihat orang makai ini di drama Korea aja :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahha...samaan pengen ini juga gara-gara drakor :D

      Delete
  7. woww.. bisa menghitung jumlah langkah, kalori, dsb. Keren juga ya. Tampilannya juga stylish banget. Banyak fitur yang useful juga. Tapi.. hiks, mesti nabung dulu nih buat dapetin smartwatch ASUS ini. Saya suka banget yang talinya leather hitam, karena lebih sporty aja. Kebetulan pengen banget ganti jam tangan, semoga kesampaian. *doain yaaa* :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. amin...semoga bisa cepet beli zenwatch 2 ya mba :)

      Delete
  8. Aku gaptek kaka, pasti lama jadi smartuser smartwatch ini.. hikss

    ReplyDelete
    Replies
    1. wkwkwk...ah kamu sok gaptek deh...kamu kan uda smart mud :P

      Delete
  9. Harganya masih dibawah kompetitor lain yang udah duluan ya mba Han. Pingin punya siy, lagi menimbang2 duitnya dulu. Hihihi :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mba, harganya dibawah kompetitornya...ayo mba molly dibeli-dibeli hihihi...

      Delete
  10. Aku suka yg handbandnya cokelat. Etapi..baterainya..hehe. lucu kali ya ntar lagi jalan jam tangan nyantol k powerbank wkwkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. bentaran kok mba nurul ngecasnya juga, 40an menit juga uda 100% hehehe...

      Delete
  11. Pgen bget..cuma ukuran layarnya baik cowo maupun ce sama besarnya ya mbak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. beda, yg cowo 1,65 inch yg cwe 1,45 inch lebih besar yang cwo...

      Delete
  12. Pgen bget..cuma ukuran layarnya baik cowo maupun ce sama besarnya ya mbak?

    ReplyDelete
  13. Bagus banget Han...
    Mau beli atu ah...

    ReplyDelete
  14. Ya ampun kecenya. Lebih mahal dr hpku tapi aku pengin.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mba lusi bagus loh, ayo dibeli hehehe...

      Delete
  15. kalo punya uit banyak rela deh beli hp asus plus jamnya ini, biar makin kekinian hihi :D

    www.leeviahan.com

    ReplyDelete
  16. Cakep banget! Aku sempet mo pilih ini, yg leather strap. Tapi karena aku agak gesrek kalo gerak, takut baret2 T___T Tapi baca postinganmu ini aku jadi pengen ..

    ReplyDelete
    Replies
    1. ayooo dibeli mba winda hihihi...tenang kalau yg strap metal mah gak bakal baret2 kok :)

      Delete
  17. Keceee. Bikin mupeng. Bentuknya itu gak pasaran banget, cucok deh.

    ReplyDelete
  18. Aaaaakh :D itu jamnyaaa edaaan mbak :D kekinian dan kerennya gila-gilaan :3

    ReplyDelete
    Replies
    1. moso sih feb edan? hahhaa... neg kekinian mah iya hihihi...

      Delete
  19. talinya cakep cakeeeep,

    ReplyDelete
  20. Ish ini mah jam tangan rasa HP ya, Mak. Keren euy fiturnya. Asus memang keren-keren produknya, dari laptop, sampai hp. Sekarang keluar pulak jam tangan kece ini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mbak keren2 hihihi...bner mba efi ini jam tangan rasa hape. kerenlah pokoknya XD

      Delete
  21. Wah bagus, keren dan elegant pula, sepertinya Asus lagi ngeluarin produk - produk berkualitas bagus dengan harga terjangkau. Saya sendiri kecantol dengan hp Zenfone selfienya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihi...iya mba, samaan dong kita pakai zenfone selfie :)

      Delete
  22. Ini bener - bener stylish loh Handd, aku ada yg Samsung itu gedekkkkk banget pas dipakenya. Jadi agak annoying *hiks. Tapi ini cakepppppppp. Sukaaaa.

    ReplyDelete
    Replies
    1. ayooo tuker ma zenwatch kak roos hihi...

      Delete
  23. Modelnya keren2 banget, boleh deh satu hehehe

    ReplyDelete
  24. keren jam nya.jaman sekarang makin canggih aja.pake jam ini dah mirip james bond hahaha

    ReplyDelete
  25. Desainnya elegan, ga asal-asalan ya. Jadi terlihat bagus ketika dipakai. Kira-kira untuk notifikasinya bisa disetting lagi ga ya. Njelimet apa ga?

    ReplyDelete
  26. Wah...yg buat cewek sayang yah ga bisa buat telpon kaya power ranger gitu.

    ReplyDelete
  27. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  28. Mau tanya nih.. saya sekarang ada pakai bluetooth headset plantronics voyager, jadi kalau saya mau pakai smartwatch ini, apakah headset saya masih bisa connect juga? berhubung sama-sama menggunakan bluetooth.. makasih..

    ReplyDelete

Terimakasih sudah berkomentar yang sopan dan membangun. Jangan bosan untuk berkunjung lagi ya. :)