Anak Aktif Itu Sehat Jiwa Raganya

Thursday, 10 January 2019


Anak Aktif Itu Sehat Jiwa Raganya - Memiliki anak yang aktif itu terkadang membuat kita kewalahan dan emosi, begitupun dengan saya. Akhir-akhir ini Abimanyu bisa dibilang meningkat tingkat keaktifannya. Istilahnya lebih aktif tingkahnya dan lebih cerewet dari yang sebelumnya. Pokoknya dia hanya diam pada saat tidur saja, selebihnya tidak bisa diam. Mungkin lagi fasenya  anak 2 tahun seperti ini ya.

Antara sedih dan senang sih sebenarnya saya. Sedih karena capek banget dan cukup menguras emosi, apalagi Abimanyu punya adik yang belum genap satu tahun. Dan adiknya juga sedang aktif-aktifnya, jelas saja dong saya kewalahan karena mengurus mereka berdua tanpa bantuan nanny. Apalagi saya dan suami juga LDR.


Padahal, anak yang cenderung aktif bergerak itu ternyata baik untuk kesehatan jiwa dan raganya. Dan anak yang aktif, banyak bertanya, dan banyak melakukan gerakan ternyata cenderung lebih baik dalam menyerap berbagai pelajaran dan pengetahuan. Seorang dokter pemerhati gaya hidup, yaitu Dr Grace Judio-Kahl MSc MH mengatakan: anak itu pada dasarnya pasti akan aktif. karena anak berbeda dengan orang dewasa.

Perbedaan pertama, kaki anak masih kecil sehingga bila berjalan dengan jarak yang sama dengan orang tua, langkah anak akan lebih banyak dan jauh lebih aktif daripada orang tua.

Perbedaan kedua, anak belajar dengan cara banyak bergerak, sementara orang dewasa belajar dari banyak membaca, melihat komputer, dan lain sebagainya. Selain itu, anak juga mencari jati diri dengan olahraga atau melakukan aktifitas fisik. Anak yang banyak melakukan aktivitas fisik justru akan membuat si anak sehat.

Setiap anak itu berbeda dan unik, walaupun pola asuhnya sama tapi hasilnya pasti bakal berbeda. Karena saya percaya beda anak itu beda pintar. Artinya pintar dalam minat dan bidang yang berbeda. Maka dari itu, janganlah membanding-bandingkan anak satu dengan anak yang lainnya. Karena setiap anak memiliki gaya belajar yang berbeda-beda.

Ada anak yang cenderung lebih senang dengan gaya belajar visual (penglihatan), ada yang lebih senang dengan gaya belajar auditorik (pendengaran), dan ada pula yang cenderung lebih senang belajar dengan kinestetis (gerakan). Nah, Abimanyu sepengamatan saya sampai saat ini lebih belajar senang dengan gaya belajar kinestetis. Karena dia lebih banyak belajar sambil bergerak daripada duduk diam.

Kesehatan Anak Secara Psikologis
Menurut psikolog anak, Roslina Verauli MPsi mengatakan, aktivitas fisik membuat anak menjadi lebih sehat. Tapi secara psikologi, kemampuan kognitif juga terasah saat anak melakukan kegiatan olahraga. Fungsi yang berperan saat memberi atensi, konsentrasi, memberi keputusan, memecahkan masalah, itu akan terlatih saat anak berolahraga.

Aktifitas Untuk si Anak Aktif
Abimanyu adalah tipe anak yang tidak bisa diam, maka dari itu kalau mainan pun sukanya yang terus bergerak. Dia kalau disuruh mainan duduk diem ditempat tidak bisa, malah cenderung merusak mainannya alias dipritilin. Tapi, kalau suruh lari-lari kejar ayam, main bola, jalan-jalan kalau pagi hari ataupun mainan sepedaan di luar bakal seneng banget.

Bagi anak balita berolahraga artinya sekedar melakukan aktifitas fisik yang mendorongnya untuk aktif bergerak, seperti: berlari, melompat, menendang, dsb. Bukan berarti harus angkat berat atau ke-gym ya. 😂 Nah, berolahraga bagi si anak aktif ini juga banyak sekali manfaatnya karena dapat membantu menstimulasi kepintaran gerak tubuh (body smart). Diantaranya:

  • Memperkuat daya tahan tubuh, sebagaimana yang kita tahu bahwa olahraga dapat melancarkan aliran darah ke seluruh tubuh. Begitupun dengan anak-anak, sehingga dapat menyehatkan jantung, paru-paru juga kekebalan tubuh si anak.
  • Melatih fungsi dan kemampuan motorik, dengan rajin berolahraga dapat melatih tubuhnya untuk kuat berlari, melompat, melempar, memanjat, berdiri, duduk, menendang, dan lain sebagainya.
  • Meningkatkan kepintaran, menurut penelitian di Michigan State University’s Institute bahwa anak yang gemar berolahraga memiliki tingkat kepintaran lebih tinggi dibandingkan anak-anak yang tidak pernah berolahraga. Salah satu penyebabnya adalah anak yang sering berolahraga terbiasa mengikuti arahan, lebih mampu berkonsentrasi, dan lebih pandai mengatur waktu.
Rencananya sih, saya ingin Abimanyu les renang dan karate. Supaya tersalurkan keaktifannya,  karena anak #AktifItuSehat.

Beri Makanan Yang Sehat dan Bernutrisi
Selain aktifitas fisik, anak juga membutuhkan asupan nutrisi yang cukup untuk tumbuh kembangnya. Pemberian makanan pada anak juga tentunya disesuaikan dengan usia dan aktifitasnya. Saya percaya bahwa setiap makanan yang dimakan oleh anak akan mempengaruhi kecerdasannya dimasa depan. Oleh karena itu, saya sangat memperhatikan MPASI kedua anak saya sejak usia 6 bulan. Tidak harus mahal, yang penting cukup gizi dan nutrisinya. Kalau istilah WHO-nya mah menu 4 bintang 🌟🌟🌟🌟.

Baca Juga: Daftar Perlengkapan MPASI Bayi Simple dan Ekonomis

Menu 4 Bintang Untuk si Kecil
Adapun panduan menu 4 bintang itu adalah sebagai berikut:
  • Sumber hewani: sumber pembentuk sel tubuh dan sumber zat besi (memenuhi fungsi zat pembentuk), dapat diberikan sesering mungkin. Nah, sumber hewani ini bisa berasal dari daging (ayam/ sapi), ikan-ikanan, seafood, dll.
  • Sumber karbohidrat dikenal sebagai makanan pokok sumber penghasil energi (memenuhi fungsi zat tenaga). Sumber karbohidrat ini bisa berasal dari nasi, kentang, ubi, dll.
  • Kacang-kacangan sebagai sumber protein nabati dan mineral zat besi (memenuhi fungsi zat pengatur). Kalau kacang-kacangan ini berasal dari kacang panjang, buncis, edamame, kacang hijau, dll.
  • Buah dan sayuran berwarna hijau dan jingga yang kaya vitamin A (memenuhi fungsi zat pengatur). Untuk sayur-sayuran ini sih bebas saja ya seperti bayam, brokoli, wortel, dll.
(Sumber: Buku Ensiklopedia MPASI Sehat, Serunya MPASI homemade ala HHBF)

Saya tidak anti dengan makanan instan, bahkan terkadang jika malas memasak saya kasih bubur instan yang tinggal seduh. Tapi yaitu, segala sesuatu yang instan kalau dikonsumsi tiap hari oleh anak kan juga kurang baik rasanya.

Pemenuhan Nutrisi Lewat Susu
Nah, selain nutrisi dari makanan Abimanyu juga sangat suka sekali minum susu. Apalagi selepas ASI, susu menjadi hal yang wajib tiap hari. Entah ya, saya termasuk ibu yang mengharuskan anaknya minum susu selepas ASI. Karena saya percaya susu itu banyak manfaatnya, daripada dia minum-minuman yang berwarna seperti sirup dan yang lainnya.

Abimanyu kan sedang dalam masa pertumbuhan, karena saya pribadi itu termasuk pendek yaitu hanya 159 cm. Maka pengen banget si Abim kudu tinggi, kan susu juga mengandung kalsium dan Vitamin D ya, maka dari itu berharap juga dengan rajin minum susu bisa tinggi HAHAHA. Ya namanya juga usaha kan, mak? 😅

Kalau lagi minum susu langsung habis sekali sedoooot 😂

Nah, yang perlu diperhatikan jika anak selepas ASI minum susu adalah kandungan nutrisi dari susu tersebut. Dan yang paling penting cari susu yang tinggi kalsium kemudian tanpa tambahan gula dan garam. Karena susu bukan sekedar minuman dengan rasa yang enak yang anak-anak suka, tapi ternyata susu itu mengandung banyak manfaat. Diantaranya:

1| Merangsang Perkembangan Otak.
Menurut penelitian, bahwa zat besi yang terkandung dalam susu memberi anak kemampuan mengingat yang lebih baik. Survey dilakukan kepada sekelompok orang yang rutin minum susu dengan yang tidak rutin minum susu. Ketika diberi soal tanya jawab yang sama, mereka yang rutin minum segelas susu di pagi hari lebih mudah menjawab pertanyaan dibanding mereka yang tidak rutin minum susu. Wow! Ternyata seperti itu.

Nah, ayo jangan menganggap remeh minum susu di pagi hari. Ketika anak minum segelas susu di pagi hari, akan merangsang syaraf otak untuk bekerja lebih maksimal. Tapi yang perlu diingat adalah karena tiap anak itu beda pintar, maka yang namanya usaha/ ikhtiar itu penting lewat segelas susu. Betul? Hehe.

2| Pertumbuhan Tulang dan Gigi
Susu kaya akan Vitamin D yang dapat membantu penyerapan kalsium dan mendukung pertumbuhan tulang anak dalam masa pertumbuhannya. Dengan minum susu tiap pagi, anak sedang menabung agar tidak mudah terkena penyakit tulang seperti osteoporosis di usia lanjut.

Selain Vitamin D susu juga mengandung fosfor untuk merawat kekuatan gigi. Banyak orangtua mengatakan dengan mengonsumsi susu yang rasanya manis akan merusak gigi. Kandungan yang terdapat dalam susu justru membantu melindungi enamel gigi dari asam yang dapat merusak gigi dan melubangi gigi. Dengan rutin minum susu akan mampu mengurangi resiko pembengkakan gusi dan gigi berlubang.

Kalau saya sih biasanya beli susu putih yang full cream yang tidak ada tambahan gula dan garamnya.

3| Mencegah Dehidrasi
Tubuh manusia memerlukan 8 gelas air perhari, akan terasa berat untuk anak balita harus meminum air sebanyak itu setiap harinya. Nah, pemenuhan air tersebut bisa berasal dari susu, karena susu kaya akan molekul air. Segelas susu dapat menjadi pengganti 8 gelas air mineral bagi anak. Susu bukan hanya dapat menghindari anak dari dehidrasi tetapi juga bisa menggantikan cairan tubuh yang hilang akibat aktivitas seharian. Apalagi kalau anaknya seperti Abimanyu yang sangat aktif sekali. Namun selalu pastikan anak juga minum cukup air putih setiap harinya.


Sedih aqutu Abimanyu diajakin foto gak ada yang OK, gak bisa diem mulu dan gak bisa diarahin gayanya semaunya sendiri. Alhasil begini deh. 😆



Selain susu yang diseduh sendiri, Abimanyu juga selalu sedia susu kotak yang praktis bisa dibawa kemanapun tanpa ribet bawa-bawa botol. Setelah baca-baca banyak review susu UHT, akhirnya susu yang saya pilihkan untuk Abim adalah Susu Indomilk UHT Kids Full Cream. Kenapa? Karena...

Pertama, susu tanpa garam dan gula, karena yang namanya anak balita masih harus dikontrol untuk asupan gula dan garamnya jangan sampai berlebihan.

Kedua, tinggi Kalsium, Fosfor dan Vitamin D yang dapat membantu pertumbuhan tulang dan gigi.

Ketiga, sumber Nutrisi yang kaya akan Vitamin A, B1 dan B6 yang dapat membantu mempertahankan keutuhan mata, meningkatkan kekebalan tubuh dan membantu perkembangan otak anak.

Keempat, #IndomilkUHTKidsFullCream merupakan susu kotak dengan kemasan 115 ml yang lebih praktis untuk dibawa kemana-mana dan yang terpenting adalah susu untuk anak 1 tahun ke atas.

Alhamdulillah Abimanyu suka, karena dia memang suka minum susu banget. Jadi, saya gak perlu susah payah untuk membujuknya minum susu.

Bersabar Menghadapi Anak Yang Aktif
Walaupun sering sekali saya merasa marah, tapi saya sadar karena anak #AktifItuSehat dia sedang berproses belajar untuk kecerdasannya. Jadi sebisa mungkin disabar-sabarin, tapi yang namanya ibu juga manusia ya ada kalanya saya juga kelepasan memarahi Abimanyu. Tapi, yang terpenting jangan menyerah untuk selalu menemani dan membimbing anak-anak kita. Karena kalau bukan kita ibunya, mau kepada siapa lagi anak mengadu. Bukan begitu? Hihihi.

Maka dari itu kita juga harus memastikan si anak mendapatkan nutrisi yang cukup, menjaga kesehatannya secara fisik maupun psikologisnya dan mengarahkan si anak ke kegiatan-kegiatan yang positif agar si anak tumbuh baik dan optimal.

Jadi, semangat mamak mamak semuanya. Anak adalah investasi dunia akhirat kita. Mari jaga mereka dengan sebaik-baiknya. 😇

BTW, sebelum kelupaan saya mau ngasih tahu kalau ada lomba blog untuk review Susu Indomilk UHT Kids Full Cream ini. Hadiahnya juga menarik banget mak.




Untuk informasi lebih lanjut tentang lomba Susu Indomil UHT Kids Full Cream Review ini bisa langsung kunjungi https://mommyasia.id/7402. Good Luck buibu! 😘

Semoga postingan kali ini bermanfaat ya, pokoknya selalu positif thinking kalau Anak Aktif Itu Sehat Jiwa Raganya.




55 comments:

  1. Abimanyuuuu.. sini naakk tante mau ciumm.. tante boleh dong nyedooott susunya jugaa.. anak tante juga mik susu ini lohh.. toss ya

    ReplyDelete
  2. Samaan mba kayak anaku kalo di foto ga bisa diem jadi effort banget bisa dapetin foto yang passs.. Hihi tapi harus bersyukur juga ya punya anak yang aktif tandanya sehat. Alhamdulillah..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya dulu pas kecil gampang banget difoto, sekarang ya ampun perjuangan banget pengen ngrebutin kamera mulu hihihi... Iya mba bersyukur banget, aktif positif artinya cerdas ya mba :)

      Delete
  3. setuju aktif itu sehat mba :) dan aku juga selepas ASI waktu anak pertama kasih UHT kini anakku TK minumnya juga Indomilk UHT yg stroberi :)

    ReplyDelete
  4. UHT emang andalan banget ya ceu buat anak aktif, Aldebaran sama Kifah juga hampir tiap hari minum UHT

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, si Abim juga terutama wajib banget kalau pergi-pergi bisa buat sogokan biar diem hihihi...

      Delete
  5. Gemes lihat Abimanyu minum susu, kayak yang serius menikmati banget hehehe. Anak-anak saya juga suka UHT sampai sekarang. Memang enak susunya :)

    ReplyDelete
  6. Jadi inget sama lomba blog ini, hehehe. Udah niat ikut padahal. Ah Abim jadi ngingetin nih. Kebetulan UHTnya sama ama yang di rumah :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. ayo dong ikutan juga, mayan hadiahnya bisa buat beli susu berkotak-kota :D

      Delete
  7. Wah seru ya ikut kompetisi blog, Saya sih belum pernah nyoba hehe..jd pengen ikutan :)

    ReplyDelete
  8. Karla pas umur 1 th aku kasih indomilk uht fullcream juga, doyaan dia. Pas aku ciba cicip, ternyata enak, gurih.

    ReplyDelete
  9. Wah, jd pingin ikut lombanya euy, aku punya foto2nya pas ranu suka bgt minum indomilk uht full cream

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayo dong ikutan kakak hihihihi... kamu kan fotonya bagus-bagus :)

      Delete
  10. Kebutuhan gizi udah lengkap ya di satu kotak susu UHT ini. Anak juga banyak yang suka karena rasanya enak. Mereka jadi semangat minum susu. Buat anak-anak aktif memang perlu tambahan begini yang isinya udah mencakup semua karena selain praktis, efektif dan efisien, kualitas susunya nggak diragukan lagi.

    Sehat-sehat selalu ya Abimanyu soliiih :*

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mba gak diragukan secara kan indomilk uda dari jaman aku kecil aja udah ada ya hihihi...

      Makasih tante do'anya :)

      Delete
  11. Setuju banget kalau susu itu bisa membantu mengatasi dehidrasi. Anakku juga suka Indomilk dan bikin ketagihan karena enak

    ReplyDelete
  12. Tentang setiap anak itu unik, so true banget, nget!
    Buktinya dari 4 bersaudara, kami beda-beda semua kepribadiannya, padahal sama gaya parentingnya, satu sumbernya, ya dari mamak kami yang the one and only itu.

    Yang kuat ya mamaknya Abimanyu...
    Aku bisa membayangkan betapa "indahnya" mengasuh 2 balita begitu.



    ReplyDelete
    Replies
    1. Yes, anakku aja si Abim sama adeknya beda banget kelakuannya ini hahaha...

      Delete
  13. aku sering kewalahan sama keaktifan anak-anakku terutama yang bungsu. Tapi akhirnya banyak yang bilang kalau aktif itu tanda sehat

    ReplyDelete
  14. bener, anak yang aktif itu sehat jiwa raga, dan akan berpengaruh sama masa tumbuh kembang, tentunya yang aktif ya mba, yang baik.
    Apalagi ditambah asupan gizi dan nutrisi dari susu UHT ini, ntaap lah

    ReplyDelete
  15. Rasanya memang enak yaaa.. jadi anak-anak pun suka. Pastikan saja gizinya cukup dan tak berlebih

    ReplyDelete
  16. Aku juga lebih suka kasih anak2 susu UHT karena lebih praktis dan ebih higienis dibanding harus bikin susu bubuk dulu. Apalagi yang less sugar kaya indomilk ini, anak2 jadi gak kebanyakan gula :)

    ReplyDelete
  17. Alhamdulilah anak-anak saya aktif. Si kecil itu, ada aja yang dia lakukan. Btw, susu UHT memang enak. Praktis untuk bekal juga. Dan pastinya sehat ��

    ReplyDelete
  18. Sehat terus ya Abin, jadi anak shalih. Anakku juga suka susu UHT Indomilk ini. Biasanya beli satu box cuman untuk seminggu

    ReplyDelete
  19. Dulu waktu anak2 masih kecil semoat juga mengkonsumsi susu indomilk ini..anak2ku suka rasa coklat..hehe..
    Btw..anak lincah itu pertanda dia sehat ya.

    ReplyDelete
  20. Saya juga merasa perlu memberi susu setelah lepas ASI mbak. Wong saya sampai sebesar ini saja masih minum susu, dan merasakan manfaatnya. :) Doyan pula hihihi....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener banget, aku sampe sekarang aja tiap hari minum susu loh :D
      Jadi, kenapa enggak anakku juga minum susu. Toh juga banyak manfaatnya ya hihihi

      Delete
  21. Benar banget ya Mbak, karena kebutuhan manusia akan air 8 gelas per hari, anak-anak klo minum susu berkali2 apalagi yg susu UHT siap minum gini jadi bakalan terpenuhi juga tuh kebutuhan 8 gelasnya tanpa kita sadari yaahh. Secara anak biasanya sekali minum bisa sampai 2 kotak, terus bentar minta lagi, beberapa jam kemudian minta lagi :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yap bener banget mba, asal tetap minum air putih juga tiap harinya. Ya walaupun tidak sebanyak orang dewasa sih. Karena kan memang air putih mah wajib ya hehehe

      Delete
  22. Wah lagi seru-serunya tuh punya 2 anak laki yang masih balita. Tapi banyak tetangga kan yang bantuin? Jangan sampai stres sendirian ya Mom. Anak2ku juga minumnya Indomilk UHT ini, karena harganya sering diskon hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah, tetangga juga pada punya bayi jadi sibuk dengan anaknya masing-masing HAHAHA...

      Delete
  23. Setuju mbak..anak aktif itu harus sehat jiwa dan raganya. Jadi tumbuh kembangnya bisa optimal apalagi dukungan nutrisi yang seimbang dan asupan kasih sayang.

    ReplyDelete
  24. Ini susu kesukaan ponakanku..pengin banget ikutan lomba blognya tapi umurnya nggak bisa euy :)

    ReplyDelete
  25. Anak sehat aktif tentu didukung dengan asupan gizi, Indomilk salah satunya mba yah 😊 recomended banget ini

    ReplyDelete
  26. Adek tante mau dong dibagi susu uht indomilknya hehehe enakkkk
    Sehat terus ya dek, semakin aktif semakin bikin bundanya bangga

    ReplyDelete
  27. mau dunk susu uhtnya, pendar dan mas pijar juga suka susu uht ini. bisa dibawa kemana-mana, praktis dan berrgizi

    ReplyDelete
  28. Abimanyu fotogeniiik...
    Gak perlu diarah-arahin gaya, udah punya style nya sendiri yang unik.

    Senang sekali lihat gaya khas anak-anak beraktivitas.
    Pasti supeerr riweuh.
    Alhamdulillah,
    Semakin riweuh, semakin yakin kalau mereka sehat.

    ReplyDelete
  29. Hahaha sama anak2ku jg gak bisa diem kayak Abimanyu. Gpplah, yg penting akirnya dapat foto bagus yaaa. Sama lagi, aku pun kasi susu UHT buat anak2 mbak, menurutku susu itu penting sih utk tumbang anak :D

    ReplyDelete
  30. Bim, manaaa nih bude koq ga dikasih susunya. Kalau minum euy gayanyaaa... sedot langsung habis ya Bim :)) Oke, sehat2 selalu ya nak.

    ReplyDelete
  31. Anak2 bunda yg pd saat kecil pada doyan minum susu setelah besar tetap doyan hanya seorang yg gak suka. Susu memang menurut yg bunda pernah baca sangat bagus utk kesehatan tulang.

    ReplyDelete
    Replies
    1. yap bunda soalnya kan kaya akan vit D yang bagus buat tulang, bisa membantu mencegah osteoporosis juga hihihi

      Delete
  32. Jangan sampai stres sendirian ya Mom. Anak2ku juga minumnya Indomilk UHT ini, karena harganya sering diskon hehe

    ReplyDelete
  33. paling berat kalo menghadapi anak yang doyan minum susu, beli berapa kotak bisa habis cuma 1-2 hari. Tiap makan minum susu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gak papa Ayah, asal diimbangi dengan minum air putih saja. Tapi tantangannya memang itu sih, borooos kalau sehari berkali-kali mah :D, kan anak kecil tuh kalau gak salah sehari itu bisa sampai 500ml kalau gak salah pernah baca dimana gitu lupa :D

      Delete
  34. Iyess, aktif itu bukan negatif tapi InshaAllah sehat, baik secara fisik maupun jiwanya.. bunda sudah memberikan yang terbaik untuk ananda yaitu dengan nutrisi yang baik untuk tumbuh kembang ananda.. semoga ananda senantiasa sehat ya.. pilihan yang tepat bun, anak-anak juga suka Indomilk UHT

    ReplyDelete
  35. bener banget, anak yang aktif itu pintar dan cerdas, biasanya malah kritis jadi pastinya sehat jiwa raganya :)

    ReplyDelete
  36. Anak sehat mama senang ya mom....susu UHT indomilk ini juga diminum anakku dan sangat suka sekali...

    ReplyDelete
  37. Anakku pun aktif banget. Dan susu Indomilk ini jadi salah satu bekal yang selalu dibawanya ke sekolah. Dia suak banget yang rasa strawberry.

    ReplyDelete
  38. Dedekkkk tante bagi dong susunya hihihi. Enak ya kalau anak udah minum UHT gini mba, jadinya ringkes banget dan sehat. Dan mamanya juga sekalian bisa minum ya hahahah abis enakkkkkk.

    ReplyDelete
  39. Semangaattt kak urus dua anak tanpa nanny plus LDR dan blogger pula. Enggak kebayang riweuhnya. Btw akunyang udah gede begini juga selalu stok susu UHT kotak kecil begini lhooo. Buat cemilan hehehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. wiiih buat camilan? hahaha... boleh-boleh, aku juga suka kok coz kan enak hahaha

      Delete
  40. Baca ini dari tadi sambil ngebayangin si kecil yang lagi suka naik-naik mbak hahaha. Kebayang deh gimana ngehandle Abimanyu dan adeknya, dan emang banyak orang bilang #AktifItuSehat ;)

    ReplyDelete
  41. semoga menang lombanya kak.

    ReplyDelete
  42. bener ya harus yang ekstra sabar menghadapi anak aktif itu. Kadang harus pandai menahan emosi.

    ReplyDelete

Terimakasih sudah berkomentar yang sopan dan membangun. Jangan bosan untuk berkunjung lagi ya. :)