Menyapih Abimanyu

Wednesday, 16 August 2017


Menyapih Abimanyu - Lho, baru 11 bulan sudah di sapih? Yes, Abimanyu secara tidak langsung menyapih dirinya sendiri GAHAHAHA... Tau-tau jarang minta nenen aja gitu. Sudah hampir seminggu ini kalau malam gak bangun minta susu ataupun nenen. Dia bangunnya kalau adzan subuh, sekalian bangunin emaknya kali ye? 😄 YEAY, emak gak perlu drama berarti ya, Bim? 👏

Kalau yang sering mengikuti cerita motherhood saya di blog ini pasti tahu, dari bayi memang Abimanyu tidak hanya minum ASI. Tetapi juga minum susu formula untuk pendamping. Singkat cerita sih ASI saya keluarnya tidak sebanyak ibu-ibu yang lain gitu lah ya hiks...


Kenapa disapih?
Sebenarnya gak ada alasan khusus sih, saya juga tidak sepenuhnya menyapih. Soalnya sesekali juga masih nenen dua tiga kali sehari mah. Dan seperti yang saya bilang di awal tau-tau dia jarang aja minta nenen gitu. Nah, kemudian pas kemarin puasa saya kan juga ikut puasa tuh. Otomatis kalau siang dibanyakin lah susu formula-nya dan saya seringin intensitas makannya. Kalau gak mau makan banyak ya paling enggak nyemilnya kudu banyak hahaha... Untungnya Abimanyu gak ribet sih kalau soal makan jadi apa aja mau. Makannya dia walaupun tergolong jarang nyusu tetap kenyang. Sehari cuma 4-6 kali ngedot biasanya dengan ukuran botol 125 ml itu pun kadangan gak habis dan juga tetap sesekali saya kasih nenen.


Terus lama-kelamaan dia terbiasa kali ya, walaupun gak nenen kan bisa ngedot bahahha... Pokoknya ciri-cirinya Abimanyu haus itu ngenyotin tangan di atas kasur sambil ditutupin bantal. Iya, pokoknya kalau sudah capek mainan dia pasti naik ke tempat tidur sendiri terus ngenyotin tangan. Nah, disitulah biasanya saya kasih susu.

Saya Hamil (lagi?) 😁
Alhamdulillah saya dikasih rezeki lagi nih, jadi sebelum 30 sudah beranak dua ya? 😅 Dan semenjak saya hamil (lagi) ini, ASI saya jadi berasa dikiit gitu. Mungkin karena pertama jarang di nenenin juga ya, jadi Abimanyu kalau nenen pasti gak betah lama-lama langsung main copot aja gitu. Mungkin dia lelah karena ASInya dikit kali ya dibanding dot yang mengalir dengan deras haha...

Sampai akhirnya sekarang kalau malam jarang sekali minta nenen atau susu bahkan sudah hampir seminggu ini gak kebangun sama sekali. Jadi, bangunnya subuh terus ngedot sebotol penuh dan tidur lagi hihi... PINTER! Tapi, kalau malam tidurnya agak malam sih baru tidur setengah 9 atau jam 9 dan pasti selalu saya kasih susu dulu sebelum tidur. Jadi, setidaknya tidur dalam keadaan perut kenyang ya.

Kesimpulannya sih memang Abimanyu dari kecil terbiasa minum susu/ ngedot. Jadi, dia gak pernah musingin mau nenen mau ngedot yang mana aja yang penting nyusu. Maka dari itu sekarang dia nyantai aja walaupun malam saya gak kasih nenen, soalnya biasanya siang ngedot malam full nenen. Oiya, satu lagi... Abimanyu kalau malam terbiasa nenen dengan intensitas waktu yang sedikit/ tidak sering. Kemudian sebelum tidur saya biasakan minum susu dulu supaya kenyang 😁.

Alhamdulillah ya Abimanyu pengertian HAHAHA... Lanjutkan, Bim! Do'akan ya mudah-mudahan bertahan terus dengan kondisi seperti ini, kalau malam gak kebangun-bangun. Sehingga bisa sukses menyapih tanpa drama di usia yang masih dini.



13 comments:

  1. Ya sih katanya kalau mamanya hamil ada yg suka nyapih diri sendiri gitu ceu. Deuh abim mau punya dede eung.

    ReplyDelete
  2. Mungkin rasa ASI nya apa udah beda ya mba..
    Klo dulu anak pertamaku nggak mau sendiri juga. Tapi bingung puting itu klo dia, karena siang ditinggal krja dan banyak ngedotnya..akhirnya milih dot

    ReplyDelete
  3. hamil lagi mbak? selamaaat...abimanyu bisa langsung punya teman ya.

    pinter si abim ya. kasih kesempatan untuk adeknya dan mamanya.

    ReplyDelete
  4. Sama mba Hand, aku juga pas hamil lagi, itu anak pertama yg baru 15bulan menyapih dirinya sendiri hihi. Yaa disyukuri aja ga ada drama dramaan. Oya, makasi mba utk tutorial buat ngeblognya aku terapin d blog :)

    ReplyDelete
  5. wahh selamat ya mbak segera beranak dua heheh.

    ReplyDelete
  6. Wah selamat Mbak, Barakallah :D Kalo Emir pas adeknya lahir baru jarang nyusu k aku. Krn pas udah dikasih dot, langsung kayak terbiasa gitu meski 2 3x mah masih nen hehe

    ReplyDelete
  7. Abi anak soleh bgt... Tau ibunya lagi hamil lg. Smoga kehamilannya lancar yaa mba

    ReplyDelete
  8. Alhamdulillah...yeay,ikut senengggg!!!!
    Sehat2 ya mama Abim....
    Abimmmm,sehat selalu ya nak^^

    ReplyDelete
  9. Wah enak ya klo tidur malem jarang banget kebangun. Aduh klo anak saya udah 18 bulan msh sering banget kebangunnya. Sampe2 emaknya kayak orang teler bangun shubuh mu masak krna kurang tidur hihihi

    ReplyDelete
  10. seriusan ini Abim mau punya adek ? alhamdulillah, sehat selalu buat bunda dan Abim :)

    ReplyDelete
  11. Alhamdulillah sudah isi lagi, hihi. Semoga sehat terus ya. Kakak Abimanyu pinter, sayang adek ya :)

    ReplyDelete
  12. Masa menyapih tuh momen yang mengharu biru buat saya hihihi. Selamat untuk kehamilannya. Semoga keduanya sehat selalu. Aamiin

    ReplyDelete
  13. semoga lancaaar semua yaa mba...menyapih dan juga kehamilan keduanya

    ReplyDelete

Terimakasih sudah berkomentar yang sopan dan membangun. Jangan bosan untuk berkunjung lagi ya. :)