Transpulmin Pertolongan Pertama Untuk Influenza Pada Anak

Wednesday, 20 September 2017

Transpulmin Pertolongan Pertama Untuk Influenza Pada AnakTeringat saat momen-momen pertama menjadi ibu, semua hal terasa asing bagi saya. Karena saya tidak punya adik dan jarang sekali menggendong ponakan saat bayi, jadi ketika momen pertama menggendong Abimanyu pun rasanya kagok. Selain itu, ingin memandikan bayi pun rasanya takut, ingin menyusui merasa tidak nyaman, ingin memijat bayi supaya lebih hangat dan rileks pun belum bisa, dan lain sebagainya. Banyak sekali hal baru dalam hidup saya saat itu yang harus segera saya pelajari. Kaget? Jujur iya, tapi semuanya harus dilalui dengan semangat dan bahagia.

Perlahan saya belajar bagaimana cara merawat bayi, walaupun mungkin belum sesuai tapi membuat bayi merasa nyaman, aman dan tenang dalam kehangatan kasih ibu itu pencapaian sekali buat saya. Karena beneran deh, pasca melahirkan itu saat-saat dimana terkadang emosi kita labil tidak karuan. Apalagi ketika bayi terkena influenza, banyak sekali dari ibu baru terkedang mengeluh sampai stress. Karena itu tadi, kaget. Dan cenderung tidak tahu apa yang harus dilakukan.

Meskipun bukan tergolong penyakit berbahaya, tetapi efek samping yang ditimbulkan dari gejala influenza bisa juga mempengaruhi kualitas emosi sang ibu. Efek samping yang biasanya ditimbulkan antara lain:

👶 Gangguan kualitas tidur si kecil dan ibu dikarenakan si kecil rewel di malam hari akibat nafasnya tersumbat,
👶 Karena kualitas tidur yang kurang baik di malam hari itulah si kecil menjadi rewel di pagi hari dan mengurangi minatnya untuk belajar hal baru dan cenderung lebih pendiam,
👶 Hal ini juga mempengaruhi kualitas tidur ibu, sehingga mempengaruhi kinerja ibu dan kualitas emosi ibu.

Jadi, penting sekali kan mengetahui pertolongan pertama apa yang harus dilakukan saat bayi terserang demam dan batuk pilek? Karena membuat bayi tenang dengan tidak sering menangis saat sedang sakit itu sangat bisa mempengaruhi kualitas tidur dan emosi bagi seorang ibu.

Influenza Pertama Abimanyu

Abimanyu terkena influenza untuk pertama kali saat usia 5 bulan dan saya tidak ada persiapan apapun saat itu, yang ada hanya panik dan bingung harus bagaimana. Terlebih lagi semua teori pertolongan pertama apa yang harus dilakukan saat anak terserang influenza ambyar seketika karena kebingungan 😓.

Yang saya lakukan saat itu hanya terus bertanya kepada teman-teman yang punya baby, apa yang harus dilakukan dan obat apa yang harus diberikan saat anak terserang influenza. Dan dalam fikiran saya kalau 1x24 jam Abimanyu tidak kunjung sembuh harus dibawa ke dokter.

Padahal kasus seperti apa yang saya alami ini PASTI semua ibu mengalaminya dan hampir terjadi pada setiap anak. Betul?

Pertanyaannya adalah, apakah perlu memberikan obat sebagai pertolongan pertama terhadap influenza pada anak? Dan apakah perlu seketika itu juga langsung dibawa ke dokter?

Menurut penelitian, dalam setahun seorang anak bisa menderita influenza sebanyak 8-9 kali. Dan itu merupakan hal yang normal. Influenza pada anak biasanya akan berlangsung selama 1 minggu. Apalagi kalau disertai dengan gejala seperti demam dan batuk yang tak kunjung henti. Waktu yang cukup lama ya memang untuk sembuh, tak heran bila akhirnya orang tua langsung membawa anaknya ke dokter karena merasa khawatir.

Penelitian di Amerika bahkan menyebutkan, setiap tahun terdapat 25 juta kunjungan ke dokter dan ruang gawat darurat karena influenza atau common cold, yang sebetulnya tidak perlu. Ini disebabkan karena orang tua yang merasa cemas.

Nah loh, jadi sebenarnya tidak perlu ya terburu-buru membawa anak ke dokter hanya karena terserang influenza. Influenza ini disebabkan oleh virus dan termasuk dalam kelompok self-diseas yang artinya virus ini akan sembuh dengan sendirinya tergantung daya tahan tubuh si penderita tanpa harus memberikan antibiotik ataupun obat yang lainnya.

Yang harus kita ketahui sebagai ibu adalah pertolongan pertama apa yang harus dilakukan dirumah jika anak mengalami influenza.

Pertolongan Pertama Influenza Pada Anak

Kalau saya, karena Abimanyu masih kecil dan saya sebisa mungkin menghindari obat selama itu belum perlu. Maka dari itu saya lebih prefer untuk memberikan treatment secara alami dan balsam atau penghangat tubuh seperti Transpulmin BB Balsam.

Transpulmin Pertolongan Pertama Untuk Influenza Pada Anak

American Academy of Pediatrics (AAP) menegaskan, tidak ada obat untuk kasus ini, perhatian, kasih sayang dan kehangatan orang tualah yang merupakan obat terbaik sehingga tercipta kondisi yang paling nyaman bagi anak.

Kalau saya biasanya selain melakukan treatment seperti di atas, juga menyuruh Abimanyu untuk lebih banyak istirahat dan minum air putih. Selain itu saya sering mengoleskan balsam hangat di dada, leher dan punggung Abimanyu. Balsam yang saya gunakan adalah merk Transpulmin. Transpulmin ini direkomen oleh beberapa orang terdekat saya yang sudah sering digunakan untuk anak-anaknya, karena dapat membantu memberikan rasa hangat sekaligus mencairkan lendir pilek. Karena Abimanyu masih dibawah 2 tahun, maka saya pakai Transpulmin BB Balsam.

Kenapa Harus Transpulmin BB Balsam?

Transpulmin BB Balsam merupakan balsam yang diformulasikan khusus untuk anak di bawah 2 tahun. Kata teman-teman saya sih, kalau mereka ke dokter karena anaknya batuk pilek sering diresepkan Transpulmin ini.

Tiap 1g Transpulmin BB Balsam mengandung 100,00mg Eucalyptol dan 7,44mg Chamomile Concentrate yang mana kedua bahan tersebut mampu melegakan pernafasan, menghangatkan badan, relaksasi dan aromanya menenangkan.

Texturenya sendiri tidak seperti balsam tapi lebih ke cream. Jadi mudah menyerap dikulit, tidak lengket dan tidak berminyak. Saya biasanya mengoleskan Transpulmin BB Balsam di dada, leher dan punggung Abimanyu. Sesuai dengan keperluan saja, biasanya 2-4 kali dalam sehari. Oiya, jangan digunakan pada muka khususnya di hidung dan bagian kulit yang sensitif ditakutkan malah menyebabkan iritasi.

Kemudian Transpulmin ini tidak mengandung Champor & Menthol karena efek sampingnya yang ditakutkan menyebabkan alergi pada kulit. Sebagaimana kita tahu kalau kulit anak di bawah 2 tahun itu masih sensitif.

Baca Juga: Tips Menjaga Kesehatan Kulit Bayi Agar Tetap Halus dan Lembut

Alhamdulillah sih selama ini kalau terkena batuk atau pilek belum pernah minum obat, kecuali memang demam tinggi di atas 39 derajat Celcius biasanya saya bawa ke bidan terlebih dahulu untuk pertolongan pertama.

Kondisi Yang Harus Diwaspadai Jika Anak Terserang Influenza

Walaupun kita sudah mengetahui pertolongan pertama apa yang harus di lakukan saat anak terserang influenza dan tidak serta merta harus terburu-buru membawa anak ke dokter, tetapi ada beberapa pengecualian yaitu kita harus tahu bahwa kondisi-kondisi seperti apa saja yang harus diwaspadai jika anak terserang influenza. Kondisi yang harus diwaspadai diantaranya:

💉 Pada bayi yang berusia di bawah 3 bulan biasanya perlu mendapat perhatian khusus, karena influenza ini malah bisa berkembang dengan cepat menjadi penyakit yang serius seperti bronchiolitis atau pneumonia,
💉 Batuk pilek yang disertai demam di atas 39 derajat Celcius dan berlangsung lebih dari 3 hari, jadi wajib hukumnya untuk memiliki thermometer sendiri di rumah,
💉 Sering mengantuk atau rewel yang berkepanjangan, karena selain perlu diwaspadai juga berefek ke kondisi psikologis sang ibu,
💉 Sering menarik telinga dan menangis,
💉 Batuk semakin parah diiringi nafas cepat/ sesak nafas, hal seperti ini biasanya harus dilakukan nebulasi maka dari itu lebih baik segera berkunjung ke dokter,
💉 Kondisinya tidak membaik lebih dari 7 hari.

Nah, bila kondisi-kondisi seperti ini terjadi pada buah hati kita segera kunjungi Dokter atau Rumah Sakit terdekat.

Apakah Transpulmin Hanya Untuk Anak Di bawah 2 Tahun?


Untuk anak usia 2 tahun ke atas bahkan orang dewasa ada yang namanya Transpulmin Family Balsam, fungsinya hampir sama yaitu dapat meredakan gejala influenza. Yang berbeda hanya kandungannya, yaitu tiap 1g mengandung Eucalyptol 10%, Menthol 5%, Camphor 2,5%, Sage Oil 2,5%, Chamomile concentrate 0,744%. Yang mana komposisi tersebut memiliki banyak khasiat, diantaranya meredakan influenza (sakit kepala, demam, hidung tersumbat, nyeri punggung), melegakan pernafasan, menghangatkan badan dan aromanya pun menyegarkan sehingga dapat memberikan efek relaksasi.

Sama seperti Transpulmin BB Balsam, texture Transpulmin Family Balsam ini berbentuk cream sehingga nyaman dikulit, tidak lengket, tidak berminyak dan cepat meresap.

Kalau pundak atau leher saya sakit karena kelelahan terlalu lama di depan komputer, saya pun tidak ragu untuk mengoleskan Transpulmin Family Balsam ini. Penggunaannya sesuai kebutuhan saja sih bisa 1-4 kali. Selain itu Transpulmin ini juga bisa dihirup uapnya, caranya dengan memasukkannya ke dalam 1 liter air panas. Untuk takarannya sendiri secukupnya saja, kalau dirasa aromanya uapnya sudah cukup berarti takarannya sudah pas hihi.

Berdasarkan pengalaman saya, memang sangat penting sekali mengetahui pertolongan pertama apa yang harus dilakukan saat anak terkena influenza. Supaya anak dan ibu juga sama-sama tenang dan tidak panik. Selain itu, ada baiknya menyediakan Transpulmin di kotak P3K untuk jaga-jaga jikalau suatu hari dibutuhkan. Transpulmin sangat mudah sekali di dapatkan, di Apotik-apotik terdekat pun pasti ada.

Kemasan Transpulmin yang travel friendly memudahkan kita untuk selalu membawanya kemanapun dan kapanpun. Sehingga tepat sekali kalau Transpulmin menjadi alternatif pertolongan pertama jika anak terkena influenza.

Jadi buibu, yuk lebih perhatikan lagi kesehatan anak dan keluarga supaya anak tetap ceria dan ibu pun bahagia.

***

Tulisan ini diikutsertakan dalam Lomba Blog Transpulmin X KEB. For more info, please click the banner information below!



Source:
https://agnes.ismailfahmi.org/batuk-pilek-tak-perlu-antibiotik-61017c947ebd
http://bit.ly/KEBTranspulmin



6 comments:

  1. Aku juga pake ini ceu buat anak2, soalnya hangatnya pas, kemasannya gampang disempilin di tas.

    ReplyDelete
  2. Bentuknya imut ya transpulmin, praktis kalo buat pergi2an. Apalagi skrg cuaca lagi tak menentu harua siap transpulmin buat si kecil.

    ReplyDelete
  3. Aku pakai ini juga buat kenzo. Yeyeye kita samaan ya mb

    ReplyDelete
  4. waktu kecil, Dija juga sering dikasi ibu Transpulmin ini
    baunya enak... dija suka

    ReplyDelete
  5. nasib tinggal di daerah, susah nyarinya >,< coba nanti cari online. Soalnya kalau sehat sih anak damai-damai aja, kalau mulai flu emaknya yang panik. Thanks for sharing mba :)

    ReplyDelete
  6. Transpulmin ini andalan saya banget...

    ReplyDelete

Terimakasih sudah berkomentar yang sopan dan membangun. Jangan bosan untuk berkunjung lagi ya. :)