Cara Membuat Tabungan di Bank Untuk Anak Balita

Wednesday, 22 November 2017


Cara Membuat Tabungan di Bank Untuk Anak Balita - Kali ini saya mau sedikit cerita nih tentang pengalaman saya membuat tabungan atas nama Abimanyu (14 bulan) beberapa waktu yang lalu. Jadi, selama ini saya kalau nabung disatuin dalam satu rekening saja. Belum di pos pos-kan, padahal kalau di pos-kan itu lebih mudah ya mengaturnya. Nah, oleh karena itu sering banget tabungan yang harusnya dikhususkan buat anak terkadang terpakai untuk yang lain.

Lho, emang bisa ya bayi bikin tabungan?

Setahu saya bisa, karena saya kemarin mengalaminya sendiri. Tapi yaitu, tetap harus ada wali. Tapi tetap untuk rekening atas namanya si anak.

Kemarin saya bikin rekening TabunganKu di Bank BCA, sebenarnya untuk rekening TabunganKu ini gak hanya di Bank BCA saja sih, karena ini merupakan salah satu program pemerintah jadi di Bank lain juga ada.

Nah, kenapa saya pilih jenis rekening TabunganKu?

Alasannya simple aja sih, karena saya hanya ingin menabung yang mana gak bakal dipakai untuk keperluan bulanan. Entah ya, saya saat ini belum tertarik untuk mendaftar jenis-jenis asuransi ataupun bermacam-macam program investasi. Saya sih fokusnya lebih ke ingin nabung dulu saja.

TabunganKu ini bukan jenis tabungan anak ya, saya hanya membuat rekening TabunganKu atas nama anak saya.

Selain itu, kelebihan rekening TabunganKu, diantaranya:
  1. Bebas biaya administrasi bulanan, ini sebenernya yang paling saya suka 😂,
  2. Setoran awal pembukaan rekening murah banget, yaitu Rp 20.000,- saja,
  3. Setoran tunai selanjutnya juga sangat-sangat tidak membebani, karena setoran minimum sebesar Rp 10.000,-,
  4. Mendapatkan suku bunga sesuai dengan penempatan saldo tabungan, kalau ini tiap pribadi relatif ya kalau sudah urusannya sama bunga 😁.
Selain hal di atas, saya juga bisa fokus menabung di rekening ini karena setiap bulan untuk penarikan tunai melalui ATM juga dibatasi hanya 4x lebih dari itu dikenakan biaya. Plus gak bisa buat debit, gak bisa e-banking cuma dapet ATM ma buku tabungan saja. Jadi, intinya emang buat nabunglah ya daripada nabung di bawah kasur mah berabe padahal duitnya gak seberapa, yang ada habis mulu buat beli cokelat di warung sebelah HAHAHA...

Lalu, bagaimana cara membuatnya?

Kebetulan saya punya teman yang kerja di Bank BCA, memang sebelumnya saya sudah tanya-tanya terlebih dahulu. Jadi, pas datang ke Bank saya sudah siap dengan semua persyaratannya. Yang dibutuhkan dalam membuat tabungan untuk anak diantanya:
  1. Akte Kelahiran Anak,
  2. Kartu Keluarga,
  3. KTP Wali,
  4. NPWP Wali.
Tapi, nanti setelah si anak berumur 17 tahun rekening harus di tutup dan diganti dengan membuat rekening baru atas nama anak dan dengan ID yang dia punya. Secara 17 tahun mah uda punya KTP kan jadi gak perlu perwalian.

Memang saya sebelumnya sudah mempunyai rekening di Bank BCA yaitu jenis tabungan Expresi, jadi semacam joint account gitu kali ya. Soalnya untuk rekening TabunganKu ini di buku tabungan tertulis atas namanya Abimanyu namun juga tertulis nama saya sebagai wali. Kemudian, rekening saya di BCA juga di tanya sebagai data.

Nah, simple aja sih cuma begitu doang. Yang penting si bayi sudah punya tabungan sekarang, biar emak bapaknya lebih rajin lagi nabungnya. Karena kalau saya sih mikirnya, pokoknya harus punya tabungan untuk anak seberapapun nominalnya. Biar gak terlalu puyeng mikirnya kalau nanti sewaktu-waktu perlu. Dan tidak boleh dipakai untuk keperluan apapun kecuali keperluan si anak itu sendiri.

Demikianlah, cerita kali ini. Semoga informasi yang saya tulis bermanfaat ya 😘,

Kalau ada yang mau sharing soal tabungan untuk anak, monggo loh. Silakan tulis dikolom komentar ya 😊.



18 comments:

  1. Wah, jd terinspirasi buka tabungan buat jav & rashya... Makasih sharingnya :)

    ReplyDelete
  2. Wah ini good information ya mba.
    Harus disiapkan sejak dini.

    ReplyDelete
  3. Aku juga mau bikin buat tabungan pendidikan anak2, mayan biar ga berat teuinh ceu

    ReplyDelete
  4. Kalau di BRI, tetap atas nama bapak/ibunya, tapi jenis tabungannya junior.

    ReplyDelete
  5. Wah...aku tergoda nih mba. Nanti tanya ke BNI atau Mandiri ah, barangkali bisa juga. cz kemarin sempat tergiur asuransi tapi kayanya enakan tabunganku dulu deh.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ada kok mba di BNI ma Mandiri, sepertinya ini ada di semua bank. Tapi ini gak khusus tabungan anak lho ya tapi jenis tabungan umum biasa, cuma saya aja yang pengen bikin ini atas nama anak hihihi...

      Delete
  6. aku baru tau BCA juga ada secara akupun pengguna BCA dan ini menariknya bebas admin jadi pengen buatin hehehe

    ReplyDelete
  7. Baru tau nih ada tabungan untuk anak bebas biaya admin, jenis tabungan ini bebas bunga dan bebas pajak juga gak mba?

    ReplyDelete
    Replies
    1. sudah ditulis di atas ya mba, ini bukan tabungan anak tapi tabungan umum biasa yang aku bikin atas nama anak hehe... ini masih ada bunganya tp bebas biaya admin, sudah di tulis juga kok di atas... coba dibaca lagi deh :)

      Delete
  8. Dulu pernah ditawari bikin tapi belum bikin sampe sekarang ^^

    ReplyDelete
  9. Mau coba juga ah buatin si kecil. Kebetulan suami juga punya ATM BCA

    ReplyDelete
  10. Aku baru tau kalo di BCA ada jenis tabungan "Tabunganku" ini. Gak ribet ya? Jadi pengen bikin untuk anakku, kebetulan aku nasabah BCA. Kemarin ditawarin bikin tabungan junior di salah satu bank, sayangny aku gak punya rekening di bank itu :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. TabunganKu dimana2 ada kok mba, BNI, Mandiri, BRI, dll. Gak ribet banget, apalagi kalau kita uda punya rekening sebelumnya di bank tersebut. Oiya, ini bukan khusus tabungan anak lho, cuma saya bikin aja khusus buat nabung keperluan anak dan diatasnamakan anak hihihi...

      Delete
  11. asiik si Abim gemar menanbung

    ReplyDelete
  12. Krn aku kerja di bank, di sini jg ada produk tabungan utk anak. Cm sama kyk bca, ttp hrs diwalikan, dan umur 18 thn, hrs tutup, dan si anak buka sendiri :) . Mungkin krn kontrolnya jd lbh gampang, makanya aku lbh seneng bikin tabungan anak di bank tempat aku kerja aja :D. Jd bisa cek sendiri di sistem ttg pergerakan cash nya :D

    ReplyDelete
  13. Ya ampun, masih banyak udah bisa nabung aja nih, bener-bener kids jaman now

    ReplyDelete
  14. Waaa informatif bgt ini. Perlu jg nih kayaknya dibikin untuk anakku :D

    ReplyDelete
  15. Waaa informatif bgt ini. Perlu jg nih kayaknya dibikin untuk anakku :D

    ReplyDelete

Terimakasih sudah berkomentar yang sopan dan membangun. Jangan bosan untuk berkunjung lagi ya. :)