Cara Menambah Nafsu Makan Agar Tetap Semangat Dalam Menjaga Buah Hati

Thursday, 18 May 2017

Cara Menambah Nafsu Makan Agar Tetap Semangat Dalam Menjaga Buah Hati

Cara Menambah Nafsu Makan Agar Tetap Semangat Dalam Menjaga Buah HatiYang namanya "cara menambah nafsu makan" seringkali menjadi topik yang ramai untuk diperbincangkan. Tidak hanya untuk si kecil, tetapi untuk kita sebagai orang dewasa. Ya, memang tidak sedikit orang yang mempunyai nafsu makan yang kurang. Termasuk juga saya. Saya adalah salah satu dari sebagian orang yang malas untuk makan, bahkan cenderung picky eater. 

Beneran deh, yang namanya nafsu makan kurang itu lama-kelamaan bisa merugikan diri sendiri. Contohnya saja gampang sakit. Dulu waktu jaman SMP saya itu suka malas makan, kalau makan sukanya pilih-pilih. Dulu saya tidak suka makan nasi padang, sate padang bahkan pempek dan makanan yang terlalu banyak bumbu atau rempah-rempahnya. Bahkan saya kuat kalau sehari hanya makan satu kali, yaitu saat makan malam. Pagi hanya minum susu dan di sekolah hanya jajan snack seperti chiki dan gorengan. Dan memang efeknya kerasa sekali, saya jadi sering sakit. Sedangkan tubuh kita itu butuh banyak nutrisi yang mana nutrisi tersebut mayoritas didapatkan dari makanan.

Apalagi sekarang setelah mempunyai anak dan menyusui, tetap sehat dan semangat dalam menjaga buah hati itu merupakan suatu keharusan. Jadi, saya harus benar-benar menjaga agar nafsu makan saya tidak berkurang supaya badan tetap fit dan ASI pun tetap lancar.

Sebenarnya ada beberapa alasan dibalik tidak adanya nafsu makan yang pernah saya alami, diantaranya:

👉 Merasa Bosan Dengan Menu Makanan
Mungkin ini hal yang sepela, merasa bosan terhadap menu makanan yang selama ini kita konsumsi. Dan ini terjadi terhadap saya, dulu saya sempat merasa bosan dengan menu makanan yang Ibu saya masak setiap harinya. Bosan karena Ibu saya hampir setiap hari memasak menu makanan yang sama. Oleh karena itulah pilihan makanan yang saya suka jadi sedikit sekali, selain itu saya juga tidak terbiasa untuk jajan dan makan diluar.

👉 Stress/ Depresi
Sudah sering lihat kan? Kalau orang yang patah hati itu mayoritas berat badannya pasti turun, itung-itung diet. Ya kan, sis? 😄. Karena stress/ depresi itu juga bisa membuat kita kehilangan nafsu makan. Beberapa waktu yang lalu saya juga mengalaminya. Setelah melahirkan, ASI saya tidak kunjung keluar. Alhasil saya stress dan sedikit baby blues, dari situlah nafsu makan saya mulai berkurang. Padahal bagi ibu menyusui, makan yang banyak merupakan salah satu ASI booster.

Baca Juga: Tentang Baby Blues Pasca Melahirkan

👉 Sakit/ Mengkonsumsi Obat Karena Sakit
Udah sakit gara-gara jarang makan, dan ketika sakit pun tambah gak nafsu makan. Ini yang dinamakan sudah jatuh tertimpa tangga pula. Ya, kan? 😅. Dulu saya gitu, kadang kalau sakit dan ke dokter dikasih obatnya lumayan banyak. Dan tetap tidak nafsu makan, soalnya terkadang mulut terasa pahit. Jadi, tidak jarang sehabis sakit berat badan saya turun 1-2kg.

Padahal yang namanya makan itu merupakan kebutuhan pokok bagi tubuh kita, dimana kalau kita mengkonsumsi makan terlalu sedikit bisa menyebabkan daya tahan tubuh menurun. Seperti yang sudah saya katakan di atas, karena jarang makan saya jadi sakit-sakitan. Bahkan sekarang sebagai ibu menyusui, mengkonsumsi sedikit makan berakibat kurangnya produksi ASI dan produktivitas pun jadi ikut menurun. Misalnya seperti cepat lelah dan sering mengantuk. Semua pekerjaan rumah jadinya tertunda deh 😓.

Maka dari itu, saya selalu mencoba untuk menambah nafsu makan dengan cara yang sehat dan alami. Nah, berikut adalah beberapa cara yang saya lakukan untuk menambah nafsu makan agar saya tetap semangat dalam menjaga buah hati.

1| Makanlah Makanan Penggugah Selera
Setelah SMA dan merantau saya jadi pemakan segala, ada beberapa alasan sih sebenarnya. Pertama, karena saya hidup diperantauan maka saya harus sehat. Kedua, karena sering beli makan diluar dengan teman-teman. Jadi, mau tidak mau kadang harus menyesuaikan dengan kesukaan mereka.

Kemudian selama hamil dan menyusui ini saya tidak ada pantangan, jadi semua jenis makanan saya makan. Termasuk makanan pedas sekalipun. Karena bagi saya, makanan yang berasa gurih dan pedas itu adalah penggugah selera. Yang menggoyang lidah itu lebih asyik daripada yang hambar 😂.

Jadi, setelah melahirkan sekitar seminggu saya hanya makan nasi dan sayur bening. Alhasil cukup bikin stress karena rasa makanannya kurang greget (tidak ada rasa pedasnya), maka dari itu setelah seminggu berlalu saya memberanikan diri memakan semua jenis makanan termasuk sambal dan makanan yang berasa pedas. Alhamdulillah sih, bayinya sehat tidak diare.

2| Pilih Makanan Yang Mengandung Banyak Bumbu
Biasanya makanan yang mengandung banyak bumbu itu rasanya lebih nikmat dan enak, misalkan saja nasi padang ataupun ayam penyet. Nah lho, siapa yang bisa menolak kenikmatan kedua makanan khas Nusantara ini? 😄.

Ya, saat ini bagi saya makanan yang kaya akan bumbu seperti nasi padang terutama rendang padang itu sangat enak dan menggugah selera makan. Maka dari itu, nasi padang merupakan salah satu kuliner favorit saya sekarang.

3| Lakukan Aktifitas Fisik Seperti Olahraga
Percaya atau tidak, olahraga itu terbukti lho meningkatkan nafsu makan. Karena setelah capek berolahraga, otomatis kita merasa lapar. Itu artinya olahraga bisa menggugah nafsu makan. Sehabis pulang kerja dulu, saya sering sekali berenang bersama teman kantor. Atau kalau weekend tiba saya suka jogging. Dan hasilnya nafsu makan saya meningkat, karena setelah olahraga pasti makannya banyak. Dan berat badan pun jadi naik.

Dan sekarang, menggendong bayi dan membuntuti anak kemanapun merupakan bagian dari olahraga. Karena dibalik anak yang aktif bergerak, ada ibu yang aktif siap siaga menjaga. Dan aktifitas tersebut cukup membuat saya jadi mudah lapar 😅.

Jadi, olahraga itu tidak selalu untuk mereka yang ingin menurunkan berat badan. Tapi bagi kita yang ingin menaikkan berat badan, olahraga juga merupakan cara yang tepat dan sehat.

4| Minum Jamu atau Multivitamin
Mengkonsumsi jamu atau multivitamin merupakan salah satu cara yang bisa kita lakukan untuk menambah nafsu makan. Kalau saya pribadi lebih senang meminum jamu yang tidak banyak endapannya, seperti ramuan temulawak yang terkadang saya pesan dari mbok jamu gendong. Karena temulawak mengandung minyak atsiri yang dipercaya dapat membantu memperbaiki nafsu makan.

Bagi ibu menyusui seperti saya memilih jamu yang tidak banyak endapan dan bahan kimianya itu sangat penting. Jamu yang memiliki banyak endapan konon katanya bisa menghambat keluarnya ASI, dikarenakan bisa membuat ASI kental.

Temulawak yang mempunyai nama latin Curcuma Xanthorrizha Rhizoma selain membantu memperbaiki nafsu makan, mempunyai banyak sekali manfaat. Diantaranya:

  • Menambah nafsu makan,
  • Memelihara fungsi hati,
  • Mengurangi radang sendi,
  • Melancarkan ASI,
  • Melawan penyakit kanker,
  • Menurunkan lemak darah,
  • Mengatasi Masalah Pencernaan,
  • dsb.

Bicara soal temulawak beberapa waktu yang lalu saya menemukan minuman yang mengandung sari temulawak yang praktis di Swalayan, iseng-iseng saya beli dan coba untuk diminum. Ternyata tidak pahit seperti yang saya fikirkan dan yang paling penting tidak menghasilkan endapan, karena proses pembuatannya menggunakan teknologi tinggi sehingga terjaga kualitasnya. Namanya adalah Herbadrink Sari Temulawak yang merupakan salah satu produk dari KONIMEX.


Herbadrink ini merupakan minuman herbal yang diproses dengan teknologi modern dan diolah dari bahan-bahan alami sehingga berkhasiat untuk membantu memelihara kesehatan dan membantu memperbaiki nafsu makan.

Rasanya enak dan manis, dikemas secara praktis dan juga higienis. Penyajiannya tinggal seduh dan aduk, apalagi kalau diseduh menggunakan air dingin dan dicampur jeruk nipis. Segar banget. Bahkan sekarang ada varian baru yang tanpa gula (sugar free).

Selain kesegaran yang di dapat, setelah menghabiskan 1 dus Herbadrink Sari Temulawak yang berisi 5 sachet di hari ke-4 lah saya baru merasakan efeknya. Nafsu makan saya beneran bertambah. Hawanya lapar terus hihihi...


Herbadrink Sari Temulawak ini mengandung ekstrak Curcuma Xanthorrizha Rhizoma 2,2g setara dengan 800mg Rimpang segar Temulawak. Komposisi tersebut sudah cukup pas untuk mendapatkan khasiatnya apabila diminum secara rutin.


Selain diseduh biasa, Herbadrink Sari Temulawak ini bisa dikreasikan ke dalam berbagai resep minuman supaya lebih bervariasi lho. Bahkan dikreasikan menjadi minuman takjil yang menyehatkan dan menyegarkan pun bisa, apalagi sebentar lagi Bulan Ramadhan. Salah satu kreasi sari temulawak ini bisa dilihat dalam video berikut.


Nah, cara menambah nafsu makan agar tetap semangat dalam menjaga buah hati itu tidak harus melulu dengan hal-hal yang membutuhkan biaya yang mahal kan? Cukup olahraga, makan dan minum jamu atau multivitamin. Salah satunya seperti minuman herbal Herbadrink Sari Temulawak ini.

Oiya, Herbadrink Sari Temulawak ini aman dikonsumsi setiap hari karena terbuat dari bahan alami, tanpa bahan pengawet, tanpa endapan serta tidak menimbulkan efek samping. Karena Herbadrink Be Herba, Be Healthy! 😘

Jadi, itulah rahasia saya tetap semangat dalam menjalani aktifitas harian sebagai ibu untuk menjaga si buah hati. Kalau kamu apa rahasianya? 😊


Herbadrink Blog Compeition: Life Style Story with Sari Temulawak



19 comments:

  1. Ah aku juga uda coba mba emang enakan diseduh dingin lebih nyess rasanya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. tooosss mba, emang lebih seger diseduh dingin ya hihi...

      Delete
  2. Dulu, Marwah pernah beberapa kali susah makan. Bingung dong saya, dan akhirnya saya ganti menu makannya. Makan pagi, siang dan malam menunya berbeda dan Marwah pun jadi lahap makannya, ah ternyata anak bisa bosan dengan menu makanan yah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mba, soalnya kadang ada anak yg makan pagi ma malam gitu gmw sama dan harus hangat (kayak aku hahaha). Jadi biasanya gampang bosenan.

      Delete
  3. Hamil sekarang ini nafsu mkn saya berkurang bgt :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semangat mba, walaupun gak nafsu kudu tetep dijejelin. Coz kadangan ngaruh banget ke baby-nya nanti. Ya percaya atau enggak kadang kalau pas lagi hamil kitanya ga enak makan si babynya kalau uda mpasi makannya jg males2an. Tp gak semua gitu juga sih hihi...
      Semangat bumil :*

      Delete
  4. Kalo aku lebih suka diseduh dengan air hangat Han.. sepertinya boleh dicoba juga nih pake air dingin. Pasti lebih seger ya ��

    ReplyDelete
    Replies
    1. air hangat enaknya pas ujan-ujan mba :D

      Delete
  5. Emang dari dulu sdah banyak khasiatny temulawak ini, salah satu produk ini yg mengekstrak temulawak

    ReplyDelete
  6. bener mbak, aku habis minum ini bawaannya pengen makan terus,,,

    ReplyDelete
  7. wah, good idea unnie. Bisa di coba nih buat si kembar yang kalau di suruh makan harus pake drama kejar-kejaran dulu ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihihi...
      semangaaaat kejar-kejaran yaaa...
      hwaiting :D

      Delete
  8. Aku banget ini, hahaha harus beli biar nafsu makan lagi

    ReplyDelete
    Replies
    1. nah, buruan gih beli biar tetep semangat nglemburnya mba :D

      Delete
  9. minum ini juga baik buat jaga dari panas dalam ya :D

    ReplyDelete
  10. aku malah lagi cari gimana caranya nafsu makan aku berkurang
    Susah diet euy
    heheee

    ReplyDelete
  11. Kalo aku malah kelebihan minat makan Shay, ha-ha-ha...temulawak juga bagus buat anak2 ya biar doyan makan. Apalagi ada Herbadrink, cocok buat pekerja biar selalu fit .

    ReplyDelete

Terimakasih sudah berkomentar yang sopan dan membangun. Jangan bosan untuk berkunjung lagi ya. :)