Tips dan Cara Menjaga Kesehatan Kulit Bayi Agar Tetap Halus dan Lembut

Friday, 8 September 2017

Mah, Abim pijitin dong pakai Massage Oil-nya Mustlela!

Tips dan Cara Menjaga Kesehatan Kulit Bayi Agar Tetap Halus dan Lembut - Menjaga kesehatan kulit bayi itu memang gampang-gampang susah ya. Karena kulit bayi terutama usia 0-2 tahun memiliki lapisan kulit yang belum berfungsi dengan baik sehingga perlu dilindungi dan diperkuat. Terkadang sebagai ibu ingin selalu memberikan yang terbaik untuk buah hatinya. Alih-alih ingin merawat kulit bayi, seringkali malah perawatan yang salah dapat membuat kulit bayi menjadi iritasi.

Seperti beberapa waktu yang lalu, di sekujur tubuh bagian belakang Abimanyu muncul bintik-bintik biang keringat. Walaupun tidak parah, beruntungnya bisa segera di atasi dan lekas sembuh. Nampaknya karena mungkin beberapa waktu yang lalu cuaca sedikit panas dan Abimanyu sering keringetan.

Untuk menjaga kesehatan kulit Abimanyu mulai dari pakaian, deterjen, makanan sampai produk perawatan bayi pun saya perhatikan. Mungkin hal yang sama juga dilakukan oleh ibu-ibu di luar sana ya.

Nah, untuk menjaga kesehatan kulit bayi agar tetap halus dan lembut. Saya punya sedikit tips nih mom, sederhana sih mulai dari hal-hal sepele siapa tahu bermanfaat. Disimak, yuk!

πŸ™Œ Pilih bahan pakaian yang aman nyaman untuk bayi
Mom, jangan remehkan soal bahan pakaian bayi ya?! Memilih pakaian yang cantik ataupun bagus saat dikenakan si buah hati tidak ada salahnya, tetapi tetap perhatikan fungsi utama dari pakaian itu sendiri. Yaitu melindungi, memberikan kenyamanan dan keamanan bagi kulit bayi.

Jangan sampai kulit bayi yang masih sensitif itu terkena iritasi dikarenakan bahan pakaiannya yang mengandung zat berbahaya. Jangan remehkan efek sampingnya loh, karena yang lebih membahayakan adalah pakaian yang mengandung bahan zat aditif dapat terhirup oleh bayi. Sehingga bisa menyebabkan gangguan pernapasan.

Maka dari itu, pilihlah bahan pakaian yang aman dan nyaman untuk bayi. Selain berbahan lembut dan halus, biasanya pakaian bayi berbahan katun cukup aman dan nyaman. Karena dapat menyerap keringat. Pakaian berbahan katun untuk bayi pun sangat mudah di dapatkan. Kemudian, pakaikanlah pakaian sesuai dengan cuaca. Misal, saat musim panas gunakanlah pakaian yang agak tipis dan menyerap keringat supaya bayi tidak mudah iritasi/ terkena biang keringat. Maka dari itu, seringnya saya pakaikan kaos dan celana pendek katun saja kepada Abimanyu 😁. Selain gak ribet, bahan kaosnya pun lembut sehingga aman dan nyaman dipakainya.

πŸ™Œ Cuci terlebih dahulu untuk pakaian yang baru dibeli
Pakaian bayi yang baru dibeli wajib untuk dicuci ya, Mom. Gunanya untuk meluruhkan zat pewarna, zat kimia ataupun kotoran yang terdapat pada kain. Nah, untuk pencuciannya sendiri usahakan pakai deterjen cair ya ataupun deterjen yang memang khusus untuk bayi. Karena dari pengalaman saya mencuci baju bayi pakai deterjen bubuk, deterjennya terkadang masih menempel pada baju walaupun sudah dijemur kering. Untuk orang dewasa saja terkadang suka bikin gatal, apalagi untuk bayi.

Oiya, selain menyoal deterjen saat menjemur pakaian bayi usahakan jangan melebihi pukul 5 sore ya. Ini bukan mitos lho, ini fakta hihi 😁. Karena biasanya saat pergantian siang ke malam serangga beramai-ramai keluar dari sarangnya, sehingga bisa saja menempel ke pakaian bayi tersebut.


πŸ™Œ Perkenalkan dengan MPASI homemade
MPASI bisa saja menjadi pemicu alergi pada bayi, terutama alergi pada kulit yang ujung-ujungnya dapat menimbulkan iritasi. Memang sedikit tricky sih ya, soalnya ini hubungannya dengan makanan. Itulah sebabnya dalam anjuran WHO terkait MPASI, 2 minggu pertama masa MPASI diperkenalkan terlebih dahulu dengan menu tunggal. Tujuannya untuk mengidentifikasi jenis makanan apa dan yang mana yang dapat menimbulkan alergi pada bayi, terutama pada kulit bayi.


πŸ™Œ Pilih produk perawatan bayi yang tepat
Dari beberapa poin yang telah saya sebutkan di atas, kunci utamanya adalah poin terakhir ini: temukan produk perawatan bayi yang tepat untuk si buah hati guna menjaga kulit bayi tetap halus dan lembut dari luar. Kalau Abimanyu, kebetulan sudah beberapa minggu ini sedang mencoba produk dari Mustela Bebe. Dan Alhamdulillah-nya sih cocok. Sekalian saja saya mau share di poin ini ya, siapa tahu bermanfaat πŸ˜‰.

Ada yang sudah pernah dengar produk perawatan bayi Mustela Bebe? Saya jelaskan sekilas ya, soalnya memang jujur saya juga baru mendengar produk ini sekitar satu bulan yang lalu.

Jadi, Mustela Bebe ini adalah brand mother and baby skincare nomor 1 di Eropa yang berdiri sejak Tahun 1950. Di Indonesia sendiri sejak awal Tahun 2016, Mustela Bebe mulai didistribusikan oleh PT Interbat, perusahaan farmasi yang dikenal sebagai salah satu produsen farmasi 5 besar nasional.


Nah, kenapa saya percaya untuk menggunakan produk dari Mustela Bebe? Karena Mustela Bebe mengandung bahan aktif alami Avocado Perseose untuk memperkuat kulit bayi sehingga lebih tahan terhadap iritasi/ kemerahan dan menjaga kekayaan stem cell yang berperan dalam menjaga kualitas kulit, sekarang & seterusnya. Sesuai dengan taglinenya Mustela Bebe #MustelaTodayForTomorrow.
Apa itu Avocado Perseose? Adalah bahan alami generasi baru yang dipatenkan oleh Mustela dan kini digunakan dalam semua varian Mustela Bebe. Berasal dari jenis Avocado Persea Gratissia dari Peru dan Afrika Selatan, Avocado Perseose dapat bekerja secara harmonis dengan kulit bayi.

Selain Avocado Perseose, Mustela Bebe juga mempunyai keunggulan lainnya. Diantaranya:

  • Efikasi yang teruji secara klinis. Teruji klinis dibawah pengawasan dokter pada lebih dari 845 bayi dan anak.
  • Keamanan yang terjamin. Dengan formulasi hypoallergenic & teruji secara klinis, Mustela bebe menggunakan bahan alami, dan tidak mengandung bahan-bahan berbahaya seperti alcohol & paraben sehingga Mustela Bebe aman dipakai dari bayi baru dilahirkan (newborn).
  • Ramah lingkungan. Mustela adalah member dari organisasi internasional UEBT (Union for Etichal Bio Trade) yang menjamin produksi dan pemakaian bahan alami yang aman, terpercaya dan ramah lingkungan. Produksi mustela juga menggunakan botol yang 100% bisa didaur ulang.
  • Kenyamanan khas mustela. Kenyamanan khas mustela ikut merancang panca indera bayi dengan tekstur yang lembut dan melembabkan dengan wangi yang menyegarkan.
  • Rangkaian produk yang lengkap. Mustela bebe mempunyai rangkaian produk yang lengkap untuk memenuhi semua kebutuhan perawatan kulit bayi: Cleansing, Bath Time, Diaper Change, Daily Skin Care, Well-Being.

Nah, itu tadi sekilas tentang Mustela ya. Lalu rangkaian produk apa saja yang digunakan oleh Abimanyu?



Bath-Time
Abimanyu paling senang kalau sudah disuruh mandi, gak mau udahan. Senang mainan air, diciprat-cipratin. Senang mainan sabun, bahkan kadang sabun yang ada di tangan suka dimasukin mulut ma dilap-lapin ke muka. Kebayang deh itu kalau formulanya bikin pedih di mata.

Ngomongin sabun, sabun pada bayi umumnya ada 2 yaitu sabun cair dan sabun batangan. Bahannya pun kebanyakan tidak mengandung bahan yang dapat membuat kulit menjadi iritasi. Nah, Mustela Bebe memiliki 2 jenis sabun yaitu Dermo Cleansing dan Gentle Soap Nutriprotective. Keduanya memiliki manfaat dan fungsi yang kurang lebih sama.

Dermo Cleansing
Gentle Soap Nutriprotective

Fungsi dan kandungannya pun hampir sama, yaitu untuk membersihkan, melindungi dan menjaga keseimbangan lapisan pada kulit kepala dan badan bayi.

Saat pertama kali memakaikan Dermo-Cleansing ke Abimanyu reaksinya kurang suka, dia langsung agak-agak seperti mau nangis gitu. Mungkin karena baunya yang terlalu menyengat sih ya. Padahal kandungannya sudah jempolan banget. Tapi setelah itu no problemo sih, anaknya asik main air lagi.

Untuk Dermo-Cleansing ini tidak mengandung deterjen, no paraben dan teruji hypo-allergenic. Sehingga aman digunakan oleh bayi sejak lahir. Kandungan dari Dermo-Cleansing diantaranya:

✔ Avocado Perseose, yang berguna untuk memperkuat lapisan pelindung kulit dan mempertahankan kesehatan stem Cell/ sel punca.
✔ Vitamin B5 untuk menenangkan dan melembabkan.
✔ Gentle Surfactants, yaitu bahan pelindung permukaan kulit yang lembut, membersihkan tanpa menghilangkan minyak alami di kulit.
Beda halnya dengan Gentle Soap Nutriprotective, Abimanyu reaksinya aman saat diusapkan ke badan. Ceria seperti biasanya mainan sabun, karena baunya yang lebih ramah dan lebih segar. Jujur sih, kalau saya lebih suka dengan gentle soap ini. Karena selain banyak busanya juga gak bikin kulit licin. Kandungan dari Gentle Soap Nutriprotective diantaranya:

✔ Avocado Perseose,
✔ Natural Cold Cream untuk melembabkan dan menenangkan,
✔ Ceramide berfungsi untuk mengganti cairan lipid yang hilang.


Diaper Change
Menyoal diaper, saya sangat hati-hati dalam memakaikan popok sekali pakai untuk Abimanyu. Karena ini hubungannya kan dengan area kelamin ya, sebisa mungkin memakaikan popok itu yang lembut dan tidak bikin ruam. Nah, Abimanyu biasanya untuk daerah sekitar area popok bagian punggung belakang suka timbul kemerahan yang diakibatkan oleh karet diapers, jika seperti itu saya langsung mengoleskan baby cream. Kebetulan dari rangkaian baby skincare-nya Mustela ada namanya Barrier Cream.


Barrier Cream ini sendiri berfungsi untuk mencegah dan meredakan ruam popok, dengan mekanisme kerja 1 2 3 :
1 πŸ‘‰ Avocado Perseose yang dapat melindungi sel inti dan lapisan kulit terluar,
2 πŸ‘‰ Alcacea Oxeoline untuk mengurangi peradangan pada kulit,
3πŸ‘‰Sunflower Oleodistillate yang dapat memperbaiki lapisan pelindung kulit dan meningkatkan pembentukan lipid kulit bagian luar,
➕ Zinc Oxide sebagai pelindung kulit ekstra dari infeksi.

Barrier Cream ini tidak mengandung parfum jadi aman baunya plain gitu, setiap sehabis mandi atau mengganti popok saya selalu memakaikannya ke bagian kulit punggung dan selangkangan yang merah-merah karena karet diapers. Teksturenya creamy tapi agak kental dan kesat, menurut saya tidak bikin lengket dikulit ya kalau di-blend secara merata. Awalnya gak ada ekspektasi apapun sih ya, pokoknya berdoa saja mudah-mudahan cocok. Dan sejauh ini sih lumayan membantu, kulit punggungnya Abimanyu jadi tidak begitu kering lagi dan kemerahannya pun sedikit hilang.

Daily Skincare
Abimanyu tidak terlalu banyak menggunakan daily skincare paling sering saya hanya memakaikan body lotion saja kepada Abimanyu setelah mandi, terutama pada bagian tangan dan kaki sambil dipijat lembut. Apalagi setelah Abimanyu aktif merangkak kesana kemari, bagian dengkul dan bagian jari-jari kaki sering kotor dan menghitam. Maka dari itu, saya rasa perlu untuk memakaikan body lotion supaya kulitnya tetap lembab dan tidak kasar.


Mustela sendiri punya varian body lotion, namanya Hydra Bebe Body Lotion. Wanginya enak tidak menyengat dan tidak bikin lengket di kulit karena teksturenya yang ringan. Bisa bikin kulit lembab sepanjang hari, dan yang paling penting adalah hypo-allergenic dan tidak mengandung bahan berbahaya. Untuk komposisinya terdiri dari:

✔ Avocado Perseose,
✔ Jojoba Oil untuk menjaga lemak dalam kulit dan mempertahakan kelembaban kulit,
✔ Vitamins E dan F untuk memulihkan dan menjaga keseimbangan air di kulit,
✔ Shea Butter.

Ini kedemenannya Abimanyu, kalau habis mandi pijitan menggunakan Hydra Bebe pasti anteng diem aja. Terkadang sampai ketiduran hihi 😁.

Selain merawat kulit tubuh, kulit muka juga perlu di rawat agar tidak kering. Kalau Abimanyu emang dasarnya kulit bayi sudah lembut dan kenyal ya, saya tidak begitu intens melakukan perawatan untuk bagian muka. Tapi, ada kalanya tiba-tiba muka muncul beruntus ataupun semacam ada bagian kecil yang kering atau mengelupas disitulah saya suka memakaikan baby cream terkadang. Supaya kulit muka lembab kembali.
Hydra Bebe Facial Cream, adalah salah satu varian skincare dari Mustela yang diformulasikan khusus untuk kulit muka. Langsung melembabkan kulit dan bertahan lama, memperkuat lapisan pelindung kulit serta menjadikan kulit muka lebih halus, kenyal dan lembut. Untuk komposisi Hydra Bebe Facial Cream ini terdiri dari:

✔ Avocado Perseose,
✔ Jojoba Oil,
✔ Vitamis E dan F,
✔ Shea Butter.


Well-Being
Aktifitas favorit yang sering saya lakukan dengan Abimanyu selain bermain adalah memijat. Saya selalu suka memijat Abimanyu, terutama saat setelah mandi atau sebelum tidur. Karena ternyata banyak sekali manfaat memijat bayi itu, diantaranya:
πŸ’— Membantu pengembangan sensor motorik bayi,
πŸ’— Memberikan si kecil perasaan aman, nyaman dan merasa dicintai,
πŸ’— Membantu memperkuat sistem pencernaan, peredaran darah dan pernapasan,
πŸ’— Mengurangi sembelit, dsb.



Nah, varian Massage Oil dari Mustela Bebe ini sangat membantu saya. Karena enak banget dipakai untuk pijat memijat bayi, gak hanya bayi sih buat dewasa juga enak dipakai untuk memijat. Karena berasal dari 100% minyak yang di ekstrak dari tanaman, cepat diserap sehingga tidak lengket di kulit serta membuat bayi merasa hangat dan rileks. Kalau habis mandi dipijat pasti Abimanyu langsung tidur hahha... Dasar anaknya doyan tidur. Untuk komposisi dari Massage Oil ini terdiri dari:

✔ Avocado Perseose,
✔ Pomegranat Seed Oil yang dapat menenangkan, memperbaiki dan menutrisi kulit (kaya akan Vit. E, Omega 6, dan kandungan Omega 5-nya membantu membangun sel pelindung kulit).
✔ Sunflower Oil membantu merestrutur ulang, memperbaharui dan melembabkan kulit (Kaya akan Omega 6 dan 9). Kandungan Omega 9 yang tinggi memiliki efikasi yang sama dengan minyak Almond yang berguna sebagai pelumas dan tidak menimbulkan alergi.

Beneran deh pijat memijat bayi itu seru sekali, apalagi kalau bayinya senang dan ceria. Ada yang masih bingung gak bagaimana cara memijat bayi? Kalau masih bingung yuk dilihat video berikut ini, dijamin bisa bikin bayi rileks dan lebih nyaman saat tidur.



Nah, itu dia beberapa produk perawatan bayi dari Mustela Bebe yang dipakai Abimanyu sekarang. Semuanya saya gunakan sesuai kebutuhan sih, Alhamdulillah kulit Abimanyu tetap halus dan lembut walaupun ada beberapa bekas luka karena terjatuh. Maka dari itu tetap waspada ya mom dalam mejaga kesehatan kulit bayi. Yang terpenting adalah melindungi anak saya hari ini untuk hari esok #MustelaTodayForTomorrow.

Kalau ingin tahu lebih lanjut tentang Mustela Bebe, bisa loh dikepoin di media sosialnya.

Website : www.mustela.co.id
Facebook : Mustelaindonesia
Instagram : @mustelaindonesia

Itulah beberapa tips dan cara yang sering saya lakukan dalam menjaga kesehatan kulit bayi agar tetap halus dan lembut. Mudah-mudahan dengan sedikit apa yang sering saya terapkan ke Abimanyu bisa membantu ya.

Kalau Mommy sekalian, ada tips apa nih dalam menjaga kesehatan kulit bayi? Share dong di kolom komentar! 😊


17 comments:

  1. Replies
    1. Iya ceu, tapi lumayan siah ingredients na jempolan hihi

      Delete
  2. Wah malah lebih suka sabun batangnya ya.
    Oke oke. Terimakasih buat infonya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau aku gitu mba hihi... Soalnya kl sabun batangan kan emang lebih banyak busanya biasanya hehe...

      Delete
  3. suka banget sama wanginyaaa ya .. nyaman pengen meluk anak lebih lama terus2an hehehe

    ReplyDelete
  4. Mantap mak, rekomendasi buat nanti kl udh punya anak

    ReplyDelete
  5. wah ini baru tahu aku , produk baru sptnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya sepertinya gitu mba, yg mustela bebe ini baru didistribusikan di indo tahun lalu...

      Delete
  6. Aku baru kali ini denger produk skincare utk baby, Mustela Bebe mbak,
    Most of them pake bahan Avocado Perseose ya mbak, keliatan alami bet, hee, PAntas sudah Terkenal di Eropa, tentu sangat rekomen nih ya mbak, produknya, hehee

    ReplyDelete
  7. Aku juga suka bgt pijit2 bayiii, hihi. Skrg makin menyenangkan pijit bayi pake mistela massage oil ya. Cpt meresap dan gk lengket

    ReplyDelete
  8. tterimakasih atas informasinya jangan lupa kunjungi kami di http://idblackwalet.com/sabun-pembersih-komedo/

    ReplyDelete
  9. wiih Abim cepet gede aja nih ah, kapan kita ketemu ya naak

    ReplyDelete
  10. sering lihat produk mustela ini di toko bayi langganan. memang katanya produknya bagus yaa

    ReplyDelete
  11. Adanya mustela jadi banyak pilihan untuk perawatan bayi
    Kunbal y

    ReplyDelete

Terimakasih sudah berkomentar yang sopan dan membangun. Jangan bosan untuk berkunjung lagi ya. :)