Persiapan Penting Sebelum Masuk Kuliah

Wednesday, 10 May 2017


Persiapan Penting Sebelum Masuk Kuliah - Hallo dedek gemez! Lagi persiapan mau masuk kuliah ya? Uda nyiapin apa aja nih buat masuk kuliah, selain setumpuk uang pangkal dan alat tulis baru? 😇

Bukan maksud menakut-nakuti, tapi tahukan kamu kalau dunia perkuliahan itu keras? Tidak lagi bisa menye-menye manja seperti saat sekolah dulu hihihi... Jadi, persiapan alat tulis saja tidak cukup! Kuliah bukan hanya untuk cari jodoh, tapi kuliah juga ajang untuk membangun koneksi. Beneran deh, karena apa? Kuliah itu jenjang menuju jenjang profesional, yang mana didalamnya banyak persaingan baik positif maupun negatif.

Nah, sudah cukup parno belum?

BAHAHAHAHAHA.... 😎😎😎

Santai santai santai!

Gak semuanya begitu kok, sebenarnya tergantung kitanya sendiri sih memaknai kuliah itu untuk apa? Hanya untuk cari jodoh? Sebagai jenjang awal untuk membangun karir dan mencari ilmu? Atau hanya untuk sekedar mendapatkan ijazah?

Anyone?

Nah, sedikit memberikan wejangan dasar nih buat dedek-dedek gemez semuanya. Berdasarkan pengalaman aja sih ini mah. Ada 4 poin yang harus dipersiapkan sebelum masuk kuliah, diantaranya:

1| Persiapkan Mental
Yes, mental adalah hal dasar yang harus kamu persiapkan dengan matang. Terutama mental patah hati bruakakak... Enggak ding, ya pokoknya selain mental patah hati kamu juga harus sudah siap dengan mental kangen orang tua/ pacar/ tetangga atau bahkan kangen ayam di rumah 😝.

Selain itu, biasanya nih kalau seniornya pada belangsak ngeri-ngeri kamu harus siap mental cuek juga ya. Pokoknya maju terus pantang mundur, jangan lupa makan yang banyak biar setrong 😉. Terutama kalau lagi ospek, beugh. Bawa santai aja ya guys, kalau jadi pikiran malah berabe.

Baca Juga: Ospek Itu Harus Mendidik Bukan Menghardik

Kemudian juga gak cuma mental di dalam kampus aja yang harus dipersiapkan, tapi mental di luar kampus seperti dikosan. Kalau ibu kosnya galak pokoknya kudu siapin mental dan beribu alasan ya. Apalagi kalau nagih uang kosan 😂. Kadangan juga ada temen kos yang rese, suka seenaknya. Udah cuekin aja, anggap aja angin lalu HAHAHA...

2| Target/ Pencapaian
Sebenarnya kalau ini untuk tiap orang berbeda-beda ya. Tapi, kalau kamu memang menargetkan untuk lulus cepat dengan IPK tinggi saya saranin sih jangan terlalu banyak mengikuti organisasi dikampus. Ikutilah organisasi yang hanya menarik minatmu saja, dan yang paling penting berhubungan dengan bakat atau jenjang karir yang akan kamu pilih nanti. Misal, kalau pengen jadi penyiar atau sutradara maka ikutilah organisasi kampus yang berhubungan dengan broadcasting. Kurang lebih seperti itu, karena biasanya organisasi dikampus itu bisa memakan waktu. Alhasil belajar jadi kurang, atau malah bangun kesiangan trus bolos kuliah pagi 😄.

Tapi, kalau kamu memang ingin menjaring koneksi sebanyak-banyaknya tanpa repot memikirkan IPK. Maka, aktiflah di organisasi.

Tapi, yang perlu diingat adalah hati-hatilah dalam memilih organisasi di kampus. Jangan sampai kita terjerumus ke dalam lingkaran setan 😈.

Baca Juga : Ciri-ciri Organisasi Yang Berbahaya di Kampus (Dari teman saya Innayah). KLIK!

3| Jadilah Kreatif, Mandiri dan Jangan Mengeluh
Menjadi mahasiswa itu harus kreatif, mandiri dan jangan mengeluh supaya bisa survive. Tugas bakal banyak, yang terkadang kita butuh banget perjuangan untuk menyelesaikannya. Jadi, biar gak susah-susah amat jadilah kreatif. Think outside the box!

Kudu mandiri, kalau apa-apa ngandelin orang bakalan susah. Karena orang lain juga sedang berusaha untuk dirinya sendiri. Apalagi dosen gak kayak guru di sekolah yang tiap waktu bisa nyuapin hihihi... Nah, yang paling penting gak usah dikit-dikit ngeluh biar gak pada ilfil 😜.

4| Pandailah Mengatur Uang Bulanan
Nah, jadi mahasiswa itu jangan boros di awal bulan. Bisa-bisa akhir bulan ente cuma makan indomie tiap hari HAHAHA... Beneran deh, terutama buat cewek. Jangan kebanyakan shopping sis, kecuali kamu punya penghasilan tambahan. Eh tapi gak papa juga sih kalau mau boros, selama kiriman dari ortu unlimited mah 😇.

Jadilah mahasiswa yang setrong ya guys! Yang paling penting mah, jadilah orang yang berakal dan berilmu biar gak mudah terprovokasi. 😘

Salam cinta dari kakak ((((KAKAK)))) yang udah duluan lulus 💘💘💘.



8 comments:

  1. Waaa itu ugm cuma 15 menit dr rumah. Lha ntar dia enak2an aja ya? Jangan2 msh minta antar jemput juga? Oh nooo...

    ReplyDelete
  2. Kangen kampus, kangen ngekos, kangen main di kosan temen, ya ampun kangen masa2 itu haha.. Eh tapi bener mba han kuliah buat bangun koneksi, jd makin banyak main sama berbagai kalangan makin bagus, asal bisa jaga diri yah.. :D

    ReplyDelete
  3. Nyiapin sepatu, Kak.. *ingat tragedi pake sendal ke kampus

    ReplyDelete
  4. Jangan dibalik jadi organisasi nyambi kuliah, wkwk

    ReplyDelete
  5. Aakk ada tulisan akuh,,,makassi.
    Dengerin tuh adek adek

    ReplyDelete
  6. sekarg mah banyak yang kuliah biar di kata keren donag
    ntar ujung2nya nganggur

    ReplyDelete
  7. Hahahh, niat jga penting. Iya bener harus kreatig dan mandiri

    ReplyDelete
  8. Dear dedek2 gemez..

    Kuliah itu menurut aku beda tipis dengan pergaulan ketika terjun di dunia kerja.If you can make it pas kuliah, insya allah bisa bersosialisasi ketika kerja. Sukses di dunia kerja bukan melulu krn kamu pinter,IPK tinggi. Mostly soft skill yg membantu kamu naik ke puncak karir. Jadi.. jangan serius amat kalau kuliah. Tapi jangan terlalu sering bolos juga. Nikmati masa2 bersama teman2 kampus. Asik kok!

    Dari mbakmu yang sudah kuliah 2x (hahhahaa apasihh?)

    ReplyDelete

Terimakasih sudah berkomentar yang sopan dan membangun. Jangan bosan untuk berkunjung lagi ya. :)