Review Pompa ASI Elektrik MOOIMOM

Sunday, 21 October 2018


Review Pompa ASI Elektrik MOOIMOM - Senang itu salah satunya adalah bisa update tentang mengASIhi kayak orang-orang huhuhu. Iya, anak pertama saya tidak full ASI karena entahlah rasa-rasanya produksi ASI saya yang kurang banyak waktu itu. Jadi disambung dengan susu formula. Kemudian pas umur 9 beranjak 10 bulan sudah tidak ASI lagi, karena saya hamil anak kedua. Nah, Alhamdulillah-nya untuk anak kedua ini full ASI. Saya senang banget dong. Selain yang memang banyak manfaatnya alasan lainnya adalah ngiriiiiit, soalnya susu formula mahal shaaay. 😅

Tiap ibu pasti beda-beda ya perjuangannya dalam proses mengASIhi. Kalau saya, baik anak pertama ataupun anak kedua diawal-awal kelahiran memang ASInya belum keluar sama sekali. Jadi perjuangan banget untuk mendapatkan ASI pertama yang ber-kolostrum. Mulai dari dipijit, dikompres sampai dipompa saya lakukan. Nah, yang ngefek banget itu dari dipompa sesering mungkin serta dikeluarkan perlahan-lahan dan terus menerus payudara kita. Walaupun setetes demi setetes, yang penting ada. Fikir saya waktu itu. Diawal-awal perjuangan banget untuk mendapatkan ASI, sampe payudara memar-memar karena dipaksa ditekan-tekan yang keras supaya ASInya keluar.

Tapi, Alhamdulillah semakin sering dipompa akhirnya keluar juga. Walaupun tidak berlebih yang penting cukup untuk memenuhi kebutuhan ASI untuk anak kedua ini. Karena ASI-kan prinsipnya supply and demand ya, alias semakin banyak ASI dikeluarkan maka semakin cepat juga ASI diproduksi kembali. Nah, inilah pentingnya menyiasati jadwal menyusui dan pumping.

Sumber: http://mamaeping.com

Ibu Hamil Trimester Akhir Wajib Persiapan Beli Pompa ASI
Bicara soal pompa ASI, ini adalah item yang wajib banget dipunyai oleh ibu-ibu yang hamil trimester ketiga atau mau melahirkan. Untuk persiapan, kalau nanti pada saat melahirkan ASI belum keluar bisa dipancing dengan dipompa secara rutin. Seperti yang tadi saya bilang, prinsip ASIkan supply and demand ya, alias semakin banyak ASI dikeluarkan maka semakin cepat juga ASI diproduksi kembali. 

Apalagi untuk ibu bekerja, wajib banget punya pompa ASI. Untuk stok kalau ditinggal bekerja, kan? Kalau saya jarang nyetok ASI, kalaupun nyetok biasanya kalau Gian (Anak kedua saya) mau saya tinggal pergi keluar rumah setengah hari ataupun seharian.

Baca Juga: Perlengkapan Ibu Menyusui Agar Tetap Nyaman Saat Bepergian

Nah, ngomongin pompa ASI kebetulan saya punya Pompa ASI Elektrik Mooimom nih. Kali ini saya mau review siapa tahu berguna sebagai referensi untuk ibu-ibu ataupun calon ibu diluaran sana. 😘

Btw, yang namanya pompa ASI itu cocok-cocokan sih ya. Apalagi soal budget, pokoknya disesuaikan dan dikondisikan saja.

Review Pompa ASI Elektrik MOOIMOM
Kali ini saya mau review nih Pompa ASI Elektrik Mooimom yang saya punya berdasarkan pemakaian saya.

Unboxing Pompa ASI Elektrik Mooimom
Untuk namanya sendiri adalah Natural Comfort Electric Breast Pump/ Pompa ASI Elektrik. Nah, kalau beli pompa ASI elektrik mooimom ini dapatnya apa saja? Bisa dilihat di gambar di bawah ini ya.



Itu dia penampakannya. Kalau menurut saya pribadi isinya sangat lengkap sekali, yaitu:
  • Main Pump Unit
  • Silicone breast shield
  • USB charging cable
  • Power adapter
  • Bottle stand
  • Feeding bottle
  • Bottle cap
  • Valve membrane
  • Buku Panduan
  • Kartu Garansi

Sumber: https://www.mooimom.id/product/natural-comfort-electric-breast-pump-pompa-asi-elektrik/

Payudara Tidak Sakit dan Bisa Pumping Dengan Posisi Senderan


Botol susunya ukuran 140ml. Breast Shield/ corongnya diklaim bisa menyesuaikan semua ukuran payudara, dan ini salah satu yang saya suka. Karena seluruh breast shield-nya terbuat dari 100% food grade silicon yang kalau ditempelkan di payudara tidak sakit karena lembut dan cenderung lentur. Dan yang terpenting adalah FDA Approved dan BPA Free. Karena terbuat dari silicon yang lembut dan nyaman, mampu menempel dengan baik dipayudara jadi kalau saya pumping sambil senderan atau setengah tiduran dibantal gak bakalan tumpah ataupun bocor.

Oiya, fyi ya buat yang belum tahu FDA Approved dan BPA Free itu apa.

FDA Approved adalah Food and Drug Administration (FDA) atau Badan Pengawas Obat dan Makanan Amerika Serikat adalah badan yang bertugas mengatur makanan, suplemen makanan, obat-obatan, produk biofarmasi, transfusi darah, peranti medis, peranti untuk terapi dengan radiasi, produk kedokteran hewan, dan kosmetik di Amerika Serikat. (Sumber: https://id.wikipedia.org/wiki/Badan_Pengawas_Obat_dan_Makanan_Amerika_Serikat)

Ya, semacam BPOM lah kalau di Indonesia. Karena Mooimom adalah brand Internasional maka penting sekali untuk mereka mengantongi sertifikasi dari FDA supaya produk mereka layak untuk diedarkan di masyarakat.

Sedangkan BPA Free sendiri yaitu BPA (bisphenol-A) merupakan zat kimia sintetis yang biasa digunakan pada beragam produk, salah satunya botol bayi. Karena ketika terkena suhu panas, maka produk yang mengandung BPA akan mengeluarkan zat yang sangat berbahaya. Efeknya bahkan bisa mempengaruhi kesehatan, reproduksi, perkembangan dan tingkah lakunya. Maka dari itu, teliti dahulu sebelum membeli.

Dilengkapi Dengan Bottle Stand Supaya ASI Tidak Tumpah


Setelah pumping kalau mau langsung diminumkan ke bayi bisa banget karena dilengkapi dengan dot dan penutupnya. Dan juga terdapat bottle stand atau dudukan untuk menyimpan botol supaya tidak tumpah ketika telah selesai pumping. Karena pompa ASI itu berat dan tidak seimbang ya, bagian corongnya yang besar itu kalau tidak diimbangi dengan isi botol yang banyak pasti akan jatuh botolnya. Kalau botolnya jatuh maka otomatis ASI yang telah dihasilkan bisa ikut mrembes/ tumpah ya. Sayang banget aja gitu hihihi. Nah, inilah gunanya bottle stand.

Travel Friendly dan Tidak Bising


Oiya, pompa ASI ini ringan banget mulai dari botol sampai power adaptornya itu ringan banget jadi travel friendly lah ya. Apalagi power adaptornya segenggaman tangan doang. Malah bisa jadi cuma seukuran power bank kamu hehe. Menurut saya dari beberapa pompa ASI yang pernah saya coba, pompa ASI mooimom ini daya hisapnya lebih kuat dan juga tidak bising. Jadi, buat saya yang punya toddler juga gak khawatir bakalan kebangun karena mamanya berisik lagi pumping hihihi.

Mudah Digunakan dan Dilengkapi Dengan Smart Mode Pemompaan
Dan senangnya saya, pompa ASI ini memiliki 4 mode yang menurut saya memanjakan banget para ibu. Mode-mode tersebut diantaranya:


  1. On/Off Mode, Mode untuk menyalakan dan mematikan breastpump,
  2. Expression Mode dengan 5 level daya hisap, Mode untuk memompa ASI, setiap 1 kali penekanan tombol akan meningkatkan 1 tingkat daya hisap,
  3. Natural Baby Sucking Mode dilengkapi dengan 5 level daya hisap, Mode untuk memompa ASI dengan ritme hisap alami seperti bayi sedang menyusui secara langsung,
  4. Stimulation Mode dilengkapi dengan 3 level daya hisap, Mode untuk memijat payudara agar kondisi otot-otot payudara berkontraksi sehingga mendorong ASI untuk keluar dari payudara.

Pokoknya selain baju bayi, korset pelangsing setelah melahirkan dan pritilannya, saya sih menghimbau (jaela menghimbau 😂) buibu sekalian yang mau punya baby siapin juga pompa ASI. Mau manual ataupun elektik sesuaikan saja dengan budget.

Baca Juga: Review Korset "Mooimom Bamboo Postpartum Belly Band"

Untuk harganya sendiri kebetulan lagi ada diskon di website www.mooimom.com Rp jadi 1.390.000,-. Kalau menurut saya sih worth it ya, apalagi setiap pembelian pompa ASI ini dapat bonus silicon breast pump, disposable breast pad (12pcs), dan new breastmilk storage.




Bisa dibeli di...
Pompa ASI ini bisa dibeli di websitenya Mooimom, atau bisa juga di akun officialnya Mooimom di beberapa e-commerce seperti, shopee, dll. Kalau mau dapat update-an tentang produk Mooimom, kamu bisa juga mengunjungi social media mereka, seperti:

Instagram: @mooimom.id
Facebook: Mooimom Indonesia
Youtube: Mooimom Indonesia
Website: www.mooimom.id

Nah, segitu dulu ya untuk review Pompa ASI Elektrik Mooimom-nya. Yang jelas Pompa ASI Elektrik Mooimom ini layak untuk direkomendasikan hihihi.

Semangat MengASIhi ya, Moms! 😘



13 comments:

  1. ASI emang makin sering dipumping makin banyak produksinya, bersyukur ada yang nyiptain pompa ASI. asal emaknya rajin, bayi gak akan kekurangan ASI insya alloh.

    ReplyDelete
  2. Wow, breas shield lentur yaa. Menariik. Baru nemuin yg model gini deh.

    ReplyDelete
  3. Waaa infonya bermanfaat banget ini buat aku yang kelak akan menikah dan mempunyai anak hehehe. Baru tahu kalau ada pompa elektrik. Dan baca dari sini jadi kebayang nyamannya pumping pake pompa asi elektrik dari mooimom ini. Apalagi ada mode hisap yang natural baby, yang ritmenya bisa sama kayak baby lagi nyusu langsung.

    Pengetahuanku soal mengASIhi jadi nambah deh ini, noted banget yang bagian milih perlengkapan botol buat bayi yang BPA free.

    ReplyDelete
  4. Aku nyeselnya krn baru tau produk ini dan sudah tidak menyusui :p. Harganya jauuh lbh murah drpd a*ent yg elektrik. Nyeseeel. Bagus2 yg produk mooimom ini. Baca beberapa reviewnya dr korset, baju menyusui dll, bisa bikin kalap belanja sik :p. Komplit plit..

    ReplyDelete
  5. Busui zaman now dimudahkan banget dengan tekhnologi ya... Kebayang saya menyusui anak pertama tahun '99 masih pake yang pompa, merk P*geon, pegel nih tangan euy!

    ReplyDelete
  6. Wah bisa jadi buat ide kado temen yg ngelahirin nih kaak. Penting banget ya kak ini buat yang udah punya baby :)

    ReplyDelete
  7. Wah, ilmu baru. Aku mencoba memahami dan baca pelan-pelan karena lagi persiapan menikah kan. Makasih loh kak reviewnya, jujur ini lengkap banget jadi paham kenapa kudu beli pompa asi dan kudu beli yang kayak gimana fungsinya

    ReplyDelete
  8. and yes ini Mooimom pompa asi elektrik keren banget dan ringan bisa dibawa-bawa

    ReplyDelete
  9. aku juga punya ini nih, tapi kok ga dapet bottle stand nya ya. kelupaan apa gimana ya mooimom nya hihi. ini breastpump favorit banget aku deh pokoknya

    ReplyDelete
  10. Power adaptornya kecil ya mbak..asyik bener kalau dibawa kemana2..emang kadang mesinnya pompa elektrik itu berisik.. Untung mooimom ini nggak ya

    ReplyDelete
  11. Nambah referensi nih... Aku LG deg2an soalnya udah hamil trimester ketiga, kepengen banget bisa ASI eksklusif seperti yg direkomendasikan. Semoga lancar ASInya, aamiin...

    ReplyDelete
  12. Kok jadi kepengen beli yaaa padahal punya anak juga belom hehehe bisa jadi wishlist nih kak

    ReplyDelete

Terimakasih sudah berkomentar yang sopan dan membangun. Jangan bosan untuk berkunjung lagi ya. :)