Tips Blogging 2018 Untuk Pemula


Tips Blogging 2018 Untuk Pemula - Sudah lama ya rasanya saya tidak menuliskan tips blogging di blog ini hihihi 😁. Nah, kali ini dimulai dari yang mudah-mudah saja dulu ya. Di tahun 2017 kemarin sampai tahun 2018 ini saya lihat banyak sekali bermunculan blogger-blogger baru, bahkan yang tadinya bukan seorang blogger seperti seleb-seleb dunia sosial mulai merambah dunia blog dan vlog. Nah, fenomena inilah yang menjadikan blogging di tahun 2017 sampai tahun 2018 ini banyak berbeda dengan tahun-tahun yang telah lalu.

Memang kalau mau lebih menonjol dari segi pamor, kita harus berlomba-lomba memberikan konten yang menarik daripada blogger yang lainnya. Tapi kalau kita ngeblog hanya sekedar hobi tidak mengejar eksistensi dan materi sih saya rasa slow saja ya, gak perlu ngoyo dengan trend konten yang muncul seperti sekarang ini.

Bukan maksud menggurui atau bagaimana, karena saya juga masih belajar (pemula dalam dunia blogging). Maka dari itu judulnya saya peruntukkan bagi pemula, jadi yang sudah lebih dulu makan asam garam dunia perbloggingan please correct me if Im wrong ya 😅. Dan ini beberapa hal yang akan saya ceritakan dari sedikit pengamatan yang saya tangkap dalam dunia blogging akhir-akhir ini. Siapa tahu dengan sedikit tips ala-ala ini kita sesama pemula bisa maju bersama, tsaaah! HAHAHA...


Tips Blogging 2018 Untuk Pemula

💌| Konten Blog Dengan Video
Bukan hal yang aneh lagi ya kalau sekarang video menjadi hal sangat booming, sebut saja Youtube. Berapa puluh ribu orang di dunia ini yang berbondong-bondong menjadi seorang Youtuber. Bahkan seorang blogger. Untuk melengkapi sebuah konten/ tulisan diblognya, terkadang seorang blogger juga membuat videonya. Dengan harapan selain dapat menyuguhkan sebuah tulisan yang menarik, tetapi juga dapat menyuguhkan visual dan audio supaya lebih dipahami. Tentu saja videonya harus yang sesuai atau terkait dengan postingan blog kita.

Ini juga erat kaitannya dengan engagement, baik engagement blog ataupun engagement channel Youtube kita. Misal, video (vlog) ketika seorang blogger membuat tutorial ataupun ketika travelling. Simplenya sih begini, dengan durasi video yang cukup lama yang kita suguhkan dalam blog otomatis akan menahan pengunjung untuk lebih berlama-lama juga berada di blog kita. Karena selain membaca mereka juga akan melihat video yang kita suguhkan.

Yang penting, cukup letakkan/ sisipkan video kita ditempat yang pas dan sesuai. Kalau kamu ada yang penasaran maksudnya bagaimana, coba deh lihat postingan saya di bawah ini.

Contoh postingan blog dengan video:


💌Konten Blog Yang Panjang
Selain memang katanya baik di mata search engine (ex. google), konten blog yang panjang juga dapat menarik engagement yang lebih untuk blog kita. Paling tidak 1000 kata yang harus kita tulis dalam sebuah artikel, bahkan lebih panjang lebih baik. Karena biasanya artikel yang panjang-panjang akan lebih cepat juga terindex oleh search engine. Jadi, semakin lama pembaca berada di halaman blog kita maka semakin baik juga tentunya performa blog kita di mata search engine. Ini kaitannya dengan bounce rate, ada yang belum tahu apa itu bounce rate?

Jadi, simplenya bounce rate itu adalah keadaan dimana pengunjung blog kita langsung pergi tanpa berlama-lama atau mengunjungi artikel yang lainnya. Biasanya pengunjung yang langsung pergi disebabkan oleh, isi konten yang tidak menarik, isi konten yang terlalu sedikit atau isi konten yang tidak sesuai dengan judul. Bounce rate memiliki nilai 0-100%, semakin kecil prosentase bounce rate maka semakin baik.

Nah, kurang lebih seperti itu. Maka jika kita dapat menyuguhkan isi konten yang panjang dan menarik maka niscaya dapat mengkatrol bounce rate dan performa blog kita dimata search engine.

Lalu bagaimana membuat konten yang panjang tapi menarik? Please tanyakan ini pada rumput yang bergoyang 😂. Karena saya bukan penulis yang handal, saya tidak bisa memberi patokan ini itu ya. Yang penting menulislah dengan hati dan terstruktur supaya enak aja dibaca walaupun panjang hehe 😀. (Kemudian mikir, tulisan saya ini enak dibaca apa gak ya? 😏)

Jangan lupa memberi selingan visual seperti gambar ataupun video seperti yang telah saya bahas di poin sebelumnya. Supaya lebih menarik, tapi juga jangan terlalu banyak menyisipkan video karena bisa-bisa membuat halaman artikel kita berat sehingga lama terbuka.


💌Pilih Platform dan Nama Domain Yang Tepat
Bagi kita seorang blogger memiliki platform blog yang mudah digunakan dan nama domain yang unik akan sangat penting, karena dapat menjadi identitas dari kita dan blog kita. Nah, mari kita bahas sedikit banyak tentang keduanya.

✔ Pilih Platform Blogging Yang Mudah Digunakan
Menurut saya penting sekali memilih platform blogging yang mudah digunakan untuk kita, mudah bagi kita belum tentu mudah bagi orang lain begitu juga sebaliknya. Sebaiknya gunakanlah platform blogging sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan. Misalkan saya, saya lebih mudah menggunakan platform Blogger dibandingkan Wordpress dan memang kebutuhan blogging saya saat ini cukup ter-cover hanya dengan menggunakan platform besutan google ini.

Baca Juga: Panduan Ngeblog Dengan Blogger.com Untuk Pemula

Ada beberapa pilihan platform blogging yang saat ini banyak digunakan oleh blogger yaitu: wordpress.com, wordpress.org dan blogger. Nah, bagi saya saat ini yang paling mudah adalah menggunakan Blogger saja. Karena Blogger adalah milik Google sehingga lebih mudah mengakses ke tools Google yang lainnya seperti AdSense, Analytic, dsb. Tapi, jika kamu ingin lebih ekspert dan menjadikan blog kamu sebagai ladang iklan ataupun investasi akan lebih baik menggunakan wordpress.

✔ Pilih Nama Domain dan Provider Hosting Yang Terbaik
Seperti yang sudah saya katakan sebelumnya, bahwa memilih nama domain yang tepat yang unik itu sangat penting untuk sebuah branding karena akan menjadi identitas dari blog kita. Ada yang sudah tahu apa itu domain?
Menurut id.wikipedia.org, Domain/ Nama Domain/ Domain Name adalah nama unik yang diberikan untuk mengidentifikasi nama server komputer atau email server di jaringan komputer ataupun internet. Nama Domain berfungsi untuk mempermudah pengguna di internet pada saat melakukan akses ke server, selain itu juga dipakai untuk mengingat nama server yang dikunjungi tanpa harus mengenal deretan angka yang rumit yang dikenal dengan alamat IP. Nama Domain ini juga dikenal sebuah kesatuan dari sebuah situs web seperti contohnya "wikipedia.org". Nama Domain kadang-kadang disebut juga dengan istilah URL atau alamat website.
Simplenya sih begini, Domain adalah alamat kita di internet supaya mudah diingat orang, misal "www.handdriati.com".

Baca Juga: Tips Memilih Domain

Selain itu pastikan memilih provider hosting terbaik dan terpercaya dengan harga terjangkau supaya lebih secure dan minim kendala di kemudian hari. Tapi tidak semua harus beli hosting ya, karena untuk pengguna platform blogger seperti saya cukup hanya membeli nama domain saja tanpa hosting. (Nama domain: www.handdriati.com)

Lalu, apa itu hosting?
Menurut id.wikipedia.org, Layanan web hosting adalah jasa layanan internet yang menyediakan sumber daya server-server untuk disewakan sehingga memungkinkan organisasi atau individu menempatkan informasi di internet berupa HTTP, FTP, EMAIL, atau DNS. Jika dianalogikan, website adalah sebuah bangunan, maka hosting adalah sepetak tanah dan domain adalah alamat dari sepetak tanah tersebut. Sebuah hosting terdiri dari sebuah server atau gabungan server-server yang terhubung dengan jaringan internet berkecepatan tinggi. Ada beberapa jenis layanan hosting yaitu hosting berbagi (Shared Hosting), hosting dedikasi (Dedicated Hosting), VPS (Virtual Private Server) dan server kolokasi (Colocation Server).
Untuk penyedia layanan web hosting lokal, salah satu yang saya rekomendasikan adalah niagahoster.co.id. Selain dari segi service, niagahoster.co.id juga mengklaim bahwa harga hosting yang mereka tawarkan adalah harga termurah dari penyedia hosting yang ada di Indonesia.

Dan beberapa keunggulan yang ditawarkan oleh niagahoster adalah sbb:
Diskon up to 40%,
 Akses tercepat dengan server web hosting IIX terbaik paket hosting niagahoster,
✅ Garansi uptime 99.9% dengan bandwidth unlimited,
 Garansi uang kembali 30 hari tanpa syarat,
 Gratis domain selamanya - full akses Domain Manager,
 Gratis SSL/HTTPS untuk keamanan & SEO Anda.

Untuk kita sebagai pemula yang hanya menggunakan blogger sebagai platform blogging, maka membeli domain saja sudah cukup. Seperti domain .com dijual hanya dengan harga Rp 105.000,- saja.


Sejauh ini niagahoster memiliki paket hosting murah yang beragam yang bisa kita pilih untuk menjadi rumah dari web atau blog kita. Paket-paketnya pun bisa dipilih sesuai dengan kebutuhan kita, diantaranya:

Selain memberikan jaminan harga termurah, niagahoster juga memberikan jaminan 30 hari uang kembali jika pelanggan merasa tidak puas dengan paket ataupun layanan yang diberikan oleh niagahoster. Jadi, jangan takutlah ya kalau mereka sudah mengklaim hal yang seperti ini berarti niagahoster memang benar-benar mengutamakan pelayanannya.

Selain itu, live chat dengan tim support bisa dilakukan 24 jam setiap harinya dan 7 hari dalam seminggu non-stop. Jadi, kalaupun sewaktu-waktu blog atau website kita down tim support niagahoster selalu siap sedia walaupun itu weekend.

Gimana? Kalau soal penyedia layanan hosting lokal gak usah takut kalah saing dengan produk luar lah ya, karena walaupun layanan lokal niagahoster memberikan jaminan-jaminan dan penawaran-penawaran yang menarik dari segi harga dan kualitas.

Bagi kamu yang masih bingung memilih layanan hosting, niagahoster merupakan salah satu layanan lokal hosting indonesia terbaik yang sangat rekomen.


💌Strategi Konten Marketing
Strategi konten marketing yang saya maksud disini adalah strategi penyebaran informasi dari artikel yang ada di blog kita dengan tujuan untuk mendapatkan lebih banyak audience/ pengunjung lebih banyak lagi. Kalau jaman sekarang biasanya para blogger selain memanfaatkan media sosial juga memanfaatkan facebook ads ataupun google ads, dan masih banyak yang lainnya saya kurang tahu soal ini.

Dengan memanfaatkan grup-grup yang ada di facebook biasanya para blogger menyebarkan link tulisannya, tentu saja pada grup dengan bahasan yang sesuai dengan artikel yang kita tulis. Tidak hanya itu bahkan memanfaatkan facebook ads untuk mengiklankan artikelnya sehingga dapat menjangkau lebih banyak lagi pembaca.

Selain facebook, instagram kini juga ramai dengan sponsored post. Yang mana memposting sebuah foto yang berhubungan dengan artikel di blog lalu mengiklankannya di instagram, yang kemudian mengarahkannya untuk mengunjungi link blog kita.

Ya kurang lebih seperti itulah tren blogging jaman sekarang, sosial media sedikit banyak juga sudah dimanfaatkan untuk bisnis. Kan?


💌Kelola Blog Dengan Serius
Terakhir, jika poin-poin di atas sudah dipenuhi kelolalah situs kamu dengan serius dengan rajin mengupdatenya dengan konten-konten yang menarik dan bermanfaat. Tidak lupa juga untuk mempercantik tampilan situs kamu supaya pembaca betah untuk berlama-lama di blog kamu.

Baca Juga: 7 Cara Mudah Mempercantik Tampilan Blog

Nah, itulah beberapa poin hasil pengamatan saya yang alakadarnya yang mudah-mudahan bisa kita pelajari bersama sebagai sesama pemula hihihi 😁.

Kalau ada kakak-kakak yang mau menambahi tips blogging apa yang sekiranya dapat kita praktekan di tahun 2018 ini, boleh banget loh share di kolom komentar.



23 comments

  1. Bermanfaat sekali. Terima kasih, Mbak. :)

    ReplyDelete
  2. Wah makasih mbak ilmunya, berguna sekali nih buat pemula seperti aku.

    ReplyDelete
  3. Ini tulisan panjangggg.....tapi aku sukaaa,makasih sharingnya.
    sekarang lagi hits ya ngevlog,jadi update blog plus kasih videonya

    ReplyDelete
  4. Thanks for sharing :D
    Bermanfaat banget.

    ReplyDelete
  5. Wah terimakasih buat ilmunya mbak, sangat bermanfaat :D

    ReplyDelete
  6. Informatif sekali ini postingannya. Thanks for sharing mbak.

    ReplyDelete
  7. Infonya bermanfaat nih, aku kadang masih suka menulis tidak sampai 1000 kata, hehe.

    ReplyDelete
  8. Good tips �� terutama yang terakhir itu, harus ngeblog dengan serius. Postingan diupdate paling tidak seminggu sekali, biar pembaca juga konsisten buka blog kita.

    ReplyDelete
  9. Infonya manfaat bgt mbak handdriati. kalau yg blognya begini ngaku pemula, gimana saya yak hehehe

    ReplyDelete
  10. Nice tips for newbie like me, Makasih sharingnya Mbak dan salam kenla. kebetulan saya mau bikin blog baru khusus resensi. Kayaknya harag .com di Niagahoster cocok banget sama saya. cuss ke sana ah :)

    ReplyDelete
  11. Aku mau bikin tips ala-ala begini belum jadi aja ceu, iya aku pun pemula, ilmunya masih sikit beud.

    ReplyDelete
  12. Salut deh sama blogger yang bikin konten sekaligus videonya, terniat. Kalau saya sih nggak ngoyo, karena menulis adalah hobi. Hobi yang menghasilkan, hihi.

    ReplyDelete
  13. Ini dia konten dengan video.
    Harus belajar lagi.

    Sekarang lagi belajar tentang Google Analytic dan Webmaster.
    Ternyata banyak 'pencerahan' optimasi blog dari sana ya.
    Aku termasuk pemula, jadi kudu, pelan-pelan saja.
    Kayak judul lagu... ^_^

    ReplyDelete
  14. mmm yang pake video blm pede, belum punya peralatannya ^^

    ReplyDelete
  15. Makasih ya kak buat tipsnya berguna banget buat newbie kayak aku

    ReplyDelete
  16. Wawww makasih banget tipsnya mbak, jd byk inspirasi hehehe

    ReplyDelete
  17. Mbk hand, bagus banget mbk tulisannya. informatif, bisa banget dijadikan referensi untuk pemula kayak saya. hihi
    Salam kenal mbk...

    ReplyDelete
  18. Ada dua hal yang menjadi momok bagi blogger, pertama menulis, kedua konsisten menulis. Banyak yang gugur di poin kedua.

    ReplyDelete
  19. Konsisnten dan share yang bermanfaat, seperti Hobi, Makan, jalan-jalan. itu akan lebih menarik :D

    dan yang pasti tidak mudah menyerah

    ReplyDelete
  20. Saya yang masih kurang banget nih nggak pernah masuk in konten video di tulisan, eh pernah sih cuma sekali doang

    ReplyDelete
  21. Bermanfaat banget postnya, aku jadi tau kalo niagahoster punya benefit kayak gitu hehe

    ReplyDelete
  22. hal terberat dalam menulis blog itu kalau saya adalah konsistensi dalam menulis blog. terima kasih banget, sangat informatif banget mbak.

    ReplyDelete

Terimakasih sudah berkomentar yang sopan dan membangun. Jangan bosan untuk berkunjung lagi ya. :)