Sunday, 28 August 2016

Apa Saja Sih Tanda-tanda Mau Melahirkan Sudah Dekat?



Apa saja sih tanda-tanda mau melahirkan sudah dekat? - Memasuki kehamilan 9 bulan itu bikin dag dig dug duerrr ya hahaha... Banyak versi cerita melahirkan yang saya terima, dari mulai yang susah, sakit, lama sampai yang mudah bahkan tak terasa sakit tiba-tiba si jabang bayi udah maen berojol aja. Adaaaa... Jujur, saya sih gak terlalu musingin ya gimana-gimananya. Pokoknya Bismillah ajalah, yang penting siap mental plus siap biaya hihihi... Tidak terasa ya padahal sepertinya baru kemarin curhat tentang kehamilan 7 bulan saya.


Nah, tulisan kali ini sebenarnya saya sih maunya sharing-sharing saja ya sama bunda-bunda yang sudah berpengalaman. Kira-kira apa saja sih yang dialami atau dirasakan ketika sudah dekat waktu melahirkan? Siapa tahu bisa jadi bekal buat saya yang sebentar lagi juga mau melahirkan.

Semoga ada yang mau sharing ya dikolom komentar. Tapi, selain nanya terselubung di postingan kali ini saya sebenarnya sudah sedikit browsing-browsing tentang tanda-tanda mau melahirkan itu apa saja. Jadi, sebagian yang saya tahu saya tuliskan juga di postingan kali ini. Tapi rasanya kurang afdol yang kalau gak denger langsung ceritanya dari yang sudah merasakannya. So, please sharing dong. Yuk yuk :).


TANDA-TANDA MELAHIRKAN SUDAH DEKAT
Ini sih dengar cerita dari beberapa teman dan beberapa artikel yang saya baca di internet ya, karena saya sendiri juga belum mengalaminya. Makannya sekalian nanya disini :).

1| Perubahan Bentuk Tubuh
Konon katanya terutama perubahan payudara yang semakin membesar, karena ASI sudah mulai diproduksi. Nah, kalau ini saya belum bisa melihat hal ini terjadi sih. Tapi, mudah-mudahan ASI saya lancar ya biar debaynya bisa full ASI. Amin!

2| Frekuensi Buang Air Kecil Meningkat
Katanya frekuensi buang air kecil meningkat, dikarenakan janin yang semakin besar menekan kandung kemih kita. Sehingga ibu hamil sering sekali merasa ingin buang air kecil. Iya sih, ini juga saya rasakan akhir-akhir ini frekuensi buang air kecil saya lumayan sering. Walaupun kadangan urin yang keluar hanya sedikit.

3| Nyeri Seperti Mau Datang Bulan
Ada yang bilang tanda-tandanya sama seperti mau datang bulan yaitu nyeri punggung, badan terasa nyeri, dll.

4| Flek Darah
Kata teman-teman saya yang sudah pernah melahirkan, diantara tanda lainnya adalah keluar flek darah dan lendir.

Selain lagi dag dig dug nunggu lahiran, saya juga lagi dag dig dug nama anaknya siapa ini HAHAHA... Bingung ternyata nyusun nama anak ya.


Yuk, sharing bunda kira-kira tanda-tanda apa saja yang bunda alami sebelum melahirkan tentunya selain ketuban yang pecah ya hihihi... Mungkin seminggu sebelumnya apa yang dirasakan gitu?

OK, walaupun postingannya pendek tapi ini nanya-nya serius pake BANGET XD. Semoga ada yang mau berbagi cerita ya :).



42 comments:

  1. kalau seminggu sebelum hari H kayanya belum kerasa yang aneh2, paling sesekali terasa agak menekan di pangkal paha. Sehari or bbrp jam sebelum melahirkan, baru deh kontraksi dimulai, dari satu jam sekali terus meningkat hingga terakhir per hitungan detik

    ReplyDelete
    Replies
    1. hooo...malah tanda2nya kalau sudah dekat banget ya mba hihi...

      Delete
  2. waahhh, bentar lg ya mak, smoga dilancarkan yak saat persalinan nnti, ibu dan bayinya sehat, amiinn
    kalau aku dlu tanda2 mau melahirkan malah diare parah mbk, sampek lemes.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya nih mba menghitung hari...
      amin, makasih do'anya mba inda :)
      wah...kok nyampe diare mba? untung kuat ngejennya ya?

      Delete
  3. Aku duakali hamil dan melahirkan, tetep gak terlalu ngenalin tandanya. Ha..ha.. Yang anak pertama, 2 hari sebelumnya masih ngelembur bikin cheestick bareng ibuku. DAn itu biasa aja, enggak sakit2 atau apa. Yang anak kedua malah sama sekali enggak ada tanda. Nge flek aja, lalu ke bidan, enggak ngerasa kontraksi tapi ternyata udah bukaan. Lalu brojol gitu ajah... Ha..ha..

    Selamat menantikan saat-saat penting itu ya Mak. Semoga lancar, sehat selamat semuanya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. wih...lancar bgt ya mba gak pake sakit2 gitu?
      amin...makasih do'anya ya mba widya :)

      Delete
  4. Hastagah kaget aku lihat fotonya, ngebayanginnya dirimu wkwkwkwk. Aku 2 anak nggak ngerasa apa2 krn posisi mereka nggak mau turun. Tiba2 langsung pecah ketuban gitu aja, nggak mules nggak apa. Yg pertama masih disuntik mules, sempet mules sebentar tapi tu anak tetap nggak mau turun, jadi cesar. Yg kedua langsung cesar gitu aja nggak pake suntik mules lagi. Semoga dirimu lancar ya. Sehat semua. Aamiin.

    ReplyDelete
    Replies
    1. wahahhaa...itu mah foto dapet download mba lusi XD.
      cesar smw ya mba?
      iya amin, semoga aku lancar ya mba hihihi...makasih do'anya :)

      Delete
  5. Wah..idem mbak Lusi. Pertama, dah 40 minggu..pengapuran plasenta. Ga kontaksi. SC jadinya. Yang kedua...suruh milih tanggal doang sama dokter. SC lagi...☺

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah, 40 minggu sudah pengapuran gitu ya mba?

      Delete
  6. Empat kali melahirkan tanda-tandanya nggak sama mbak, yang pertama mules nggak karua-karuan, ada yang ngeflek ada yang nggak, yang terakhir nggak ada mules sama sekali. Kalau sudah dekat waktu melahirkan biasanya perut terasa tegang dan kencang, perut sudah turun banget, kebangun malamnya lebih sering (buat latihan begadang kayaknya)

    ReplyDelete
    Replies
    1. hooo... tiap anak dan tiap orang beda-beda ya mba? hihihi...
      mudah2an aku termasuk yang lancar deh ya, ga sakit aneh2 hehehe....amin.

      Delete
  7. Smua tanda-tanda di atas ngerasain. Tapi paling ngeh pas ngeflek. Tak kira kenapa, ealah taunya udah pembukaan :v

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah, iya toh mba?
      banyak yg bilang gitu sih sama aku, kl ada flek bercampur lendir harus sudah waspada katanya hihi...

      Delete
  8. betulll, tapi lagi anak kedua sih gak tahu tuh gak ada tanda2 pas mau kontrol malah dokternya bilang ini mah sudah mau lahiran

    ReplyDelete
    Replies
    1. hooo... berarti beda2 ya mba...enak dong kalau gak sampe drama2 kontraksi ke dokter langsung lahiran hihihi...

      Delete
  9. Semoga dilancarkan ya. Lagi deg2an juga nih saya menanti kelahiran ponakan

    ReplyDelete
  10. Semoga dilancarkan ya, Mbak. Sehat dan selamat ibu dan bayinya. Aamiin.

    Flek pasti ada pas mau lahiran tapi ya waktunya beda2, pas anak pertama H-1, anak kedua H-2, anak ketiga malah 12jam sebelumnya. Tapi yg pasti kontraksi pembukaan 1-4, itu masih ada jeda dan saya masih bisa cekikikan. Nah biasanya saya ke RS pas pembukaan 5, itu biasanya kontraksinya ga ada jeda ;). Kalo Mamah saya, dia bisa ngeliat raut wajah dan bentuk bulatan kehamilannya, biasanya 1-2hari sebelum melahirkan katanya cerah dan bentuknya beda.

    ReplyDelete
    Replies
    1. makasih mba, amin )
      itu raut wajah ibunya apa debaynya ya mba novia? hehe...

      Delete
  11. Biasanya kontraksinya frekuensinya lebih lama > 10 menit dan lebih sering. Sehari udah berapa kali.
    Trus kok pipis terus, hati2 itu bisa jadi ketuban. Jadi usahakan pakai celana dalam yang transparan ya, jangan yang berwarna seperti hitam/merah, dsb.
    Kalau udah seperti itu segera ke dokter. Biasanya ada yg menyuruh langsung ke ruang observasi atau kalau pembukaannya masih lama, dicek doang terus disuruh pulang lagi.

    Semoga lancar ya. Enjoy the moment :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah gitu ya mba oline, aku hplnya masih lama sih masih pertengahan september. Tapi kalau beser mah dari kemaren2 udah beser.

      Makasih mba, iya nih lg menikmati masa2 menghitung hari hihihi...

      Delete
  12. Saking sering denger klo bs jd kontraksi yang kita rasakan itu palsu saya ampe ga bs bedain mana yang asli dan palsu (ini mah sayanya aja sih haha). Jadi pas kontraksi beneran saya pikir masih palsu. alhasil pake drama deh, masih jalan2 tp mau lahiran. untung masih sempet kluar di rs. yang jelas emang frekuensi nyerinya sangat teratur. mulai dari 1 jam sekali, jd stengah jam sekali, dan makin cepet. nah ini udah harus cek kedokter.

    smoga dilancarkan yaaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah mau lahiran sempet jalan2 dl saking gak kerasanya ya mba? hihihi... untung aja gak berojol di jalan ya mba hehe...

      Amin... Semoga aku lancar semuanya ya mba :)

      Delete
  13. Calon Ayah baru,,, wajib baca nich...!!!

    ReplyDelete
    Replies
    1. ahahaha... uda jadi calon ayah nih mas wahab?

      Delete
  14. Saya juga lagi deg degan nih nunggu lahiran.Harusnya sih minggu minggu ini kalau maju kayak dua kakaknya.Dah lama gak lahiran jadi lupa rasanya da tandanya.Dan seminggu mules mules tapi gak lahir lahir juga...Maklum terakhir lahiran dah 9 tahun lalu

    ReplyDelete
    Replies
    1. waaaaahhhhh....deg degan banget ini mesti mba nunung... lancar2 ya mba...aku tunggu kabarnya hihihi...

      Delete
  15. Aku dulu h-7 kaki keram terus.. sakit banget sampe gak bisa tidur. Trus pundak, punggung, pinggang, rasanya pegel-pegel semua. Tidur semua posisi salah. Gampang sumuk juga.. tapi kalau pake kipas angin, badan rasanya makin gak karu-karuan. Serba salah deh xD

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ih samaan mama jiwo, aku juga sebulan terakhir kalau malam kadang kaki suka kram. Riweuh ya? Heeum emang posisi tidur semenjak 7 bulan uda gak enak miring sana sini hihihi...

      Delete
  16. mulas dan keluar flek, sempet panik. itu kejadian anak pertama :) suami apalagi lebih panik

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah malah suaminya yang panik toh mba? hihihi... seru ya ngebayanginnya hehe...

      Delete
  17. Kalau anak pertama dulu tiba-tiba keluar air. Katanya sih, itu ketuban rembes. Padahal nggak sakit. Tau2 udah basah aja gitu...smp 12 jam lamanya.baru kontraksi trus lahiran. Kalau anak ke dua, kontraksi semalam, flek, kontraksi berhenti sampai 5 jam, stlh kontraksi lagi 15 menit, tau2 bayinya keluar

    Memang...melahirkan itu misteri:) semoga lahirannya nanti lancar ya mbak...

    ReplyDelete
  18. Kalau anak pertama dulu tiba-tiba keluar air. Katanya sih, itu ketuban rembes. Padahal nggak sakit. Tau2 udah basah aja gitu...smp 12 jam lamanya.baru kontraksi trus lahiran. Kalau anak ke dua, kontraksi semalam, flek, kontraksi berhenti sampai 5 jam, stlh kontraksi lagi 15 menit, tau2 bayinya keluar

    Memang...melahirkan itu misteri:) semoga lahirannya nanti lancar ya mbak...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Rembesannya banyak apa dikit mba sulis?
      Memang melahirkan itu misteri ya, entah kapan tepatnya bisa maju bisa mundur hihihi...
      Amin...semoga saya dilancarkan semuanya ya mba :)

      Delete
  19. Replies
    1. Ayok disimak mba! Siapa tahu kan bentar lagi giliranmu hihihi...

      Delete
  20. Biasanya sih kalo udah deket2 hari H (kalo aku ya), bakalan buang air kecil sehari 50 kali lebih mungkin hihi, trus perut bagian bawah sering kenceng dan kadang sakit, sudah mulai susah tidur, sakit punggung, pinggang .. halah banyak banget.
    Yang penting semangat dan berpikir positif ya dek. InsyaAllah lancaaar.

    ReplyDelete
  21. Deeek, payudaranya sering diurut dan dibersihin putingnya pake baby oil, nanti coba diurut dari belakang ke arah puting, biasanya udah mulai keluar meski dikiit dan warnanya masih bening.

    Semoga lancar ya, sehat selamat ibu dan bayinya :*

    ReplyDelete
  22. Pas Ubii, tanda2nya mules banget kontraksi dan flek-flek lama2 warna darah. Pas Aiden, nggak ngerasain karena dari jauh hari sudah janjian untuk SC, jadi lebih nyantai, hehehe. Semoga sehat semua ya Hance chayank!

    ReplyDelete
  23. Weeee aku yang baca ikutan dag dig dug ser! Aku catat deh buat bekal nanti hahay. Semoga proses persalinannya lancar dan sehat-sehat ama dekbay nya ya! :*

    ReplyDelete

Terimakasih sudah berkomentar yang sopan dan membangun. Jangan bosan untuk berkunjung lagi ya. :)